Dalam industri hiburan yang sangat luas dan beragam, film horor selalu menjadi genre menarik bagi para penggemar di seluruh dunia yang menyukai ketegangan dan adrenalin tinggi. Sudah menjadi rahasia umum juga bahwa salah satu elemen yang sering kali dijadikan daya tarik utama dalam sebuah film bergenre horor adalah adegan kematian yang menegangkan sekaligus mendebarkan. Terlepas dari apa pun sub genrenya, entah itu aksi, fantasi, atau pasca apokaliptik zombie, berikut ini sepuluh film horor Hollywood dengan kematian terbanyak yang mungkin jumlahkan akan mengejutkan kalian!

The Belko Experiment (2016)

The Belko Experiment adalah film bergenre horor thriller yang disutradarai oleh Greg McLean berdasarkan naskah karya James Gunn. Di filmnya para pegawai yang diceritakan tengah bekerja di Belko Corp., Colombia, dipaksa untuk mengikuti permainan mematikan yang mewajibkan kematian dari dua pegawai setiap 30 menitnya. Alasan mengapa The Belko Experiment masuk dalam daftar film horor dengan kematian terbanyak adalah karena saat filmnya berakhir terhitung ada sekitar 84 jiwa malang yang harus tewas dalam experimen misterius nan mengerikan tersebut.

Slither (2006)

film horor kematian terbanyak

Lagi-lagi datang dari James Gunn yang kali ini menulis sekaligus menggarap filmnya, Slither menjadi salah satu film bergenre horor sci-fi dengan jumlah kematian terbanyak. Di mana plotnya dimulai dengan kehidupan tenang di sebuah kota kecil yang kemudian tiba-tiba berubah drastis setelah alien menjijikan mulai memangsa para penduduknya. Mulai dari wanita yang tewas di dalam bathtub, sampai wanita lainnya yang diperlihatkan menggelembung seperti balon, total kematian di film Slither setidaknya telah menelan lebih dari 100 jiwa sampai filmnya berakhir.

The Invisible Man (1933)

film horor kematian terbanyak

Dari tahun 2000-an sekarang kita mundur jauh ke film horor hitam putih berjudul The Invisible Man yang ternyata punya jumlah kematian terbanyak dalam sejarah Hollywood. Diadaptasi dari novel berjudul sama karya H. G. Wells, film ini bercerita tentang Dr. Jack Griffin yang berhasil menemukan sebuah ramuan untuk mengubah tubuhnya tak terlihat. Dalam prosesnya ternyate efek samping dari ramuan tersebut membuat Jack menggila dan mulai membunuh orang-orang di sekitarnya. Kematian yang disebabkannya mencapai 105 jiwa, jumlah yang sangat besar untuk film horor tahun 1930-an.

The Purge: Election Year (2016)

The Purge: Eletion Year adalah film ketiga dari waralaba Purge yang premisnya berfokus pada situasi politik mencekam pada masa depan. Bergenre horor dan aksi, film yang dibintangi oleh Frank Grillo ini menyajikan cerita di mana keluarga kandidat presiden harus bertahan hidup ketika tradisi tanpa hukum diselenggarakan pada suatu malam. Sebagai salah satu film horor dengan kematian terbanyak, setidaknya ada 110 jiwa yang mati dalam tradisi mengerikan tersebut. Mirisnya sebagian besar korbannya adalah warga sipil yang mungkin tidak menginginkan semuanya terjadi.

From Dusk Till Dawn (1996)

film horor kematian terbanyak

Datang dari sineas yang terkenal brutal, yaitu Robert Rodriguez dan Quentin Tarantino, tidak aneh jika From Dusk Till Down termasuk dalam daftar film horor dengan kematian terbanyak. Plotnya berfokus pada perampok sadis bersaudara, sejumlah anak motor, dan para supir truk yang terjebak di markas vampir haus darah. Dalam prosesnya para vampir memangsa mereka dan mengubah sebagian korbannya menjadi vampir baru yang lebih mengerikan untuk mencari korban lebih banyak. Film ini sukses membuat 120 jiwa melayang dalam adegan horor penuh darah yang sarat dengan keberutalan.

The First Purge (2018)

film horor kematian terbanyak

Sebagai film keempat dari waralaba Purge, film The First Purge bertindak sebagai prekuel yang menceritakan awal mula tradisi malam tanpa hukum sebagai bagian dari kegiatan politik. Sama seperti pendahulunya, film ini banyak menampilkan kematian dari warga sipil yang mau tidak mau harus terlibat dalam tradisi yang dipenuhi dengan pembunuhan, ruda paksa, pencurian, dan aksi pembakaran legal. Setidaknya ada sekitar 130 jiwa dalam filmnya yang diceritakan tewas, di mana beberapa di antaranya bahkan ditentukan oleh pemerintah yang berkuasa.

Dawn of the Dead (2004)

film horor kematian terbanyak

Dawn of the Dead versi tahun 2004 adalah film remake bergenre horor pasca apokaliptik yang disutradarai oleh Zack Snyder. Sama seperti versi aslinya yang digarap George A. Romero pada tahun 1970-an, film ini berfokus pada para penyintas yang berusaha bertahan hidup dari ancaman zombie pemakan daging manusia. Selain gerombolan zombie yang sudah eksis sebelum filmnya dimulai, remake Dawn of the Dead ini menyuguhkan kematian dari 140 jiwa yang sebagian besarnya menjadi mayat hidup baru. Hal tersebut membuatnya layak disebut sebagai film horor dengan kematian terbanyak.

Brightburn (2019)

film horor kematian terbanyak

Punya genre yang cukup unik, yaitu horor superhero, Brightburn yang diproduseri James Gunn ini bercerita tentang anak super yang menjadi pembunuh sadis demi menguasai dunia. Kisah origin sang anak sebenarnya kurang lebih mirip seperti Superman dari DC, di mana dia tiba di Bumi saat masih bayi dan ditemukan oleh pasangan yang sudah lama menginginkan anak. Dengan kekuatan fisik super dan kemampuan terbangnya, anak yang menamai dirinya Brightburn ini tega membunuh hingga 274 jiwa termasuk kedua orang tua angkatnya. Itulah mengapa film horor ini punya jumlah kematian terbanyak.

Hellraiser III: Hell On Earth (1992)

film horor kematian terbanyak

Di awal Hellraiser III: Hell on Earth, tepatnya ketika cerita dimulai dengan perang Vietnam, filmnya sudah memperlihatkan setidaknya 50 kematian yang cukup brutal dalam pertempuiran. Semuanya bertambah parah ketika makhluk jahat khas waralabanya yang bernama Pinhead berhasil keluar dari neraka dan mulai mengambil jiwa-jiwa manusia secara brutal. Meskipun filmnya tidak sesukses pendahulunya, tetapi total kematian yang diceritakan di Hellraiser III mencapai setidaknya 350 jiwa. Menjadikannya salah satu film horor slasher dengan kematian terbanyak dalam sejarah Hollywood.

The Cabin in the Woods (2011)

Terakhir, film horor yang punya jumlah kematian terbanyak adalah The Cabin in the Woods yang dibintangi oleh Chris Hemsworth dan disutradarai Drew Goddard. Secara keseluruhan filmnya sendiri bercerita tentang sekumpulan remaja yang terlibat dalam eksperimen supernatural yang diselenggarakan oleh organisasi kuno. Di akhir filmnya ketika jumlah korban yang diminta oleh sesosok entitas tidak terpenuhi, sebuah tangan raksasa tiba-tiba muncul dari dalam tanah dan diasumsikan membunuh seluruh umat manusia dalam prosesnya.

Itulah sepuluh film horor dengan jumlah kematian terbanyak dalam sejarah perfilman Hollywood. Pada akhirnya terlepas dari jumlah kematiannya yang beragam, semua film ini setidaknya mempunyai satu kesamaan, yaitu sama-sama mengandung banyak adegan dan konten yang sarat dengan kekerasan. Sehingga tidak mustahil jika jumlah korban dalam filmnya mengalir deras seakan-akan nyawa manusia tidak ada artinya. Namun mungkin karena alasan itu juga lah kesepuluh film ini disukai oleh para penggemarnya.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.