Superman adalah ikon superhero paling terkenal dari DC Comics yang kisahnya terbilang cukup sering diangkat ke layar lebar. Sampai hari ini ada banyak sekali inkarnasi Superman yang telah menginspirasi banyak generasi dengan kekuatan dan kebaikannya. Salah satunya yang saat ini tengah dikembangkan sebagai bagian dari jagat sinema DC Universe adalah Superman: Legacy. Namun tahukah kalian Geeks bahwa dalam perjalanan panjang karakternya di dunia perfilman, tenyata tidak semua proyek live action Superman berhasil tayang. Berikut ini adalah enam film live action Superman yang sayangnya dibatalkan!

Superman V

film superman dibatalkan

Ketika pendapatan waralaba film Superman tahun 1980-an merosot karena kegagalan film Superman III dan Superman IV: The Quest for Peace, ternyata Warner Bros pernah hampir memberikan lampu hijau juga untuk film Superman V. Di mana pada saat itu penulis komik Cary Bates mengklaim bahwa dia mampu menyelamatkan waralabanya dengan cerita tentang alien Brainiac yang akan menyusutkan Kota Metropolis dan menempatkannya dalam sebuah toples. Selain karena waralabanya yang memang sudah tidak menarik lagi, alasan lainnya mengapa film Superman V dibatalkan adalah karena pada saat itu teknologi CGI masih sangat mahal untuk mewujudkan visi Bates yang cukup ambisius.

Superman Reborn

Berkat keberhasilan film Batman yang rilis tahun 1989, produser Jon Peters pernah ditugasi oleh Warner Bros untuk me-reboot waralaba Superman juga. Pada saat itu Peters yang sudah menentukan judul Superman Reborn sempat menunjuk penulis Jonathan Lemkin untuk menggarap naskahnya. Filmnya sendiri dimaksudkan untuk mengambil inspirasi dari cerita komik populer The Death of Superman, di mana Superman harus bertarung mati-matian melawan Doomsday. Ketika Superman tewas, posisinya kemudian akan diambil alih oleh anaknya yang lahir dari rahim Lois Lane. Namun karena Warner Bros tidak suka dengan ide gilanya, akhirnya film Superman Reborn dibatalkan.

Superman Lives

film superman dibatalkan

Superman Lives adalah proyek live action Superman dari tahun 1990-an yang paling terkenal bahkan mungkin paling ambisius. Sayangnya film yang tadinya akan disutradarai oleh Tim Burton dan dibintangi oleh Nicolas Cage sebagai Superman ini menghadapi berbagai masalah produksi dan akhirnya dibatalkan oleh Warner Bros. Padahal pada saat itu pengembangannya sudah berlangsung cukup lama di mana anggaran praproduksi yang telah dikeluarkan mencapai 30 juta dolar Amerika. Ceritanya sendiri akan berfokus pada Superman gondrong yang harus menghadapi villain seperti Doomsday, Lex Luthor, dan Brainias. Meskipun batal tetapi cameo Superman Cage bisa kita lihat di film baru The Flash.

Superman: Flyby

film superman dibatalkan

Pada awal tahun 2000-an Warner Bros pernah mencoba kembali membiayai sebuah proyek film reboot lain yang diberi judul Superman: Flyby. Plotnya sendiri dimaksudkan untuk menceritakan kisah Civil War Krypton antara ayah Superman Jor-El dan pamannya Kata-Zor, di mana perang tersebut akhirnya meluas sampai ke Bumi. Saat ceritanya berakhir, Superman tadinya akan diperlihatkan pulang ke planetnya sendiri, Krypton. Namun dalam prosesnya setelah berganti-ganti sutradara, mulai dari J.J. Abrams, Brett Rattner, sampai McG, bahkan sudah melakukan screen test dengan aktor sekelas Brendan Fraser dan Asthon Kutcher, film Superman: Flyby malah dibatalkan karena masalah kreatif.

Superman Returns 2

Seperti yang kita tahu proyek reboot Superman yang panjang dan penuh drama akhirnya baru bisa terealisasi pada tahun 2006 dengan film Superman Returns yang dibintangi oleh aktor Brandon Routh. Sayangnya film ini tidak berhasil memenuhi ekspektasi Warner Bros dan penggemar secara keseluruhan, sehingga kisahnya tidak pernah dilanjutkan dengan sebuah sekuel. Walaupun begitu pada tahun 2010 silam penulis naskah Michael Dougherty pernah mengaku bahwa sebenarnya film Superman Returns 2 sempat dikembangkan sebelum akhirnya dibatalkan. Tadinya film sekuel tersebut akan memperkenalkan Kryptonian lain selain Kal-El bersama dengan invasi supervillain Brainiac.

Man of Steel 2

film superman dibatalkan

Tahun lalu para penggemar DC sempat dikejutkan dengan kembalinya aktor Henry Cavill sebagai Superman di credit scene film Black Adam. Tidak lama setelah itu tersiar kabar bahwa para eksekutif Warner Bros telah memberikan lampu hijau untuk sekuel Man of Steel, di mana yang akan jadi antagonis selanjutnya adalah supervillain Brainiac. Sayangnya beberapa minggu kemudian penggemar kembali dihebohkan dengan berita pensiun Henry Cavill sebagai Superman. Hal ini otomatis langsung membuat film Man of Steel 2 dari Superman Cavill resmi dibatalkan. Pasalnya WB juga sudah mulai beralih pada rencana besar DC Studios yang akan mereboot DC Universe dengan Superman: Legacy.

Itulah enam film live action Superman yang pada akhirnya dibatalkan karena alasan beragam. Meskipun semua film batal di atas tidak pernah bersinar di layar lebar, sampai hari ini Superman terus menjadi ikon yang tak tergantikan dalam dunia superhero DC. Di sisi lain para penggemar sendiri masih berharap untuk melihat proyek film Superman pada masa mendatang. Kabar baiknya sekarang kita hanya tinggal menunggu DC Studios merilis film reboot versinya sendiri yang berjudul Superman: Legacy pada tanggal 11 Juli 2025 mendatang. So, kita nantikan saja kejutannya ya, Geeks.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.