Sesuai dengan janji Kishimoto kemarin, akhirnya dia merilis manga one-shot Naruto terbaru tentang Minato dan ini adalah spoilernya. Sosok Minato Namikaze menjadi karakter yang sangat populer dalam cerita Naruto, meskipun pada kenyataanya dia sangat jarang sekali muncul dalam cerita. Seperti yang kita ketahui, Minato diperlihatkan tewas di awal cerita ketika melindungi Naruto dari serangan Kurama.

Meskipun hanya muncul dalam berbagai kilas balik atau medium lain, seperti film, hal ini nyatanya tidak membuat Minato kehilangan pamor sebagai salah satu karakter paling populer. Hal ini pula yang membuat Minato menang dalam polling yang diadakan oleh Kishimoto pada akhir tahun 2022 kemarin, yang membuat karakternya mendapatkan hadiah berupa cerita manga one-shot.

Masa Lalu Minato dan Asal-Usul Rasengan

Sesuai dengan tema utama cerita manganya, yaitu sosok Minato Namikaze, dalam manga Naruto: The Whorl Within atau Naruto Gaiden ini kita diperlihatkan tentang masa lalu dari Minato. Namun, masa lalu Minato yang dimaksud bukan sejak dia lahir sampai dewasa. Ceritanya bersetting di tengah-tengah pertempuran antar desa shinobi dan para Bijuu pun digunakan sebagai senjata perang.

Dalam ceritanya, diperlihatkan Minato berusaha untuk menciptakan sebuah Jutsu untuk bisa menandingi kekuatan dahsyat dari para Bijuu. Minato kemudian melakukan observasi terhadap serangan Bijuu-Dama yang biasa digunakan oleh para Jinchuuriki dari desa lain dan para Bijuu mereka. Minato berusaha untuk menirukan konsep aliran chakra yang ada di dalam serangan Bijuu-Dama.

Untuk mewujudkan hal tersebut Minato berlatih bersama Jiraiya. Dia berlatih secara terus-menerus untuk menemukan formula yang tepat untuk menciptakan Jutsunya. Sayangnya, dia selalu gagal dalam melakukan hal tersebut. Dalam penjelasannya, pada awalnya Minato selalu mencoba menghadirkan aliran chakra secara satu arah; ke kiri atau kanan. Jiraiya yang memberikan bantuan informasi tersebut, termasuk untuk mengikuti sesuai ulir yang ada di rambut seseorang.

Jiraiya pun kemudian memberi inspirasi bagi Minato untuk menghadirkan aliran chakra dari dua arah ketika mereka makan es krim. Di sisi lain, hal ini juga karena Minato diketahui memiliki dua buah ulir di kepalanya. Dan akhirnya salah satu Jutsu terhebat dalam franchise Naruto pun lahir yang mana kemudian Jutsu ini digunakan oleh anaknya, Naruto, dan cucunya, Boruto.

Nama Rasengan

Sebenarnya, pada awalnya, Minato masih belum bisa memutuskan apa nama dari Jutsu barunya tersebut. Minato sempat menyebutkan Jutsu barunya tersebut kepada Kushina, karena memang Justu ini sengaja diciptakan oleh Minato untuk Kushina bertahan dari serangan Bijuu. Karena Kushina merasa bahwa ini adalah Jutsu yang Minato ciptakan untuknya, dia pun ingin nama Jutsu ini dinamai sesuai keinginannya.

Kushina pun kemudian memberi nama Jutsu tersebut sebagai Rasengan. Ternyata, nama ‘Rasengan’ ini memiliki makna yang sangat dalam dan filosofis. Dalam cerita kilas balik Kushina dijelaskan saat dia masih kecil istri dari Hashirama, Mito Uzumaki, pernah memberikan penjelasan kepadanya tentang apa sebenarnya arti menjadi klan Uzumaki dan makna dari ulir yang menjadi simbol klannya.

manga minato naruto

Dalam adegan itu, Mito mengajak Kushina ke sebuah ruangan di mana terdapat tangga ulir yang sangat tinggi. Mito kemudian menjelaskan jika ulir tiga dimensi tersebut bernama ‘Rasen.’ Ulir tersebut juga erat kaitannya dengan simbol di klan Uzumaki, karena maknanya adalah meskipun seolah berputar di tempat yang sama tetapi sikap dan perilakunya akan berubah.

Karena Jutsu tersebut terbuat dari aliran chakra yang berbentuk ulir atau lingkaran atau pusaran dan hal tersebut mirip dengan ‘Rasen’ yang dijelaskan oleh Mito, akhirnya Kushina pun menamai Jutsu yang Minato ciptakan untuk Kushina itu sebagai Rasengan. Dan Minato sendiri pun menyukai nama tersebut yang mana akhirnya nama itu digunakan sebagai Jutsunya sampai sekarang.

Kisah Cinta Minato dan Kushina

Manga one-shot Minato yang menjadi spin-off cerita Naruto ini memang tidak banyak memperlihatkan momen cerita percintaan antara Minato dan Kushina. Namun, ada momen yang memperlihatkan cerita romantis dari kedua karakter tersebut. Dalam ceritanya diperlihatkan bagaimana Kurama berhasil untuk melepaskan segel di tubuhnya dan berusaha mengambil alih tubuh Kushina. Akibat hal ini, Kushina pun kehilangan kesadarannya.

manga minato naruto

Di dalam alam bawah sadarnya, Kushina tidak mampu berbuat banyak. Meskipunn begitu, Kushina mencoba untuk tetap bertahan dan Minato pun berusaha untuk membantunya. Dalam momen ini, Kurama berhasil melukai tubuh Minato cukup parah. Meskipun begitu, Minato tetap tidak meninggalkan Kushina. Mereka berdua justru bersama-sama berusaha menghentikan Kurama dan kembali menyegelnya.

Dalam momen ini, Minato berhasil menggunakan teknik Eight Trigrams Sealing Style yang mana sebenarnya dia baru mempelajari teknik tersebut dan dia juga bukan bagian dari klan Uzumaki. Pasca kilas balik masa kecilnya, Kushina pun mulai bangkit dan kekuatannya mulai meningkat. Kombinasi Minato dan Kushina ini pun berhasil membuat Kurama akhirnya kalah dan kembali tersegel. Dan momen kebersamaan mereka juga diperlihatkan di akhir ceritanya, ketika Kushina dan Minato sepakat menamai Jutsu tersebut sebagai Rasengan.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.