Ketika berbicara tentang ramalan, ada beberapa orang yang mempercayainya, sementara sisanya menganggap ramalan tidaklah nyata. Nah menariknya, selain di kehidupan nyata, film-film juga pernah meramalkan apa yang akan terjadi di masa depan. Film-film dari beberapa tahun yang lalu ada yang telah meramalkan beberapa hal yang cukup menakutkan, meski awalnya tampak tidak masuk akal. Lantas apa saja ramalan-ramalan di dalam film yang akhirnya menjadi kenyataan? Simak berikut ini Geeks!

Super Mario Bro

Geeks mungkin masih ingat dengan film adaptasi Mario Bros yang dirilis tahun 1993. Yap film tersebut sangatlah buruk, dan dianggap sebagai salah satu film terburuk sepanjang masa. Bagaimana tidak? Filmnya dianggap tidak memiliki kemiripan dengan versi gamenya. Ditambah lagi dengan akting buruk dari para pemain. Meski begitu, ada yang menarik dalam film ini yaitu ramalan tentang runtuhnya gedung WTC alias World Trade Center. Sebenarnya sudah banyak film yang meramalkan kejadian 9/11 ini, tetapi ramalan yang mungkin paling akurat terjadi dalam film ini. Dalam menit ke 2:08 di filmnya, kalian akan melihat jelas WTC dihancurkan dengan cara yang sangat mirip seperti aslinya.

Americathon

Americathon adalah film komedi satir Amerika Serikat yang disutradarai oleh Neal Israel. Film ini mengambil setting di Amerika Serikat dan menceritakan peristiwa-peristiwa yang dijelaskan dalam bentuk dokumenter. Cerita berpusat pada krisis energi global yang mengakibatkan kebangkrutan negara dan hutang besar pada pemerintah. Semua ramalan dalam film ini terbukti valid, di mana filmnya berhasil memprediksi politik, sosial, dan ekonomi, seperti penurunan produksi minyak AS dan kebangkitan China sebagai kekuatan ekonomi global setelah jatuhnya Uni Soviet.

Face/Off

Film ini memang memiliki premis yang sedikit konyol, yaitu seorang polisi dan orang jahat yang bertukar identitas dengan cara melakukan pembedahan yang mengubah wajah mereka. Film yang dibintangi oleh John Travolta dan Nicolas Cage ini ternyata meramalkan apa yang terjadi di tahun 2010 lalu, di mana sebuah tim yang terdiri dari 30 dokter Spanyol melakukan transplantasi wajah secara utuh, dan operasi itu berhasil dilakukan kepada seorang pasien yang terluka akibat kecelakaan. Selain itu, sekelompok ahli bedah Prancis juga melanjutkan pencapaian itu dengan melakukan transplantasi yang mencakup kelopak mata dan saluran air mata, sehingga ramalan dari film Face/Off terbukti.

2001: A Space Odyssey

2001: A Space Odyssey disutradarai oleh Stanley Kubrick yang menyajikan kisah ekplorasi manusia dalam ruang angkasa. Dengan efek visual yang revolusioner kala itu, serta arahan yang cermat dari Kubrick, 2001: A Space Odyssey dianggap sebagai salah satu karya terbaik dalam sejarah film fiksi. Menariknya lagi, film ini berhasil meramalkan tentang sesuatu, bukan hanya satu atau dua hal tentang masa depan saja, tetapi banyak hal. Berbagai hal yang sudah diramalkan film ini adalah komputasi tablet, stasiun luar angkasa internasional, wisata luar angkasa, dan Siri. Dan menariknya, semua ramalan sudah bisa kita lihat sekarang.

Minority Report

Pada tahun 2014 ketika FBI mengumumkan bahwa mereka telah menyelesaikan teknologi pengenalan wajah terbaru, sehingga mereka bisa bergerak selangkah lebih maju. Tetapi tahukah kalian bahwa hal itu diprediksi dalam film Steven Spielberg berjudul Minority Report yang berlatar tahun 2054. Tetapi itu bukan satu-satunya hal yang diprediksi dari film tersebut karena personalized advertising juga menjadi kenyataan saat ini, karena sebagian besar iklan yang kita lihat adalah iklan yang ditargetkan. Dan sebenarnya, masih banyak ramalan-ramalan dari film ini yang terbukti muncul sekarang.

The Net

Sepertinya inilah film yang membuat nama Sandra Bullock semakin bersinar di tahun 90-an. Film ini menceritakan tentang seorang ahli komputer bernama Angela Bennett yang tanpa sengaja menemukan program komputer yang berbahaya untuk tujuan kejahatan siber. Nah film ini sebenarnya meramalkan apa yang terjadi saat ini. Filmnya memperingatkan kita semua dengan pencurian data informasi pribadi yang marak belakangan ini. Jika dahulu banyak yang menganggap bahwa film The Net berlebihan, tetapi sekarang itu semua terbukti. Film ini pun memperlihatkan tentang sidik jari digital seseorang yang bisa dicuri dan dihapus. Selain itu, The Net juga meramalkan pemesanan pizza secara online, yang sekarang menjadi kenyataan.

Eternal Sunshine of the Spotless Mind

Film ini menceritakan tentang pasangan bernama Joel Barish dan Clementine Kruczynski. Ketika hubungan mereka memburuk, pasangan ini menjalani sebuah prosedur untuk menghapus ingatan mereka satu sama lain. Cerita dari film ini memang patut diacungi jempol, dan lagi akting Jim Carrey dan Kate Winslet mampu melebur dengan baik. Hampir sebelas tahun setelah filmnya rilis, sebuah tim peneliti bekerja sama dengan America Psychological Association dengan bangga mengumumkan bahwa mereka telah membuat sebuah mesin yang bisa menghapus memori bagi orang yang menderita stres pascatrauma, dan kenangan buruk.

The Cable Guy

Ini adalah film yang disutradarai oleh Ben Stiller dan dibintangi Jim Carrey dan Matthew Broderick. Ceritanya berpusat pada seorang pria bernama Steven Kovacs yang memesan layanan berlangganan kepada seorang teknisi bernama Chip Douglas. Awalnya, semuanya berjalan biasa, tetapi Chip menjadi sosok yang menakutkan. Film ini menampilkan sebuah adegan yang meramalkan masa depan. Ketika Chip berteriak di tengah hujan, dia berteriak agar setiap orang Amerika akan memiliki TV Kabel, komputer, dan telepon sekaligus. Dia bahkan mengatakan orang-orang akan bermain Mortal Kombat dengan seorang teman di Vietnam, yang berarti berhasi meramalkan game online dan Google TV secara bersamaan. Kebetulankah?

Mad Max 2: The Road Warrior

Rilis di tahun 1979, Mad Max 2:The Road Warrior menjadi bagian dari trilogi Mad Max. Mel Gibson pun kembali memerankan karakter utama sebagai Max Rockatansky. Dalam film ini, perang telah menghancurkan sumber daya di seluruh dunia. Bensin menjadi sangat terbatas, sehingga segerombolan geng kejam mengincar orang lain yang memiliki sumber daya yang berharga. Ramalan itupun akhirnya terbukti saat ini, di mana para penduduk yang tinggal di Afrika dan Timur Tengah selama bertahun-tahun terakhir harus hidup dengan sumber daya yang minim, dan mereka harus berebut demi bertahan hidup. Mad Max 2 meramalkan masa depan yang benar-benar terjadi.

The Man

The Man adalah film drama Amerika Serikat yang rilis tahun 1972. Film ini disutradarai oleh Joseph Sargent dan dibintangi oleh James Earl Jones dan Martin Balsam. Dalam film ini, diceritakan bahwa presiden Amerika Serikat terbunuh akibat runtuhnya sebuah bangunan. Sementara itu wakil presiden menolak menggantikan presiden karena usia dan kesehatannya yang memburuk. Dan untuk mengisi kekosongan tersebut, seorang Senat bernama Douglas Dilman tiba-tiba menjadi orang kulit hitam pertama yang dipilih sebagai presiden. Filmnya seolah meramalkan masa depan, dan terbukti Barack Obama pernah menjadi presiden kulit hitam memlalui pemilihan demokratis. Yap film ini bisa meramalkan presiden kulit hitam pertama.

Itulah dia Geeks beberapa ramalan dalam film yang ternyata menjadi kenyataan. Entah itu hanya kebetulan atau tidak, yang jelas semua itu benar-benar terjadi.

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/