Barbie, karakter boneka ikonik dari perusahaan mainan Mattel, telah mengambil peran utama dalam berbagai film sejak tahun 2001. Dari menjadi karakter klasik dalam dongeng hingga menjalani kehidupan modern yang penuh petualangan, Barbie telah menarik hati penonton dari berbagai usia. Dengan dirilisnya film live-action Barbie garapan Greta Gerwig, banyak penggemar yang semakin antusias untuk melihat petualangan baru dari boneka yang terkenal ini.

Namun dari keseluruhan kisah Barbie di layar lebar, berikut kami rangkum 10 film Barbie terbaik yang wajib ditonton, check this out!

Barbie and the Three Musketeers

Film Barbie TerbaikBarbie and the Three Musketeers membalikkan peran para musketeer dari laki-laki menjadi perempuan. Ini melanjutkan tradisi film Barbie dan Barbie lainnya yang menempatkan perempuan dalam peran laki-laki untuk menunjukkan kepada gadis-gadis muda bahwa mereka bisa menjadi apa pun yang mereka inginkan.

Disini Barbie berperan sebagai Corinne, yang dianggap sebagai anomali oleh orang lain karena dia tidak puas dengan kehidupan sebagai gadis petani di pedesaan Prancis. Meskipun latar belakangnya berbeda, Barbie and the Three Musketeers memperlihatkan karakteristik yang sama pada Barbie seperti dalam film live-action 2023. Barbie tidak puas dengan ketidaktahuan tentang asal-usulnya dan dia ingin berpetualang dan mencari kebenaran.

Barbie Fairytopia: Mermaidia

Film Barbie TerbaikBarbie Fairytopia: Mermaidia menampilkan Barbie yang kembali memerankan Elina, saat ia melakukan perjalanan di bawah laut untuk menyelamatkan seorang pangeran duyung. Ini adalah petualangan pertama Barbie yang mengubahnya dari makhluk ajaib (peri) menjadi makhluk ajaib lainnya (duyung).

Para karakter duyung dalam Barbie Fairytopia: Mermaidia memiliki ekor dan rambut berwarna yang berbeda untuk membedakan satu sama lain. Salah satu sorotan film ini adalah kehadiran Bibble, sahabat setia Barbie, yang ikut serta dalam perjalanan ini. Di versi live action, Barbie Mermaid ini diperankan oleh aktris sekaligus penyanyi Dua Lipa.

Barbie: Spy Squad

Film Barbie TerbaikBarbie: Spy Squad mengambil inspirasi dari Kim Possible, dengan menceritakan kisah tiga mantan perenang yang menggunakan keterampilan mereka untuk bekerja sebagai mata-mata. Animasi dalam film ini mengalami peningkatan yang signifikan dari film-film Barbie lainnya yang menggunakan grafik yang sama sejak film pertama pada tahun 2001.

Disini Barbie dan teman-temannya ditugaskan untuk menyelinap dan mencoba menangkap pencuri permata. Meskipun bukan suguhan bergenre spy-thriller, namun Barbie dan kawan-kawannya menjalani petualangan intens untuk menangkap pencuri perhiasan yang jahat.

The Barbie Diaries

Film Barbie TerbaikThe Barbie Diaries bukanlah film Barbie dengan dongeng fantasy seperti biasanya. The Barbie Diaries bisa dibilang menampilkan cerita realistis dimana Barbie berperan sebagai siswi SMA yang sedang mencari jati diri. Plotnya mirip dengan live-action Barbie, yang mana Margot Robbie (Barbie) dan Ryan Gosling (Ken) akan mengungkap apa yang membuat Barbie lebih manusiawi dan siapa dirinya sebenarnya. Meskipun film ini adalah kisah klasik SMA yang klise, namun film ini tetap memiliki nilai positif.

Barbie in the 12 Dancing Princesses

Film Barbie TerbaikDi Barbie in the 12 Dancing Princesses, Barbie memerankan tokoh utama bernama Genevieve. Ini adalah salah satu dari sedikit film yang menampilkan Barbie dengan para saudaranya. Meskipun dansa adalah keahlian dari semua karakter Barbie dan saudaranya, namun kegiatan mereka dianggap tidak pantas oleh kaum bangsawan.

Meski begitu, Barbie dan saudaranya tetap menari dan menantang norma-norma sosial, menunjukkan tema dalam Barbie yang menghadirkan kisah wanita yang kuat untuk turut terlibat dalam dunia yang didominasi oleh norma yang merendahkan kaum wanita.

Barbie in The Nutcracker

Barbie in The Nutcracker adalah film Barbie animasi pertama yang dirilis. Plot film ini mengikuti kisah yang sama seperti dongeng The Nutcracker, namun menempatkan Barbie sebagai Clara dan seorang wanita pemberani dan penuh hasrat petualang.

Sebagai film Barbie pertama, The Nutcracker mengubah pandangan orang tentang Barbie hanya sebagai boneka. Film ini juga menjadi film animasi berbasis komputer dari awal tahun 2000-an, Barbie in The Nutcracker memiliki gaya animasi khas yang menandai era tersebut dan akan membangkitkan nostalgia bagi penonton yang tumbuh dewasa pada saat itu.

Barbie Fairytopia

Barbie Fairytopia memulai serangkaian film yang dibintangi Barbie sebagai Elina. Elina adalah seorang peri yang ingin memiliki sayap, namun saat mendapatkan sayap tersebut, ia dirasa belum pantas. Untuk mendapatkan sayap, Elina harus melawan Laverna, yang mengendalikan kekuatan dari semua makhluk bersayap.

Dunia dalam Barbie Fairytopia dan Barbie dipenuhi dengan lukisan berwarna pink, glitter, dan keajaiban. Bagi mereka yang menyukai skema warna klasik Barbie dan Barbie yang berhadapan dengan penjahat, Barbie Fairytopia adalah film yang sempurna untuk ditonton sebelum live-action Barbie.

Barbie Video Game Hero

Barbie telah tampil dalam banyak permainan video, tetapi Barbie Video Game Hero adalah film pertama yang menempatkan Barbie untuk berpetualang di dalamnya. Barbie digambarkan lebih muda saat memasuki video game dibandingkan dari film lainnya.

Dalam film ini, para penggemar video game akan melihat referensi ke permainan klasik seperti Super Mario Bros. dan Mario Kart. Menggambarkan Barbie sebagai karakter dalam video game adalah sesuatu yang tak terduga. Namun, cukup wajar mengingat Universal Studios dan Mattel berusaha meraih minat penonton di generasi baru.

Barbie as the Princess and the Pauper

Film Barbie ini mungkin tidak menyertakan lagu “Barbie Girl,” namun soundtrack di Barbie as the Princess and the Pauper telah menjadi hits tersendiri. Film ini menampilkan lagu-lagu yang pastinya dikenal oleh para penggemar Barbie, termasuk “I’m A Girl Like You,” yang merupakan lagu paling populer dari film ini.

Barbie in the Island Princess

Dalam Barbie in the Island Princess, Barbie memerankan tokoh bernama Rosella atau yang biasa dipanggil Rp. Ia lalu terdampar di sebuah pulau misterius di mana segalanya tampaknya tidak biasa. Namun, segera, Ro mulai mempertanyakan kebenaran tentang identitasnya dan perannya di pulau tersebut.

Hal ini membuat Barbie harus bertualang untuk mengulik identitas masa lalunya. Bagi para penggemar, Barbie in the Island Princess secara visual cukup memukau dengan gaun dan kostum yang menarik.

Itu dia 10 film terbaik Barbie yang telah kami rangkum. Seperti sebuah keharusan, Barbie selalu berperan sebagai karakter inspiratif dan mampu melawan berbagai marabahaya yang menghadangnya.  Mulai dari para peri yang cantik hingga agen rahasia, film-film Barbie akan selalu menginspirasi dan menyenangkan semua penontonnya.

Oky Handiman
Oky merupakan salah satu founder dari Greenscene, ia juga turut berperan sebagai Operational Director. Passionnya terhadap topik seputar pop culture membuat ia terkadang ikut coverage untuk beberapa pembahasan yang tengah hangat.