Meskipun Avengers sangat luar biasa terutama berkat para anggota superhero populer ternyata ada sebagian supehero yang justru terlupakan. Avengers merupakan salah satu tim pahlawan yang ada di Marvel Comics. Mereka adalah tim pahlawan yang anggotanya merupakan superhero populer. Contohnya adalah Iron Man, Captain America, Hulk, Black Panther, dan masih banyak lainnya.

Beberapa karakter pahlawan lainnya pun diketahui pernah menjadi anggota dari Avengers, meskipun memang mayoritas keberadaan mereka di kelompok pahlawan ini tidak terlalu lama. Namun, karena banyaknya superhero Marvel yang pernah menjadi anggota Avengers membuat sebagian karakter ini akhirnya terlupakan. Banyak fans lupa bahwa karakter ini pun pernah jadi bagian dari kelompok tersebut. Lalu, siapa saja mereka?

Triathlon/3-D Man

Anggota Avengers yang terlupakan pertama adalah superhero yang namanya sempat diganti oleh Marvel yaitu Triathlon. Dia bergabung dengan tim Avengers ketika masih menjadi juru bicara sebuah organisasi bernama Triune Understanding. Mereka juga yang memberikan kekuatan dahsyat kepada Triathlon. Namun, Triathlon kemudian mengganti namanya menjadi 3-D Man.

anggota avengers terlupakan

Avengers sengaja merekrut Triathlon karena kemampuannya sebagai juru bicara. Mereka berharap Triathlon bisa meningkatkan citra mereka di mata masyarakat. Dia memutuskan untuk meninggalkan Triune Understanding dan menghentikan sang pemimpin untuk menjadi seorang dewa. Akibat hal ini, citra Avengers pun meningkat. Namun, dia kemudian memutuskan untuk pergi dari tim itu. Triathlon sempat muncul dalam beberapa cerita, misalnya ketika dia menjadi salah satu anggota Avengers Doctor Doom. Namun, kemudian dia menghilang.

Stingray

Nama Stingray mungkin kurang begitu populer, padahal dia adalah pahlawan pertama yang berhasil menangkap Namor. Meskipun begitu, Stingray kemudian menjadi salah satu sekutu dari Namor. Memiliki nama asli Walter Newell, dia adalah seorang yang ahli dalam ilmu kelautan. Stingray pun pernah bergabung dengan dua tim pahlawan epik seperti Fantastic Four dan tentunya Avengers.

anggota avengers terlupakan

Mereka biasanya akan menghubungi Walter ketika membutuhkan bantuannya mengenai lautan. Sayangnya, karakter Stingray kalah pamor jika dibandingkan karakter bawah laut lain seperti Namor. Inilah alasan banyak fans yang tidak ingat jika Stingray pernah menjadi bagian dari kelompok Avengers. Padahal, dia pernah menjadi pemimpin markas bawah laut Avengers, Hydro-Base, yang sekarang sudah tidak lagi berfungsi.

Living Lightning

Keberagaman atau diversity adalah sesuatu yang selalu digaungkan oleh Marvel dan hal ini pun diaplikasikan dalam cerita komik mereka. Miguel Santos alias Living Lightning sengaja dimunculkan untuk menambah keberagaman yang ada di kelompok Avengers, yang mana langkah awal ini merupakan sesuatu yang salah. Pada faktanya, dia hanya muncul sebagai cameo dalam berbagai cerita.

Karena jarang terlibat dalam peristiwa besar dan jarang muncul, akhirnya membuat Living Lightning banyak dilupakan oleh para fans. Namun, hal ini kemungkinan ada kaitannya dengan cerita karakternya. Alasan utama mengapaa Living Lightning bergabung dengan Great Lakes Avengers, dia menduga jika itu adalah asosiasi untuk mereka pecinta sesama jenis. Kesalahan tersebut yang sepertinya yang membuat Marvel Comics coba untuk tidak hadirkan lagi.

The Two-Gun Kid

Dalam salah satu petualangan Avengers yang berusaha untuk menghentikan upaya dari Kang the Conqueror, mereka kemudian bertemu dengan sosok superhero bernama The Two-Gun Kid. Dia adalah sosok pahlawan yang berusaha menghancurkan berbagai kejahatan di wilayah Barat. Pasca pertemuan tersebut, The Two-Gun Kid berteman baik dengan Hawkeye dan bahkan mereka melakukan petualangan bersama.

Kemunculan karakter Two-Gun Kid di tengah-tengah anggota Avengers lain memang menjadi sebuah keputusan dan pilihan yang unik dan aneh. Namun, hal ini sudah menginspirasi banyak para pahlawan modern. Sayangnya, memang impak dari karakternya tidak mampu meningkatkan popularitas Two-Gun Kid yang akhirnya dia jadi salah satu anggota Avengers yang terlupakan.

Lionheart

Sejak awal diperkenalkan dalam ceritanya, Kelsey Leigh alias Lionheart memang harus menjalani kisah yang sangat berat. Kelsey merupakan seorang guru dan juga ibu tunggal ketika mengorbankan dirinya demi menyelamatkan Captain America. Karena hal inilah dia kemudian terpilih untuk menjadi penerus dari Captain Britain. Dia kemudian disuruh memilih antara Sword of Might dan Amulet of Right.

anggota avengers terlupakan

Kelsey memilih pedangnya, yang mana hal itu membuat dia harus terpisah dengan sang anak. Sebagai Lionheart, Kelsey pun kemudian bergabung dengan tim Avengers meskipun keberadaanya di sana tidak lama. Dia kemudian kembali ke Inggris dan harus menjadi salah satu karakter pahlawan Marvel yang terlupakan.

Jack Of Hearts

Jack of Hearts adalah salah satu karakter yang diperkenalkan oleh Marvel Comics di era 1970an. Cerita masa lalunya bisa dibilang sangat rumit dan kostum yang dia kenakan dianggap kurang menarik oleh para fans. Jack Heart memiliki kekuatan super di mana dia bisa terbang dan menembakan energi yang luar biasa. Jack pun kemudian mengetahui jika ternyata orang tuanya adalah alien.

Sayangnya, di sepanjang kemunculan Jack dia tidak pernah mampu untuk menguasai kekuatannya tersebut. Jack juga terkenal memiliki pengendalian emosi yang buruk. Dia sempat bergabung dengan Avengers selama beberapa waktu, namun kemudian memutuskan untuk mengurung dirinya. Dan pada akhirnya, dia meledakan diri sebelum kemudian Scarlet Witch menghidupkannya lagi dari kematian dan kembali meledakan diri.

Moondragon

Moondragon merupakan seorang ahli telepati antar galaksi yang dalam cerita Marvel Comics pernah menjadi pahlawan atau pun villain. Karakternya memang cukup memiliki sejarah panjang dengan para Avengers. Dia selalu menganggap orang lain jauh berada di bawahnya. Dalam satu cerita, Moondragon pernah berusaha mengambil alih bumi dengan alassan itu adalah cara terbaik untuk mendapatkan kedamaian. Moondragon juga pernah berhadapan dengan Avengers dan bekerja sama dengan Korvac. Yang menarik adalah Moondragon kemudian bergabung dengan Guardians of the Galaxy dan kemudian dia menghilang serta jarang lagi muncul dalam berbagai cerita.

Mantis

Berbicara mengenai Guardians of the Galaxy, Geeks tentunya tidak asing dengan karakter Mantis. Berkat kemunculannya di MCU, popularitas karakter Mantis jadi sangat luar biasa. Namun, mungkin banyak yang tidak tahau jika Mantis sebenarnya pernah menghabiskan waktu cukup lama bersama para Avengers. Mantis sering kali memiliki peranan penting dalam berbagai cerita petualangan Avengers.

anggota avengers terlupakan

Kemunculan Mantis bahkan sudah diprediksi oleh Priests of Pama, yang kemudian melatihnya bahkan sedari kecil. Menurut mereka, Mantis akan memiliki peranan sebagai Celestial Messiah. Kemampuan telepati dan pengendalian pikiran miliknya menjadi kunci penting dalam perang Kree-Skrull dan dalam upaya para Avengers mengalahkan Thanos.

Silverclaw

Karakter Silverclaw diciptakan oleh Kurt Busiek dan George Perez dalam komik Avengers di era 1990an. Ketika kemudian para kreator karakternya tidak lagi mengerjakan komik tersebut, karakternya pun ternyata menjadi terlupakan. Silverclaw laagir di Costa Verde dan ayahnya menganggap jika sang anak ada kaitannya cerita mitologi lokal. Dia memiliki kekuatan super untuk bisa berbah wujud menjadi berbagai hewan hutan dan juga dia adalah petarung yang sangat tangguh. Sayangnya, semenjak tahun 1990an hingga sekarang tidak diketahui bagaimana nasibnya.

The Forgotten One

Anggota Avengers yang terlupakan terakhir adalah The Forgotten One. Pemilihan nama karakter ini pun rasanya bukan sebuah ide yang baik jikak kemudian karakternya hendak diingat oleh orang-orang. Yang menarik adalah The Forgotten One merpakan salah satu dari Eternals yang sudah ada di bumi sejak jutaan tahun yang lalu. Orang-orang zaman dahulu banyak yang salah kaprah jika The Forgotten One adalah Hercules, Samson, dan Gilgamesh.

anggota avengers terlupakan

Namun, dengan menggunakan identitas Gilgamesh dia kemudian bergabung dengan Avengers meskipun tidak terlalu lama. The Forgotten One kemudian harus tewas akibat luka parah yang dia alami dalam pertarungannya menghadapi Blastaar. Meskipun The Forgotten One sudah melakukan banyak pengorbanan bagi para Avengers atau pun umat manusia, pada akhirnya dia mengalami nasib buruk sesuai namanya.

Dengan kemunculan tim Avengers di komik Marvel sejak puluhan tahun lalu, wajar jika ada banyak karakter yang kemudian bergabung dengan tim ini meskipun mayoritas bergabung dalam waktu yang singkat. Tetapi, dengan durasi bergabung yang sangat singkat ini pula yang kemudian membuat banyak karakter superhero akhirnya terlupakan pernah jadi anggota dari Avengers.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.