Pada tahun 2014, film berjudul Fury yang disutradarai oleh David Ayer dirilis dengan menghadirkan kisah yang intens tentang perjuangan sekelompok tentara Sekutu dan tank andalannya pada era Perang Dunia II. Film yang diperankan secara brilian oleh para aktor seperti Brad Pitt, Shia LaBeouf, dan Logan Lerman ini berhasil membuat para penonton merasakan ketegangan ketika berada di wilayah Nazi Jerman. Nah jika kalian menyukai Fury dan ingin melihat film-film lain yang memberikan pengalaman serupa, berikut ini adalah lima rekomendasi judul yang mirip Fury serta layak untuk ditonton sekarang juga!

Saving Private Ryan (1998)

Film mirip Fury

Disutradarai oleh Steven Spielberg, Saving Private Ryan dianggap sebagai salah satu film perang terbaik sepanjang masa yang berhasil membuat genrenya makin disukai banyak orang. Plot filmnya sendiri berfokus pada Kapten John Miller (Tom Hanks) yang membawa pasukannya ke wilayah musuh untuk menemukan prajuritnya yang bernama Ryan (Matt Damon). Mirip seperti Fury, film ini menampilkan banyak adegan perang brutal pada era Perang Dunia II, hubungan kuat yang tumbuh di antara para karakter, serta memberikan gambaran yang realistis tentang kondisi tentara yang harus berjuang di wilayah musuh.

Inglourious Basterds (2009)

Sesuai dengan judulnya Inglourious Basterds adalah film perang dengan bumbu-bumbu komedi dari sutradara Quentin Tarantino yang mengisahkan petualangan pasukan nyeleneh nan memalukan. Di mana pasukan yang dipimpin oleh Letnan Aldo Raine (Brad Pitt) ini berusaha melakukan pembalasan dendam yang sangat kejam terhadap Nazi, termasuk menguliti kepala musuh-musuhnya. Alasan mengapa film ini terasa sangat mirip dengan Fury yang rilis lima tahun setelahnya adalah karena Inglourious Basterds sama-sama dibintangi oleh Brad Pitt dan mengisahkan kebrutalan pada era Perang Dunia II.

Hacksaw Ridge (2016)

Film mirip Fury

Datang dari produser sekaligus sutradara Mel Gibson yang terkenal sering memasukan unsur religi ke dalam filmnya, Hacksaw Ridge adalah film tentang era Perang Dunia II yang diangkat dari kisah nyata. Di mana prajurit Desmond Doss (Andrew Garfield) harus terlibat dalam perang, tetapi anehnya justru menolak membawa senjata api. Sebagai seorang petugas medis, alih-alih membunuh dia justru lebih fokus dalam misi penyelamatan. Film ini menghadirkan banyak adegan perang yang mendebarkan sekaligus menginspirasi, mirip seperti Fury yang sama-sama menonjolkan unsur keberanian serta pengabdian.

Dunkirk (2017)

Film mirip Fury

Dunkirk adalah salah satu film fenomenal dari sutradara Christopher Nolan yang mengisahkan evakuasi besar-besaran dari pasukan Sekutu di pantai Dunkirk selama Perang Dunia II. Film ini menampilkan sudut pandang yang unik dari tiga cerita epik yang saling terhubung: yaitu darat, laut, dan udara. Ada cukup banyak alasan mengapa Dunkirk terasa cukup mirip dengan Fury. Di mana sebagian besar adegannya menampilkan penggambaran yang realistis tentang suasana perang yang penuh dengan ketegangan dan pengorbanan. Pada akhirnya baik Fury maupun Dunkirk sama-sama menggambarkan buruknya perang.

All Quiet on the Western Front (2022)

Film mirip Fury

Jika Fury dan sebagian besar film di daftar ini lebih banyak memperlihatkan sudut pandang prajurit Sekutu, All Quiet on the Western Front justru menggambarkan suasana yang harus dirasakan oleh prajurit korban propaganda Jerman. Diadaptasi dari novel berjudul sama karya Erich Maria Remarque, film Netflix dari sutradara Edward Berger ini pada dasarnya menonjolkan trauma fisik dan mental yang ekstrim selama Perang Dunia I. Meskipun punya latar yang berbeda, tetapi film All Quiet on the Western Front cukup mirip dengan Fury, dari segi penggambaran perang yang berisi tentang pengorbanan orang-orang terdekat.

Itulah lima rekomendasi film yang mirip dengan Fury dan sangat layak untuk kita tonton. Kelima film ini pada umumnya memberikan pengalaman yang mendalam tentang perang, di mana pada akhirny kita hanya akan menemukan pengorbanan, trauma, dan hal-hal buruk lainnya dalam sebuah peperangan. Dikemas dengan adegan-adegan yang menegangkan serta hubungan yang cukup kuat antara para karakternya, semua film ini bisa dibialng telah berhasil menyampaikan penggambaran yang realistis tentang kehidupan tentara di medan pertempuran. Tunggu apalagi, selamat menonton Geeks!

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.