Pertama kali diperkenalkan di Jepang pada tahun 1954, saat ini Godzilla telah menjadi salah satu ikon pop culture yang sangat terkenal di seluruh dunia. Sampai detik ini ada banyak sekali inkarnasi Godzilla yang telah disuguhkan kepada penggemar dari yang jahat sampai yang baik, entah itu versi Jepang maupun Hollywood. Sekarang Toho selaku studio Jepang pertama yang mempopulerkan karakternya, baru saja merilis poster dan teaser sekaligus mengumumkan film terbaru mereka yang berjudul Godzilla: Minus One.

Selain perusahaan film Lionsgate dengan waralaba MonsterVerse-nya, belakangan ini studio Toho juga memang tengah gencar kembali memproduksi film-film baru Godzilla. Shin Godzilla yang rilis tahun 2016 adalah salah satu film terakhir mereka yang berhasil membuktikan bahwa Godzilla asli Jepang tidak kalah mengerikan dari Godzilla Hollywood. Di mana bentuk dan kekuatan Godzilla biasanya lebih variatif, serta dihadirkan dengan alur cerita yang lebih fokus pada bencana yang dibawanya. Menariknya hal tersebut juga sudah bisa rasakan dari teaser dan poster sederhana film Godzilla: Minus One mendatang.

Godzilla Minus One

Pertama kali diumumkan pada tahun lalu, film Godzilla: Minus One sendiri digarap oleh sutradara Takashi Yamazaki yang juga menulis cerita dan mendesain karakternya. Film Godzilla teranyar ini akan membawa kita mundur ke belakang, tepatnya pasca perang Jepang, di mana Godzilla membawa ancaman yang lebih besar. Berdasarkan tagline di teasernya, kedatangan Godzilla akan membuat Jepang yang baru saja kehilangan segalanya harus mengalami keadaan minus alias jauh lebih terpuruk dari sebelumnya.

Alasannya sudah cukup jelas, karena Godzilla yang ukuran tubuhnya sangat masif dan perilakunya yang sangat buas akan meporak-porandakan Jepang. Terbukti dari langkah kakinya yang langsung menghancurkan jalan dan gedung-gedung di sekitarnya. Sekilas di akhir teaser kita bisa melihat penampakan Godzilla yang desainnya ternyata kurang lebih mirip seperti Godzilla era Heisei di mana wajahnya yang membulat terlihat sangat marah dengan taring-taring yang lebih besar serta menonjol di sekeliling mulutnya.

Apakah ini artinya Godzilla: Minus One akan kembali menceritakan kisah yang sama seperti film pertama Godzilla? Hanya waktu yang bisa menjawabnya. Namun dari apa yang sejauh ini sudah terlihat, sepertinya Toho memang ingin kembali mengingatkan penggemar bahwa Godzilla sejatinya adalah sebuah bencana biologis yang tidak kalah mengerikan dari tragedi bom atom di Hiroshima dan Nagasaki. Semua kengerian tersebut akan bisa kita saksikan saat film Godzilla: Minus One rilis perdana di bioskop global pada 1 Desember 2023.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.