Keluarga Monkey dalam cerita One Piece kemungkinan adalah keturunan dari bangsa Shandia yang mana kotanya sekarang ada di pulau langit. Keluarga Monkey terdiri dari Monkey D Luffy, Monkey D Garp, dan Monkey D Dragon yang mana ketiga karakter ini memiliki keunikan dan kepentingan masing-masing dalam ceritanya. Misalnya, Garp adalah pahlawan angkatan laut dan Dragon adalah pemimpin Pasukan Revolusi.

Monkey D Luffy, seperti yang kita ketahui, merupakan protagonis utama dalam cerita One Piece. Terdapat sebuah teori menarik mengenai keluarga Monkey ini, di mana menurut teorinya jika mereka memiliki satu garis keturunan yang hilang (missing link). Menurut teorinya juga keluarga Monkey di cerita One Piece kemungkinan adalah bagian atau keturunan dari bangsa Shandia.

Bagian Dari Klan D

Keluarga Monkey merupakan salah satu dari klan D yang ada di cerita One Piece. Sejauh ini, kurang lebih ada delapan keluarga yang diketahui menjadi bagian dari klan D dan yang baru-baru ini terungkap adalah keluarga Nefertari. Sejauh ini baru tiga orang saja dari keluarga Monkey yang sudah muncul dalam cerita. Seperti yang mungkin Geeks sadari, ketiganya memiliki huruf “D” di tengah namanya.

Klan D memang sedari dulu dianggap musuh bagi para “dewa”, yang mana mereka adalah tidak lain yaitu kaum naga langit. Masih menjadi misteri, apa sebenarnya kepanjangan dari huruf tersebut dan berapa banyak orang yang mewarisi tekad D. Yang pasti ketiga orang dari keluarga Monkey ini sudah membuktikan dirinya bahwa mereka memang layak menjadi seorang D dan mewarisi tekadnya.

Luffy dan Dragon sudah membuktikan kalau mereka merupakan ancaman besar bagi pihak World Government. Sedangkan, Garp sendiri sebenarnya sangat membenci kaum naga langit dan World Government meskipun dia menjadi bagian dari angkatan laut, karena mereka selalu bertindak semena-mena. Banyak fans yang penasaran mengenai garis keturunan dari keluarga Monkey ini.

Sebagian keluarga memang sudah dijelaskan detil oleh Oda Sensei dalam ceritanya, namun sebagian lainnya masih jadi misteri seperti halnya keluarga Monkey. Inilah yang memunculkan teori di kalangan fans tentang keluarga Monkey. Salah satu teori yang menarik adalah keluarga Monkey kemungkinan adalah keturunan bangsa Shandia. Mereka adalah keturunan dari pemimpin bangsa Shandia.

Keluarga Monkey Keturunan Bangsa Shandia

Dalam teori ini menyebutkan jika keluarga Monkey ada kemungkinan adalah keturunan bangsa Shandia. Mereka memiliki satu garis keturunan yang hilang (missing link) yang masih jadi misteri hingga sekarang. Ada beberapa hal yang bisa menjadi petunjuk mengenai hal ini, seperti bagaimana Garp mengajarkan tentang nilai manusia kepada Coby dalam chapter 1088 kemarin.

Dalam pelajaran pertama di angkatan laut tersebut Garp mengajarkan bahwa anak muda memiliki nilai yang lebih besar dari orang tua atau yang sudah berumur. Mereka dianggap memiliki masa depan yang jauh lebih baik. Garp tentunya tidak mungkin mempelajari nilai atau ideologi tersebut dengan begitu saja. Kemungkinan ayahnya yang kemudian mengajari atau memberikan pengertian dari nilai tersebut.

Untuk saat ini, siapa sebenarnya ayah dari Garp memang masih jadi misteri. Namun, bukan mustahil Oda akan memunculkan atau menunjukan karakternya nanti. Tetapi, ada sebuah teori yang sudah cukup lama berkembang dan populer di kalangan fans yang menyebutkan jika Garp memiliki kemiripan dengan pemimpin dari Shandia. Kemiripan ini bisa kita lihat dari wajah dan juga dia menjadi karakter lainnya yang mengenakan topi berbentuk anjing.

keluarga monkey one piece

Potensi besar dari koneksi tersebut yang kemudian menjadi dasar dari teori jika ada kemungkinan keluarga Monkey D memiliki garis keturunan atau merupakan keturunan dari bangsa Shandia. Yang menarik juga adalah banyak fans pun menduga jika Calgara kemungkinan adalah anggota dari keluarga ini. Lagi-lagi hal ini karena adanya kemiripan dengan salah satu keluarga Monkey yaitu Dragon.

Secara penampilan, Calgara dan Dragon nampak sangat mirip. Dan yang mungkin banyak Geeks tidak sadari atau lupa, Calgara memiliki kekuatan atau kemampuan yang sama seperti halnya Garp. Dia mampu untuk melemparkan bola meriam raksasa dengan tangan kosong ke arah musuh. Namun, teori ini pun menghadirkan hal menarik lainnya mengenai koneksi bangsa Shandia dan keluarga Monkey.

Ibu Luffy Berasal Dari Shandia

Selain Calgara, ada kemungkinan koneksi lain yang menyatakan keluarga Monkey merupakan keturunan dari bangsa Shandia. Sifat dan perilaku dari anak Calgara, Mousse, nampak sesuai dengan apa yang sering dilakukan oleh keluarga Monkey dalam ceritanya sejauh ini. Karena itu, mungkin bukan sebuah ketidaksengajaan jika Calgara, Mousse, dan ibunya, Herb, serta pemimpin dari bangsa Shandia berasal dari satu keluarga yang sama.

keluarga monkey one piece

Mereka bisa jadi merupakan garis keturunan dari keluarga Monkey yang hilang. Bukankah bangsa Shandia adalah bangsa yang memiliki sayap? Mengapa kemudian mereka bisa jadi nenek moyang Luffy? Mengingat sistem keturunan dalam cerita One Piece tidak perlu 100% sama atau berasal dari satu bangsa yang sama, artinya bukan hal mustahil jika kemudian nenek moyang Luffy adalah bangsa Shandia sedangkan keluarga Monkey di generasi sekarang adalah manusia biasa.

Mousse kemungkinan adalah gambaran yang paling dekat dari nenek moyang Luffy, Garp, dan Dragon. Yang juga perlu menjadi catatan adalah selain dari Garp dan Dragon, keturunan bangsa Shandia juga kemungkinan berasal dari ibu dari Luffy yang sampai saat ini masih jadi misteri besar. Bisa jadi, Mousse juga adalah gambaran yang juga paling dekat dari sosok wajah ibu Luffy. Mungkin, di chapter yang akan datang Oda akan sedikit membahas mengenai hal ini.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.