Hingga saat ini, Disney masih dianggap sebagai studio yang gemar membuat film atau series yang ramah untuk keluarga. Hampir semua film yang mereka buat bisa ditonton oleh semua usia, baik anak-anak hingga dewasa. Meski begitu, ada beberapa film Disney yang dianggap kontroversial, sehingga beberapa negara melarang penayangan film-film yang dibuat oleh Disney ini. Ada banyak alasan mengapa film-film ini dilarang tayang, mulai dari menampilkan adegan yang dirasa kurang pantas, dan ragam alasan lainnya. Lantas apa saja film Disney yang dilarang tayang? Simak berikut ini Geeks!

Beauty and the Beast

Live action Beauty and the Beast dirilis tahun 2017. Film ini mengisahkan Belle, seorang wanita cantik yang ditawan oleh Beast dalam istananya. Saat berada di istana, Belle belajar melihat kebaikan dalam Beast. Perlahan, hubungan mereka berubah menjadi cinta yang menggetarkan. Film ini menonjolkan drama romantis, musik yang indah, dan efek visual yang memukau. Meski ceritanya cocok untuk semua kalangan, tetapi film ini dilarang tayang dibeberapa negara, contohnya adalah Kuwait dan negara di timur tengah lainnya. Pasalnya film ini menampilkan karakter penyuka sesama jenis yaitu LeFou. Dan meskipun tidak ada adegan yang secara eksplisit menampilkan adegan sesama jenis, tetapi filmnya tetap dicekal.

Pirates of the Caribbean

Pirates of the Caribbean: Dead Man’s Chest adalah sekuel dari Pirates of the Caribbean: The Curse of the Black Pearl yang disutradarai oleh Gore Verbinski. Film ini mengisahkan petualangan Kapten Jack Sparrow saat mencari Dead Man’s Chest, harta legendaris milik Davy Jones. Dalam perjalanan ini, dia berhadapan dengan musuh lama dan teman-teman baru, termasuk Will Turner dan Elizabeth Swann. Film ini memang sukses besar, tetapi tidak rilis di China. Pirates of the Caribbean: Dead Man’s Chest tidak dirilis di China karena dianggap mengandung konten supernatural dan kekerasan, sesuatu yang sangat dilarang di China mengingat ketatnya aturan.

Onward

Pada tahun 2020, Disney merilis film Onward yang disutradarai oleh Dan Scanlon. Filmnya mengisahkan petualangan dua bersaudara yaitu Ian dan Barley Lightfoot, yang berusaha  menghidupkan kembali ayah mereka selama sehari dengan sihir kuno. Dalam filmnya, mereka kemudian melakukan perjalanan yang penuh liku dan menemui beberapa makhluk ajaib. Menariknya, film animasi ini dilarang tayang di beberapa negara akibat adanya kalimat kontroversial yang berhubungan dengan penyuka sesama jenis. Karena itulah Onward dilarang tayang di Kuwait, Oman, Qatar, dan Arab Saudi. Sementara itu di beberapa negara lain, film ini diizinkan tayang, meski ada beberapa kalimat atau dialog yang diubah.

Mary Poppins

Mary Poppins menjadi film Disney yang melegenda. Bagaimana tidak? Filmnya rilis di tahun 1964 lalu yang diadaptasi dari buku besutan P.L Travers. Mary Poppins menceritakan tentang seorang pengasuh bernama Mary Poppins yang datang ke London untuk merawat anak-anak. Dan dengan sihir yang unik, Mary Poppins membawa anak-anak dalam petualangan yang luar biasa penuh keajaiban. Meski terlihat seperti film anak-anak, tetapi film ini dilarang tayang di China ketika rilis. Pemerintah China membuat larangan terhadap film yang memadukan konten live action dan animasi. Langkah itu diambil untuk membantu pengembangan industri animasi di China tanpa pengaruh karya asing.

West Side Story

West Side Story memang tidak diputar di beberapa negara seperti Qatar, Bahrain, Oman, dan Kuwait. Pasalnya film ini menampilkan karakter transgender bernama Anybodys yang diperankan oleh Iris Menas. Disney awalnya menolak permintaan untuk memotong adegan yang memuat pesan-pesan transgender, seperti yang diminta oleh pemerintah Uni Emirat Arab, tetapi pada akhirnya Disney memotong dan mengedit adegan tersebut untuk bisa tayang di Uni Emirat Arab. Uni Emirat Arab memang dikenal dengan aturan sensornya yang paling ketat.

Lightyear

Ketika akan rilis di tahun 2022, Disney menaruh harapan yang tinggi terhadap film Lightyear, mengingat filmnya membawa nama besar dari Toy Story. Tetapi ketika rilis, filmnya kurang bersinar di Hollywood. Apalagi setelah filmnya dilarang di banyak negara seperti Arab, Bahrain, Mesir, Irak, Yordania, Kuwait, Oman, dan masih negara lainnya di Timur Tengah. Bahkan filmnya juga dilarang tayang di Malaysia dan Kazakhstan. Pasalnya Lightyear menampilkan adegan ciuman sesama jenis yang dianggap kontroversial. Adegan tersebut dilakukan oleh karakter Alisha.

Christopher Robin

Christopher Robin adalah film live action yang menampilkan karakter Christopher Robin yang diperankan Ewan McGregor. Robin dalam filmnya diceritakan telah dewasa dan sibuk dengan pekerjaannya. Karena itulah dia mulai melupakan The Hundred Acre Wood bersama dengan Winnie the Pooh dan teman-temannya. Film ini memang tidak menampilkan adegan yang kontroversial. Namun pemerintah China melarang perilisan film ini di sana. Apa yang menjadi penyebabnya? Yap, film ini dilarang tayang karena pernah ada sebuah meme yang membandingkan Presiden China, Xi Jinping dengan Winnie the Pooh. Karena itulah pemerintah di sana melarang filmnya.

Itulah dia Geeks beberapa film Disney yang sempat dilarang tayang karena berbagai alasan. Di antara beberapa film tersebut, mana yang pernah kalian tonton Geeks?

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/