Sutradara Uncharted 2: Among Thieves, Bruce Straley, menuding Mission Impossible 7 telah meniru beberapa adegan ikonik dari game miliknya, seperti meniru adegan saat Nathan Drake bergelantungan di atas kereta (Uncharted: Among Thieves). Straley kemudian turun di Twitter, memposting beberapa gambar yang membandingkan Ethan Hunt yang diperankan oleh Tom Cruise bergelantungan di atas gerbong dengan gambar Nathan Drake yang melakukan hal serupa dalam Uncharted. Sutradara Uncharted tersebut juga memberikan caption yang menyindir, “bentuk sanjungan yang tulus”.

Mantan karyawan Naughty Dog ini telah menunjukkan betapa miripnya adegan dalam film Mission Impossible 7 dan adegan dalam game Uncharted. Dan menariknya, ini bukan kali pertama kedua franchise ini dikaitkan satu sama lain. Sutradara Mission Impossible 5, 6, dan 7, Christopher McQuarrie, sebelumnya mengatakan (melalui Eurogamer) bahwa game Uncharted merupakan inspirasi bagi film-film Mission Impossible.

Ketika mempromosikan Mission: Impossible – Rogue Nation pada tahun 2015, Christopher McQuarrie juga menyebut Uncharted 3 sebagai “kiblat” ketika filmnya menampilkan adegan pesawat di mana Tom Cruise bergelantungan di luar pesawat, yang menjadi adegan pembuka dalam film tersebut. Co-sutradara Uncharted 3, Justin Richmond, memberikan tanggapan positif terhadap pujian tersebut dengan mengirim tweet sederhana “kamu membuatku bahagia”, sebagai respons atas pujian McQuarrie.

Dahulu, orang-orang dibalik franchise Mission Impossible dan Uncharted memang saling lontar pujian, karena masing-masing dari franchise tersebut menjadi inspirasi untuk yang lainnya. Tetapi sekarang sepertinya hal itu sudah berubah, dan semakin memanas. Meskipun tidak diketahui apakah Tom Cruise dan Christopher McQuarrie benar-benar mengambil adegan kereta di Dead Reckoning Part 1 dari Uncharted 2, sulit untuk menyangkal kemiripan antara keduanya.

Adegan kereta yang ikonik dalam Uncharted 2 alias Uncharted: Among Thieves menjadi terkenal setelah perilisan gamenya pada tahun 2009. Jadi, sangat wajar jika tim Mission Impossible 7 mengadaptasi adegan tersebut untuk dimasukkan dalam filmnya. Kita tunggu aja ya Geeks apakah Mission Impossible 7 atau yang berjudul resmi Mission: Impossible – Dead Reckoning Part 1 akan sangat sukses atau tidak. Filmnya sendiri sudah bisa kalian tonton di beberapa bioskop Indonesia.

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/