Sebuah film akan dianggap bagus ketika filmnya mampu memadukan banyak aspek dengan baik, mulai dari aspek cerita, visual, akting, dan soundtrack. Jika salah satu aspek tidak terpenuhi dengan baik, maka bisa jadi filmnya berakhir dengan tidak terlalu baik atau malah buruk. Menariknya nih Geeks di Hollywood, ada beberapa film bertabur bintang yang harus mengalami kegagalan, entah itu dalam hal finansial maupun ulasan penonton. Dan nama-nama pemeran yang terlibat di dalamnya tidak berhasil menyelamatkan film ini dari kehancuran. Apa saja film yang dianggap gagal tersebut? Simak berikut ini Geeks!

The Last Duel

The Last Duel adalah film besar yang rilis di tahun 2021. Bagaimana tidak? Film ini digarap oleh Ridley Scott, dan dibintangi oleh deretan bintang papan atas Hollywood seperti Ben Afflec, Matt Damon, Adam, Driver, Jodie Comer, dan masih banyak lagi. Meskipun mendapat ulasan yang positif, tetapi filmnya gagal total di box office. Yap film ini dirilis ketika pandemi terjadi, dan ketika itu masih banyak bioskop yang belum dibuka. Padahal dibutuhkan anggaran sebesar $100 juta, dan filmnya hanya mendapat pendapatan $30 juta. Selain karena pandemi, kegagalan film ini dinilai juga karena faktor pemasaran yang buruk.

Knight of Cups

Pada tahun 2015, fim Knight of Cups rilis di bioskop. Meski dibintangi oleh deretan pemeran papan atas, seperti Christian Bale, Cate Blanchett, Natalie Portman, Antonio Banderas, Imogen Poots, Brian Dennehy, dan masih banyak lagi, tetapi nama-nama tersebut tidak bisa membuat Knight of Cups sukses. Film ini hanya meraup kurang dari $1.1 juta di box office. Pasalnya film ini hanya tayang di empat bioskop saja, yang menjadi alasan utama mengapa filmnya tidak banyak disaksikan. Ditambah lagi dengan fakta bahwa film ini digarap oleh Terrence Malick yang terkenal dengan film-filmnya yang meyasar target-target tertentu, dan bukan untuk umum.

Deepwater Horizon

Film ini diadaptasi dari kisah nyata dari sebuah bencana di tahun 2010 yang menyebabkan tumpahan minyak di lepas pantai Amerika Serikat. Film ini dibintangi oleh deretan aktor papan atas Hollywood seperti Mark Wahlberg, Kurt Russell, John Malkovich, Gina Rodriguez, Kate Hudson, Dylan O’Brien, dan masih banyak lagi. Dan meski mendapat ulasan positif, dan dibintangi oleh pemeran-pemeran hebat, itu masih belum mampu membawa Deepwater Horizon bersinar di box office. Filmnya hanya mampu mendapatkan pendapatan sebesar $122 juta saja. Padahal dibutuhkan anggaran sebesar $156 juta, dan itu belum termasuk dengan biaya promosi filmnya.

Rocks of Ages

Dibintangi Tom Cruise, Alec Baldwin, Catherine Zeta-Jones, Bryan Cranston, Julianne Hough, dan masih banyak lagi, sayangnya film berakhir dengan kegagal di box office. Pembuatan film ini menelan anggara sebesar $79 juta, namun akhirnya hanya meraup pendapatan $59 juta. Ulasan film ini memang biasa saja, tetapi ada yang cukup dibenci dari filmnya, yaitu koreografinya yang dianggap buruk dan tidak berenergi. Apalagi ketika Rocks of Ages dirilis, film yang digarap oleh Adam Shankman ini harus berhadapan langsung dengan The Avengers, yang merajai box office pada musim panas 2022.

Movie 43

Dengan segudang pemeran bintang yang terlibat dalam film Movie 43, tentu banyak yang mengira bahwa film ini akan berakhir dengan keuksesan yang masif. Apalagi mayoritas pemerannya adalah pemenang dan pernah masuk nominasi Oscar, seperti Emma Stone dan Kate Winslet. Namun akhirnya film ini mendapatkan ulasan negatif, sehingga akhirnya Movie 43 dijuluki film terburuk di tahun 2013, dan dianggap sebagai pemborosan karena sudah mengeluarkan pemain-pemain terbaiknya. Selain membintangi Emma Stone dan Kate Winset, film yang disutradarai oleh Elizabeth Banks ini juga dibintangi oleh Richard Gere, Liev Schreiber, Dennis Quaid, Common, dan masih banyak lagi.

All the King’s Men

Film yang diadaptasi dari novel Robert Pen Warren ini disutradarai oleh Steven Zaillian, dan digadang-gadang sebagai film yang akan mendapat Oscar, sebelum dirilis. Bagaimana tidak, film ini memiliki banyak keunggulan, dari segi cerita, hingga para pemeran bintang yang terlibat di dalamnya, seperti Sean Penn, Kate Winslet, Jude Law, James Gandolfini dan masih banyak lagi. Namun ketika dirilis, film ini tidak dianggap biasa saja, karena memiliki plot cerita yang tidak terlalu menarik. Apalagi akting Sean Penn juga dianggap terlalu melodramatis. Pada akhirnya film ini berakhir dengan kegagalan.

The Monuments Men

The Monuments Men dianggap seperti film “Avengers”, karena film ini menghadirkan deretan aktor-aktor berbakat Hollywood yang berkumpul. Bayangkan saja, filmnya menghadirkan nama-nama seperti George Clooney, Matt Damon, Bill Murray, John Goodman, hingga Cate Blanchett. Selain bertugas sebagai aktor, Clooney juga mengemban tugas penting sebagai sutradara sekaligus penulis. Tetapi semua usahanya belum cukup membawakan film ini bersinar. Padahal filmnya punya pondasi cerita yang menarik yaitu tentang sekelompok pasukan yang ditugaskan untuk mengambil beberapa karya seni yang tak ternilai yang dijarah oleh Nazi selama Perang Dunia II.

Cloud Atlas

Lagi-lagi, deretan pemeran berbakat Hollywood tidak cukup untuk membawa film Cloud Atlas sukses besar. Film ini membintangi nama-nama beken seperti Tom Hanks, Halle Berry, Jim Sturgess, Hugo Weaving, Hugh Grant, Ben Whishaw, dan masih banyak lagi. Dibutuhkan biaya sebesar $150 juta untuk membuat film ini, dan itu belum termasuk dengan biaya promosi yang digelontorkan oleh Warner Bros. Sayangnya, film ini hanya bisa meraup pendapatan sebesar $130 juta saja, yang membuat filmnya mengalami kerugian ketika dirilis tahun 2012.

Star Wars Episode 1 – The Phantom Menace

Meski mendapatkan angka penjualan yang masif, tetapi itu tidak menjauhkan anggapan bahwa film Star Wars Episode 1 – The Phantom Menace sebagai salah satu film Star Wars terburuk. Film ini gagal memenuhi harapan yang tinggi dari penggemar, dari mulai segi cerita hingga beberapa CGI yang dianggap masih mentah. Nama-nama besar dari para aktor yang terlibat dalam filmnya pun tidak membawa perubahan yang signifikan. Padahal film ini dibintangi oleh deretan pemeran papan atas Hollywood seperti Ewan McGregor, Liam Neeson, Natalie Portman, dan masih banyak lagi.

Ali

Meskipun mampu masuk dua nominasi Oscar, tetapi film Ali yang dirilis tahun 2001 lalu gagal bersinar di box office. Dalam film tersebut, Will Smith mendapat peran utama, dengan Jamie Foxx, Jon Voight, Jeffrey Wright, Jada Pinkett Smith, dan Giancarlo Esposito yang menjadi pemeran pendukung. Film Ali hanya meraup pendapatan sebesar $87 juga, padahal dibutuhkan anggaran $107 juta untuk membuatnya. Padahal ketika itu, karier Will Smith tengah meroket, dan itu adalah tahun-tahun terbaik dalam kariernya. Filmnya harus kalah saing dengan film Harry Potter and the Sorcerer’s Stone, yang rilis beberapa hari lebih dulu.

Itulah beberapa film di Hollywood yang gagal total meski membawa nama-nama besar di dalamnya. Di antara film tersebut, mana yang pernah kalian saksikan?

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/