Christopher Nolan, seorang sutradara dan penulis skenario berbakat, akan merilis karya film terbarunya berjudul Oppenheimer. Namun selama ini ia telah menghasilkan beberapa film epik yang diakui oleh kritikus dan penonton. Dengan kualitas sinematik yang tinggi dan alur cerita yang kompleks, film-filmnya telah mencuri perhatian penonton di seluruh dunia. Namun dari beberapa film yang telah ia buat, berikut kita rangkum 10 film Christopher Nolan terbaik yang membuktikan bahwa dirinya adalah filmmaker jenius berdasarkan rating IMDB. Simak selengkapnya dibawah ini.

The Dark Knight (2008) – Rating: 9,0

Film Christopher Nolan TerbaikDimulai dari peringkat pertama, “The Dark Knight” merupakan film Christopher Nolan terbaik dengan rating 9,0. Film ini merupakan sekuel kedua dari trilogi “The Dark Knight Trilogy”. Di film ini, Batman (Christian Bale) berusaha menghadapi Joker (Heath Ledger), seorang penjahat psikopat yang mencoba mengacaukan Gotham City dengan kekacauan dan ketidakadilan. Pertarungan antara dua tokoh ini menjadi semakin rumit ketika Joker mengancam akan membunuh orang-orang terdekat Batman jika tidak mengungkapkan identitas aslinya.

Inception (2010) – Rating: 8,8

Film Christopher Nolan TerbaikFilm bergenre fiksi ilmiah dan thriller berjudul “Inception” menjadi film Christopher Nolan terbaik diposisi kedua. Mengisahkan tentang Dom Cobb (Leonardo DiCaprio), seorang pencuri terampil yang dapat meretas pikiran orang lain melalui mimpi. Dia diberi tugas untuk melakukan “inception” atau menanamkan ide ke dalam pikiran seseorang. Namun, tugas ini menjadi semakin rumit karena dia harus menghadapi masalah pribadinya sendiri dan bahaya yang mengancam kelangsungan misi tersebut.

Interstellar (2014) – Rating: 8,6

Film Christopher Nolan TerbaikInterstellar” adalah film petualangan luar angkasa yang mendalam. Di masa depan, manusia menghadapi krisis makanan karena bumi semakin tidak ramah untuk ditinggali. Seorang peneliti bernama Cooper (Matthew McConaughey) dipilih untuk memimpin misi menyelamatkan umat manusia dengan mencari planet baru yang dapat dihuni oleh manusia di luar tata surya.

The Prestige (2006) – Rating: 8,5

Film Christopher Nolan Terbaik“The Prestige” adalah film drama dan misteri yang menarik. Film ini mengisahkan persaingan dua pesulap terkenal, Robert Angier (Hugh Jackman) dan Alfred Borden (Christian Bale). Mereka berdua terobsesi untuk menciptakan trik sulap terhebat, yang berakhir dengan konsekuensi tragis dan mengubah hidup mereka selamanya.

Memento (2000) – Rating: 8,4

Film Christopher Nolan Terbaik“Memento” adalah film thriller psikologis yang unik dalam narasi. Leonard Shelby (Guy Pearce) menderita amnesia jangka pendek akibat cedera kepala, membuatnya lupa akan kejadian dalam beberapa menit terakhir. Dalam perjalanan mencari pembunuh istrinya, Leonard mengandalkan tato dan catatan kecil untuk membantu mengingat kembali apa yang terjadi. Bisa dibilang “Memento” adalah film Christopher Nolan yang mengibarkan namanya di industri perfilman dan jadi film terbaik di tahun tersebut.

The Dark Knight Rises (2012) – Rating: 8,4

Film Christopher Nolan Terbaik“The Dark Knight Rises” merupakan film penutup trilogi “The Dark Knight Trilogy”. Batman harus menghadapi Bane (Tom Hardy), seorang penjahat brutal yang ingin menghancurkan Gotham City dan menerapkan keadilan sesuai kehendaknya. Pertarungan ini membawa Batman ke ambang kehancuran dan menguji tekadnya untuk melindungi kota yang dicintainya.

Batman Begins (2005) – Rating: 8,2

Film Christopher Nolan Terbaik“Batman Begins” adalah film pertama dalam trilogi “The Dark Knight Trilogy”. Film ini mengisahkan awal mula Bruce Wayne menjadi Batman dan pelatihannya di bawah bimbingan Ra’s al Ghul (Ken Watanabe) dan Henri Ducard (Liam Neeson). Bruce Wayne kemudian memutuskan untuk menggunakan identitas ganda sebagai Batman untuk membersihkan kota Gotham dari kejahatan.

Dunkirk (2017) – Rating: 7,8

Film Christopher Nolan Terbaik“Dunkirk” adalah film perang yang menggambarkan evakuasi besar-besaran pasukan Sekutu dari pantai Dunkirk selama Perang Dunia II. Nolan menggabungkan tiga sudut pandang yang berbeda (darat, laut, dan udara) untuk menciptakan narasi yang intens dan mendalam tentang perjuangan dan harapan di tengah keputusasaan perang.

Insomnia (2002) – Rating: 7,2

“Insomnia” adalah film thriller psikologis yang menegangkan. Detektif Will Dormer (Al Pacino) dikirim ke desa terpencil untuk menyelidiki pembunuhan seorang remaja. Namun, dia terjebak dalam kejahatan sendiri dan harus menghadapi rasa bersalah serta keputusan moral yang sulit.

Following (1998) – Rating: 7,5

“Following” adalah film debut Christopher Nolan sebagai sutradara. Film ini mengisahkan tentang seorang penulis yang mengikuti orang asing di jalanan kota London untuk mencari inspirasi cerita. Namun, dia malah terjebak dalam kehidupan kriminal orang tersebut, menghadapi konsekuensi berbahaya dari tindakannya.

Itu dia deretan 10 Film Christopher Nolan terbaik berdasarkan rating IMDB. Film-film dari Nolan dikenal selalu menampilkan alur cerita yang kompleks, pengambilan gambar yang memukau, dan akting yang brilian. Maka wajar jika setiap karya Nolan dinilai memberikan pengalaman sinematik yang tak terlupakan bagi para penonton, menjadikannya salah satu sutradara terbaik di industri perfilman.

Oky Handiman
Oky merupakan salah satu founder dari Greenscene, ia juga turut berperan sebagai Operational Director. Passionnya terhadap topik seputar pop culture membuat ia terkadang ikut coverage untuk beberapa pembahasan yang tengah hangat.