Meskipun belum ada konfirmasi, namun dugaan kematian dari Garp di pulau Beehive kemungkinan akan memicu Luffy untuk mengaktifkan Gear 6 miliknya. Monkey D Garp beserta anggota SWORD diketahui sedang pergi ke pulau Beehive dengan misi menyelamatkan Koby yang diculik oleh Blackbeard di chapter sebelumnya. Meskipun jumlah mereka tidak banyak, terbukti para bajak laut di sana tidak berdaya menghadapi Garp dan SWORD.

Dalam momen ini juga kita sempat melihat kekuatan lain dari Garp, misalnya ketika dia menghancurkan sebagian wilayah di pulau Beehive dan bahkan membuat Aokiji harus tersungkur ke dalam tanah. Namun, menurut informasi bocoran di chapter 1087 sosok Garp akhirnya harus kalah setelah berhadapan dengan kru Blackbeard lainnya dan bahkan diduga tewas.

Kematian Garp Picu Gear 6 Luffy

Meskipun belum ada konfirmasi resmi dari Oda, namun kondisi dari Garp yang terluka parah memang memberikan sinyal bahwa dia mungkin akan tewas. Wakil admiral tersebut terluka parah setelah melindungi Koby dari serangan Shiryu. Garp tahu jika Shiryu mengincar dia dengan cara mengincar nyawa Koby. Kondisinya sendiri tidak baik di mana inilah petunjuk jika Garp kemungkinan besar tewas.

Apa yang terjadi di pulau Beehive tersebut memang tidak banyak diketahui karakter lain, karena pada dasarnya Garp hanya mengajak orang-orang tertentu saja seperti SWORD. Namun, mengingat reputasi Garp yang luar biasa kabar mengenai kematiannya tentu akan tersebar dalam waktu yang sangat cepat. Dan kabar kematian Garp juga cepat atau lambat akan diketahui oleh sang cucu, Luffy.

Luffy dan kelompok Topi Jerami saat ini sedang berada di pulau Egghead. Mereka sedang bersiap menghadapi ancaman besar yaitu angkatan laut dan seorang Gorosei, Saint Jaygarcia Saturn. Di sana mereka bertemu dengan Vegapunk dan menemukan fakta tentang masa lalu. Bahkan, kita juga kemudian tahu bahwa Saul kemudian masih hidup berkat cerita dari Vegapunk.

Kemungkinan Luffy akan mendengar kabar kematian sang kakek setelah semuanya berakhir di pulau Egghead. Dan reaksi yang Luffy tunjukan jelas adalah kemarahan dan sedih. Yang menarik adalah ada kemungkinan jika kemarahan yang luar biasa dari Luffy terkait kematian Garp akan jadi faktor untuk Luffy mengaktifkan Gear 6 dari buah iblis Nika yang dia miliki.

Gear 6 tersebut kemungkinan akan jadi Gear terkuat Luffy setelah Gear 5. Kekuatan dahsyat dari Gear 6 ini akan Luffy gunakan untuk menghabisi nyawa dari Blackbeard yang coba untuk membalas dendam kematian Ace dan juga sang kakek. Dan kemungkinan, Gear 6 ini akan Luffy praktikan dalam pertarungan mereka menjelang akhir cerita dari One Piece.

Petunjuk Kemunculan Gear 6

Sebagian Geeks mungkin merasa skeptis dengan kemunculan Gear 6 Luffy dari buah iblis Nika. Hal ini masuk akal mengingat Gear 5 dari buah iblis ini memang sudah sangat dahsyat dan sejauh ini tidak ada yang mampu menandingi kekuatannya. Sehingga, rasanya sulit untuk menebak apakah akan ada kekuatan dahsyat lainnya yang muncul dari buah iblis Luffy.

Namun, kita bisa melihat lagi bagaimana Gear 5 bisa terwujud. Sebelumnya, seorang fans pernah bertanya di salah satu kolom SBS tentang kemungkinan munculnya Gear 5 setelah Gear 4 – yang notabene adalah yang terkuat saat itu. Oda sendiri memang tidak menjawab secara jelas dan dia cenderung menjawab dengan cara yang konyol. Bahkan, dia menganggap bahwa itu adalah jenis jaringan.

garp gear 6 luffy

Di arc Wano, dalam pertarungan Luffy menghadapi Kaido, kita kemudian melihat bagaimana akhirnya Luffy berhasil membangkitkan buah iblisnya. Dan hal ini pun menjadi cara munculnya Gear 5 yang kita ketahui sekarang. Berdasarkan hal tersebut, bukan tidak mungkin memang jika Luffy akan kembali menghadirkan kekuatan epik lainnya yang tidak lain adalah Gear 6.

Para fans sendiri menduga jika Luffy masih mampu untuk menghadirkan kekuatan epik Gear 6. Spekulasi yang populer menyebutkan jika Oda terinspirasi dari dari gear atau roda gigi kendaraan, khususnya mobil, di mana sebagian besar kendaraan memiliki Gear sampai 6. Jika Gear 5 muncul karena Luffy bertekad untuk mengalahkan Kaido dan membebaskan Wano, maka Gear 6 kemungkinan muncul akibat kematian dari Garp.

Vegapunk Akan Bantu Luffy

Pasca informasi mengenai kematian Garp muncul, para fans pun banyak yang menghadirkan spekulasi. Salah satu yang tidak kalah menarik adalah bagaimana Luffy akan kembali berlatih untuk meningkatkan kekuatannya. Jangka waktunya sendiri sedikit lebih pendek dari masa timeskip. Dan sosok yang akan mengajari Luffy adalah salah satu mantan anak buah dari Roger.

Spekulasi tersebut masih berkaitan dengan spekulasi kemungkinan Luffy yang akan bangkitkan Gear 6. Selain emosi dari Luffy yang bisa memicu kemunculan Gear 6, ada juga kemungkinan lainnya yang bisa terjadi. Misalnya, bagaimana Vegapunk bisa membantu Luffy untuk memunculkan Gear 6. Hal ini masuk akal mengingat Vegapunk tahu banyak mengenai buah iblis.

Seperti yang Geeks ketahui, vegapunk adalah sosok ilmuwan paling cerdas di dunia dan juga karakter penting di arc terbaru ini. Dengan kejeniusannya, Vegapunk tentu tahu tentang buah iblis dan juga DNA manusia. Dia sudah banyak mempelajari hal tentang manusia dan rekayasa genetika, yang mana tentunya hal tersebut bisa membantu Lufy untuk mengakses Gear 6.

garp gear 6 luffy

Jika kemudian Gear 6 memang benar-benar akan Oda hadirkan sebagai kekuatan terakhir dan sempurna Luffy, lalu seperti apa perwujudannya? Kemungkinan besar tidak akan ada perubahan atau perbedaan besar antara Gear 6 dan Gear 5. Dalam hal ini, Gear 6 bisa jadi akan memiliki banyak hal yang sama dengan Gear 5. Hanya saja semuanya jauh lebih baik. Misalnya, kekuatan elastisitas Luffy akan jauh lebih mengerikan.

Dalam salah satu spekulasi lain dijelaskan bahwa level elastisitas di Gear 6 ini akan sanggup memengaruhi ruang dan waktu. Kemudian, ukuran tubuh raksasa Luffy juga akan jadi jauh lebih besar dari apa yang kita lihat di Gear 5. Ukuran Luffy bisa sama dengan ukuran Sanjuan Wolf atau bahkan melebihanya. Untuk saat ini, semuanya masih sekedar spekulasi belaka namun bukan mustahil jika kemudian Oda mewujudkan hal tersebut.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.