Setelah terpilih sebagai pemimpin DC Studios, James Gunn melakukan banyak perubahan. Gunn pun telah mengumumkan reboot DCU, di mana jagat sinematik ini sekarang tidak akan lagi terhubung dengan jagat sinematik Zack Snyder. Superman: Legacy dipastikan sebagai film pertama yang akan rilis di reboot DCU, dan film tersebut akan menampilkan Superman yang jauh lebih muda, yang diperankan David Corenswet. Nah menariknya lagi, selain menghadirkan Superman, filmnya juga akan menghadirkan Mister Terrific, yang sudah dikonfirmasi baru-baru ini. Lantas siapa Mister Terrific? Cek fakta karakter Mister Terrific berikut ini!

Mereka yang Pernah Jadi Mister Terrific

Ada dua orang yang pernah mengemban gelar sebagai Mister Terrific. Nah Mister Terrific pertama adalah Terry Sloane, seorang pahlawan yang pertama kali muncul dalam Sensation Comics #1 di tahun 1942. Semasa hidupnya, Sloane telah melakukan banyak hal, mulai dari memerangi kejahatan, hingga membantu anak-anak yang kurang mampu. Oleh sebab itu Sloane mendapat julukan The Man of 1000 Talents. Sloane pernah menjadi anggota Justice Society of America dan All-Star Squadron sebelum akhirnya dia tewas di tangan musuh bebuyutan, Spirit King di tahun 1979. Kematian Sloane cukup untuk menginspirasi Michael Holt untuk meneruskan tugas Mister Terrific di tahun 1997, tepatnya dalam komik Spectre Vol. 3 #54, dan dia masih menjadi Mister Terrific hingga sekarang.

Kisah yang Kelam

Sebelum Holt menjadi Mister Terrific, dia sebenarnya berpikir untuk bunuh diri. Meskipun Holt memiliki kehidupan yang bisa dikatakan sukses, tetapi itu tidak membuatnya bahagia. Komik berjudul 52 edisi #39 mengungkap masa kecil Holt. Holt sebenarnya mulai terguncang ketika kakak laki-lakinya, Jeffery, meninggal pada usia 15 tahun. Diapun lahir dari keluarga yang tergolong miskin. Tetapi semua itu menjadi inspirasi bagi Holt untuk mencapai kesuksesan. Ditengah kesuksesannya, Holt kemudian menemukan cinta sejatinya, yaitu Paula. Sayangnya setelah terjadi pertengkaran, Paula terlibat dalam kecelakan mobil mengerikan, yang mengakibatkan Paula dan anaknya yang masih dalam kandungan juga tewas. Holt yang putus asa kemudian didekati oleh sebuah geng, dan Holt berharap agar mereka membunuhnya. Tetapi kemudian Holt diselamatkan oleh Spectre.

Manusia yang Genius

Sebelum menjadi superhero, Michael Holt memang memiliki kelebihan di atas rata-rata. Dia dianggap sebagai orang terpintar ketiga di DC Universe, berada di belakang Lex Luthor dan Bruce Wayne. Dalam komik JSA #13, terungkap bahwa Holt sudah mengerti tentang fisika sejak usia 6 tahun. Selain itu, Holt telah memperoleh total 14 gelar PhD di berbagai bidang medis dan ilmiah. Kecerdasan itulah yang menjadi modal bagi Holt untuk memulai perusahaan teknologi miliknya sendiri, yang membuatnya menjadi jutawan. Selain diberkahi dengan kegeniusan, Holt juga memiliki fisik di atas rata-rata. Dia pernah memenangkan Olimpiade yang sangat bergengsi.

Punya Banyak Teknologi Canggih

Fakta berikutnya dari Mister Terrific menyangkut tentang senjatanya. Seperti Batman dan Iron Man, Mister Terrific sebenarnya juga tidak memiliki kekuatan yang dahsyat. Sebaliknya, karakter ini mengandalkan kecerdasan dan sumber dayanya untuk memberantas kejahatan. Saat beraksi, Terrific menggunakan nano robots yang dia rancang sendiri untuk membantunya. Selain itu, Terrific juga pernah membuat T-Spheres, sebuah komputer berbentuk bola yang akan mengikuti Terrific kemanapun, seperti layaknya hewan peliharaan. Dengan teknologi tersebut, Mister Terrific dapat meretas komputer musuh, memproyeksikan hologram, dan menjadi alat komunikasi. Selain itu, teknologinya juga bisa membuat Terrific terbang, dan melindunginya dari peluru dan ledakan.

Rival Batman

Meskipun keduanya sama-sama pahlawan, tetapi Batman dan Mister Terrific memiliki rivalitas yang besar. Persaingan keduanya memang sudah berlangsung lama. Kedua karakter tersebut memiliki tingkat kecerdasan yang hampir sama, menjadikan mereka berhadapan head to head dalam urusan kepintaran. Selain itu, keduanya juga tidak memiliki kekuatan super. Holt biasanya digambarkan sebagai tokoh terkemuka di Justice Society of America, sedangkan Batman menjadi salah satu anggota terhebat di Justice League. Itu berarti, keduanya memang sejajar dalam berbagai hal. Menariknya lagi, ketika Holt memutuskan untuk pensiun dari dunia korporat, dia menjual perusahaannya, Cyberwear ke Wayne Enterprises, yang tentu saja dimiliki Bruce Wayne.

Keyakinan Holt

Holt menganggap dirinya sebagai Atheis, yang dia yakini setelah kematian istrinya, Paula. Mungkin itu berbanding terbalik dengan Paula, yang merupakan seorang Protestan yang taat. Pada hari kematiannya, Paula terlambat ke gereja akibat terjadi pertengkaran dengan Terrific. Dan setelah kecelakaan yang merenggut nyawa Paula, Terrific alias Holt menyalahkan dirinya sendiri, dan percaya bahwa jika Paula tidak menuju ke tempat beribadahnya, maka kecelakaan itu tidak akan terjadi. Sudah banyak pahlawan yang mencoba meyakinkan Holt untuk memegang kepercayaan, contohnya Jay Garrick, dan Ragman. Tetapi Holt dengan teguh mempertahankan ateismenya.

Dipilih Sebagai Pemimpin

Meski Terrific alias Holt merupakan superhero pendatang baru, tetapi dia mampu bersaing dengan nama-nama lainnya, hingga akhirnya dipilih sebagai pemimpin. Setelah Justice Society of America dibiarkan tanpa ketua setelah Sand pensiun dari peran tersebut, Mister Terrific kemudian dipilih untuk menggantikannya. Meskipun baru bergabung dalam tim, tetapi Terrific mampu mengatasi banyak masalah yang ada di kubu JSA. Terrific mempertahankan posisinya sebagai ketua JSA hingga tahun 2007, dan ketika itu dia menyerahkan kepemimpinannya kepada Power Girl. Dan setelah itu, dia pun mengambil posisi lainnya dalam Checkmate, sebuah kelompok mata-mata yang dikembangkan oleh Amanda Waller.

Beraksi Dibelakang Layar

Selain beraksi di depan layar, Mister Terrific alias Holt juga beraksi di belakang layar. Setelah menjelajahi Earth-2, Holt membentuk Totality, kelompok berisi para jenius elit yang bertekad untuk melindungi realitas dari multiverse. Dia juga mengembangkan Terrific Council, sekelompok pemikir cerdas yang bertugas untuk membantu memecahkan masalah. Selain itu, dia juga sering membuat badan amal, yang bertujuan untuk membantu mereka yang membutuhkan. Holt juga pernah meminjamkan kecerdasannya yang luar biasa kepada perusahaan seperti Tylerco, dengan imbalan mereka mendanai badan amalnya, yang dijelaskan dalam komik JSA #5.

Itulah dia Geeks beberapa fakta menarik dari karakter Mister Terrific alias Michael Holt. Dan dalam beberapa tahun kedepan, kita akan segera melihat debut live action Terrific dalam DCU. Kita nantikan saja ya Geeks penampilannya nanti.

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/