Dalam sebuah film superhero, kostum memiliki peranan yang penting. Tentu saja kostum juga digunakan untuk menunjukkan identitas atau ciri khas dari setiap karakter yang mengenakannya. Contohnya ketika membicarakan Superman, maka yang terbayang diingatan kita adalah kostum perpaduan biru, merah, dan kuning, lengkap dengan logo huruf S yang menghiasi dadanya. Karena itulah kostum menjadi peranan penting dalam film superhero. Tetapi berikut ini, ada beberapa kostum superhero yang justru sangat kontroversial karena berbagai macam alasan. Apa saja kostum superhero yang tuai kontroversi? Simak berikut ini!

Quicksilver

Saat ini, ada dua Quicksilver yang telah muncul dalam versi live actionnya. Dan kedua superhero tersebut memang sama-sama memicu kontroversi. Meskipun penggemar lebih mengagumi Quicksilver yang diperankan oleh Evan Peters di X-Men, tetapi para penggemar tidak menyukai kostumnya. Yap ketika Quicksilver tersebut muncul, dia langsung menjadi viral karena menggunakan jaket, kacamata, dan wig, sesuatu yang tidak pernah digunakan karakternya di komik. Hal tersebut berbanding terbalik dengan Quicksilver di MCU. Mungkin dia mati karena tertembak, tetapi setidaknya kostumnya paling mirip dengan yang ditampilkan dalam komik.

Fantastic Four

Berbicara tentang film Fant4stic yang rilis di tahun 2015, rasanya semua penonton akan sepakat untuk mengatakan bahwa film ini sangat buruk. Ada banyak aspek yang membuat film ini sangat buruk, mulai dari cerita, visual, hingga akting. Tetapi sebenarnya adalagi faktor yang melengkapi keburukan film ini yaitu kostum yang digunakan para anggota inti Fantastic Four. Yap terlihat dalam film tersebut bahwa Mister Fantastic dan kawan-kawan mengenakan kostum berwarna biru tua yang jika dipandang dari segala penjuru manapun tidak mirip seperti kostum biru yang mereka gunakan dalam komik.

Deadpool

Sebelum Ryan Reynolds tampil dalam MCU, dia lebih dulu tampil dalam film X-Men Origins: Wolverine. Meski hanya tampil sebagai karakter pendukung, tetapi kostum Deadpool alias Wade Wilson dalam film tersebut membuat penonton geleng-geleng kepala. Alih-alih menggunakan kostum merah hitam Deadpool yang ikonik, Wade Wilson hanya mengenakan celana panjang berwarna merah marun. Dan dia tidak mengenakan sehelai benangpun untuk menutupi dadanya. Tetapi itu bukan menjadi bagian terburuk, karena bagian terburuknya adalah mulut Wade Wilson yang dijait sedemikian rupa, sehingga dia tidak bisa berbicara.

Green Lantern

Biasanya dalam menampilkan kostum superhero di film, sang pembuat film akan memadukan antara kostum praktis, yang kemudian dibalut dengan CGI untuk mempercantiknya. Tetapi sutradara Martin Campbell membuat pilihan yang berani karena dia tidak menggunakan kostum praktis, dan hanya mengandalkan kreasi digital dari CGI untuk menampilkan kostum Green Lantern. Karena itulah kostum Green Lantern berakhir dengan sangat buruk, dan terlihat seperti tidak nyata, di hampir seluruh bagian film. Setelah menyaksikan film tersebut, banyak penggemar yang menyayangkankan tampilan Green Lantern yang konyol, bahkan penampilan tersebut sering dijadikan meme.

Batman

Geeks masih ingat dengan film Batman di tahun 90-an yang dibintangi oleh George Clooney. Yap, kalian pasti tahu bahwa ada satu hal kontroversial yang ditampilkan dalam film garapan Joel Schumacher tersebut. Dalam kostum Batman Clooney, terdapat sebuah puting yang membuat Batman terasa aneh. Meski hal sederhanat, tetapi banyak penggemar yang membencinya. Pencipta Batman, Bob Kane, juga ikut keberatan dengan kostum tersebut. Schumacher sendiri pernah mengatakan bahwa kostum Batman dengan puting itu bukanlah idenya, melainkan ide Jose Fernandez yang bertanggung jawab atas pembuatan kostum itu.

Itulah dia Geeks beberapa kostum superhero live action yang menuai kontroversi. Mayoritas dari kostum-kostum tersebut memang cukup berbeda dari versi komiknya, sehingga banyak orang yang tidak setuju dengan desainnya.

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/