Baru-baru ini, Netflix merilis sebuah film yang menjadi spinoff dari film Bird Box (2018) berjudul Bird Box Barcelona. Dalam film ini, kita disuguhkan dengan teror yang disebabkan oleh entitas misterius yang bisa membuat manusia membunuh dirinya sendiri. Oleh sebab itulah para survivor yang bertahan hidup harus menutup mata mereka agar tidak bisa melihat makhluk misterius itu. Bedanya dengan film Bird Box terdahulu, Bird Box Barcelona mengambil latar di kota Barcelona, dan filmnya disutradarai oleh Alex dan David Pastor. Nah sebenarnya nih Geeks, ada beberapa film yang direkomendasikan setelah kalian menonton Bird Box Barcelona. Film-film ini memiliki unsur yang hampir mirip. Apa saja rekomendasi film yang mirip seperti Bird Box Barcelona? Simak berikut ini!

The Bindings

The Binding adalah film horor dari Italia yang disutradarai oleh Domenico Emanuele de Feudis. Filmnya dibintangi oleh beberapa nama seperti Mia Maestro, Riccardo Scamarcio, dan Michael C. Pizzuto. The Binding menceritakan tentang Emma, seorang wanita yang melakukan perjalanan ke Italia Selatan untuk bertemu dengan ibu tunangannya. Namun dalam perjalanan, dia dipaksa untuk melawan kutukan misterius. Di saat yang sama, Emma juga harus melindungi putri kecilnya. The Binding adalah film horor dengan atmosfer yang hampir mirip dengan Bird Box Barcelona yang penuh kejutan dan mampu membuat penonton terus bertanya-tanya tentang karakternya.

Knock at the Cabin

Disutradarai oleh M. Night Shyamalan, Knock at the Cabin diadaptasi dari novel berjudul The Cabin at the End of the World, yang menceritakan tentang sebuah keluarga yang terdiri dari tiga orang yang berlibur di sebuah kabin terpencil. Namun liburan itu diusik oleh sekelompok orang yang menyandra mereka, dan berniat untuk melakukan sesuatu yang diluar nalar. Meskipun premis film ini berbeda dari Bird Box Barcelona, film ini menampilkan tentang kiamat atau kehancuran yang mirip seperti yang terjadi di dunia Bird Box. Selain itu, film ini juga berfokus pada keluarga, yang membuatnya mirip Bird Box.

The Silence

Disutradarai oleh John R. Leonetti, The Silence adalah film horor yang dibintangi oleh Kiernan Shipka, Stanley Tucci, Miranda Otto, dan John Corbett. Film ini diadaptasi dari novel horor dengan nama sama garapan Tim Lebbon. The Silence menceritakan tentang Hugh Andrews yang mencoba melindungi keluarganya, terutama putrinya, Ally, dari serangan para monster yang berburu manusia. Mereka juga harus dihadapi pada sekte jahat yang juga mengancam hidup mereka. Premis film ini mirip dengan Bird Box Barcelona karena keduanya berlatarkan dunia yang telah hancur oleh makhluk aneh dan misterius.

Awake

Awake adalah film thriller sci-fi yang disutradarai oleh Mark Raso dan dibintangi oleh Gina Rodriguez, Jennifer Jason Leigh, dan Barry Pepper. Filmnya mengambil latar setelah terjadinya sebuah bencana yang menghancurkan barang-barang elektronik dan menghilangkan kemampuan manusia untuk tidur. Dan ketika itu terjadi, seorang mantan prajurit berjuang untuk menemukan obat dengan bantuan putrinya saat dia mencoba mengungkap misteri peristiwa tersebut. Seperti Bird Box Barcelona, film ini mengambil latar di dunia post-apocalyptic, dan ada kekuatan misterius yang menyiksa umat manusia.

The Wasteland

The Wasteland atau yang dikenal juga sebagai El Paramo adalah film Spanyol yang menceritakan tentang sebuah keluarga yang terisolasi dari masyarakat sekitarnya. Namun, kehidupan mereka yang tenang dan tenteram terganggu oleh kedatangan makhluk yang menguji ikatan kekeluargaan mereka. Meskipun ceritanya tidak mirip seperti Bird Box, tetapi narasi filmnya berfokus pada hubungan keluarga. Film ini disutradarai oleh David Casademunt dan dibintangi oleh Inma Cuesta, Asier Flores, dan Roberto Alamo sebagai pemeran utama.

Nope

Nope menjadi salah satu film beken yang rilis tahun 2022 kemarin. Film ini membintangi beberapa nama beken seperti Daniel Kaluuya dan Keke Palmer. Jordan Peele yang sebelumnya sukses dengan Get Out dan Us kembali didapuk sebagai sutradara film ini. Nope menceritakan tentang dua bersaudara yang berusaha mengungkap tentang adanya alien di tempat tinggal mereka di Agua Dulce, California. Namun mereka segera menyadari ancaman lain yang mereka temui di peternakan. Baik Nope dan Bird Box, kedua film tersebut memperlihatkan saat sang karakter utama berurusan dengan kekuatan yang tidak dapat dijelaskan, yang menyerang manusia melalui kontak mata.

A Quiet Place

Disutradarai oleh John Krasinski, A Quiet Place adalah film post-apocalyptic yang ditulis naskahnya oleh Scott Beck, Bryan Woods, dan Krasinski sendiri. Filmnya menceritakan tentang keluarga Abbott yang mencoba bertahan hidup dari dunia yang hancur oleh kemunculan makhluk luar angkasa yang tidak bisa melihat. Tetapi dibalik kekurangannya, para makhluk tersebut memiliki indra pendengaran yang tajam. Film ini menjadi mirip Bird Box karena sama-sama menampilkan makhluk yang mengancam umat manusia. Namun A Quiet Place lebih berfokus pada elemen bertahan hidup dan memiliki film lanjutan yang mengungkap detail monsternya.

Itulah dia Geeks beberapa film yang direkomendasikan jika kalian tertarik dengan film Bird Box Barcelona. Film-film di atas hampir memiliki kemiripan mesti tidak melulu tentang makhluk yang mengerikan.

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/