Setelah lima belas tahun berdedikasi untuk menceritakan kisah-kisah superhero, saat ini Marvel Cinematic Universe telah menjadi salah satu waralaba raksasa di industri perfilman Hollywood. Di mana sejauh ini mereka telah mencetak banyak sekali film dan series live action yang dibintangi oleh jajaran aktor dan aktris berbakat. Namun sadarkah kalian Geeks, dalam perjalanan panjang MCU ternyata ada beberapa karakter besar sekaligus penting yang mengalami pergantian pemeran. Khusus pada pembahasan kali ini kita akan mengulas siapa saja karakter besar MCU yang ganti pemeran karena berbagai alasan!

War Machine

karakter mcu ganti pemeran

Karakter paling pertama dalam sejarah MCU yang ganti pemeran adalah James ‘Rhodey’ Rhodes alias War Machine. Debut di film Iron Man yang rilis tahun 2008, Rhodey dikenal sebagai sahabat Tony Stark (Robert Downey Jr) yang bekerja sebagai pilot sekaligus perwira Angkatan Udara Amerika Serikat. Di mana dia tercatat telah menyelesaikan 138 misi pertempuran udara sebelum mengenakan armor War Machine pemberian sahabatnya. Karakternya sendiri sempat diperankan oleh Terrence Howard di film pertama Iron Man.

Namun ketika film kedua Iron Man tayang pada tahun 2010, semua penggemar setia MCU akhirnya tahu bahwa aktor Don Cheadle telah resmi menggantikan Howard. Mirisnya, Howard sendiri belum pernah terlihat mengenakan armor War Machine, karena karakter Rhodey memang baru memakainya di film Iron Man 2. Alasan mengapa karakter War Machine bisa ganti pemeran diduga kuat karena masalah kontrak yang tidak kunjung disepakati oleh kedua pihak saat penggembangan sekuel Iron Man.

Bertahun-tahun kemudian, dalam salah satu sesi wawancaranya Howard pernah mengungkapkan kepada publik bahwa dia merasa dikhianati oleh Marvel Studios yang telah menghancurkan karier aktingnya. Di sisi lain Marvel membela diri bahwa Howard meminta bayaran yang sama dengan RDJ, sehingga mereka terpaksa menggantikannya. Sejak saat itulah Cheadle berperan sebagai War Machine di banyak tayangan MCU, termasuk yang terbaru di series Secret Invasion yang saat ini tengah tayang di Disney+.

Hulk

karakter mcu ganti pemeran

Di antara para karakter MCU yang ganti pemeran, Bruce Banner alias Hulk mungkin adalah pergantian yang paling mengejutkan bagi penggemar. Bagaimana tidak, karakter yang pertama kali diperankan oleh aktor Edward Norton ini sebenarnya telah berhasil membuat MCU makin dikenal di seluruh dunia lewat film The Incredible Hulk yang tayang perdana pada tahun 2008. Di filmnya Bruce diceritakan harus berhadapan dengan supervillain tangguh bernama Abomination (Tim Roth) yang kini telah bertobat.

Namun siapa sangka ketika Marvel Studios berencana kembali menghadirkan karakternya di film crossover The Avengers (2012), mereka justru mengganti pemerannya dengan aktor Mark Rufallo. Menurut kabar yang beredar alasan mengapa Norton tidak mengulang perannya sebagai Hulk adalah karena dia sempat terlibat perselisihan dengan Marvel Studios. Di mana Marvel merasa Norton terlalu ikut campur dalam tahap produksi film The Incredible Hulk sampai membuat sutradara Louis Leterrier merasa kurang nyaman.

Perselisihan tersebut pada akhirnya membuat Marvel mengeluarkan pernyataan bahwa mereka lebih menginginkan aktor yang bisa selaras dengan semangat para sineas MCU khususnya di film The Avengers yang melibatkan banyak kru serta pemeran. Untungnya penampilan Rufallo di MCU terbilang cukup ikonis, sehingga seiring dengan berjalannya waktu penggemar mulai lupa bahwa Bruce Banner alias Hulk pernah diperankan aktor lain.

Fandral

Karakter MCU selanjutnya yang tercatat ganti pemeran di tayangan sekuel adalah Fandral, salah satu Warriors Three alias Trio Asgardian yang sering terlihat bersama Thor (Chris Hemsworth). Karakter Fandral sendiri pertama kali tampil di film Thor yang rilis tahun 2011, bersama anggota Warriors Three lainnya yaitu Volstagg (Ray Stevenson) dan Hogun (Tadanobu Asano). Tadinya karakter Fandral akan diperankan oleh aktor Zachary Levi di film pertama, tetapi kerena dia sibuk akhirnya perannya diambil alih oleh Josh Dallas.

Nah ketika penggemar sudah cukup familier dengan Dallas sebagai pemeran Fandral, dia justru digantikan lagi di sekuel Thor yang berjudul The Dark World (2013). Di mana yang menggantikannya tidak lain adalah Zachary Levi. Alasan pergantian pemerannya sendiri dikarenakan memang sejak awal Dallas hanya menandatangani kontrak untuk film pertamanya saja. Sehingga ketika Marvel menggarap sekuel Thor, mereka kembali pada pilihan pertama yang Levi yang kali ini sudah bisa meluangkan waktunya.

Sejak saat itulah Levi terus memerankan karakternya, sampai akhirnya Fandral diceritakan tewas di film ketiga yang berjudul Thor: Ragnarok (2017). Ajaibnya dua tahun kemudan Fandral bereinkarnasi menjadi superhero Shazam di jagat sinema DC Universe, just kidding. Faktanya peran Fandral di MCU memang secara tidak langsung telah mengantarkan Levi untuk mendapatkan peran yang lebih besar di film DC sebagai versi superhero Billy Batson, yang terakhir kali tampil di film Shazam! Fury of the Gods (2023).

Cassie Lang

karakter mcu ganti pemeran

Dalam jagat sinema MCU, Cassie Lang bisa dibilang adalah salah satu karakter yang baru mendapatkan sorotan di film Ant-Man and the Wasp Quantumania (2023). Di mana anak Scott Lang alias Ant-Man ini diperankan secara brilian oleh aktris Kathryn Newton yang sebelumnya tidak pernah tampil dalam film MCU mana pun. Hal tersebut bisa terjadi karena sebelum ganti pemeran, karakter MCU ini lebih dahulu diperankan oleh aktis cilik Abby Ryder Fortson di film pertama Ant-Man (2015) dan Ant-Man and the Wasp (2018).

Kemudian di film Avengers: Endgame (2019) karena ada timeskip sekitar lima tahun, Ryder Fortson diganti oleh aktris Emma Fuhrmann. Nah walaupun usianya lebih sesuai dengan Fuhrmann pada saat itu, ternyata Marvel Studios memutuskan untuk kembali mengganti pemeran Cassie oleh Newton di Quantumania. Alasannya karena menurut studio Newton lebih siap untuk memerankan karakter yang lebih besar, di mana Cassie memang untuk pertama kalinya diceritakan menjadi superhero remaja dengan kostum Stature.

Bukan tidak mungkin nanti ketika karakter Cassie alias Stature kembali, Newton akan mengulang perannya entah itu di film Avengers: The Kang Dynasty atau di film MCU lainnya. Yang jelas untuk sekarang memang banyak yang berspekulasi bahwa karakter Cassie akan punya porsi yang lebih besar pada masa mendatang, mengingat di komiknya dia mempunyai hubungan dekat dengan Nathaniel Richards muda alias Kang the Conqueror, yang saat ini menjabat sebagai big bad villain Multiverse Saga.

Thunderbolt Ross

karakter mcu ganti pemeran

Terakhir, karakter yang resmi ganti pemeran di MCU adalah Thaddeus ‘Thunderbolt’ Ross. Sebelumnya jenderal Amerika yang juga dikenal sebagai ayah Betty Ross ini diperankan oleh aktor William Hurt di lima film MCU. Termasuk di film The Incredible Hulk, Captain America: Civil War (2016), Avengers: Infinity War (2018), Avengers: Endgame, dan Black Widow (2021). Sayangnya pada tahun 2022 lalu aktor William Hurt meninggal dunia karena penyakit kanker prostat yang dideritanya.

Tidak lama setelah kabar meninggal dunia Hurt tersebar, Marvel yang merasa karakter Ross tidak bisa dibiarkan kosong terlalu lama terpaksa menggantinya dengan aktor veteran Harrison Ford. Sampai detik ini Ford setidaknya telah ditetapkan untuk tampil di film Captain America: Brave New World dan Thunderbolts yang dijadwalkan untuk rilis pada 26 Juli 2024 dan 20 Desember 2024 secara berurutan. Menurut rumor, saat ini Ford sendiri tengah bersiap untuk muncul sebagai Red Hulk seperti kisah Ross di komiknya.

Itulah lima karakter MCU yang saat ini telah ganti pemeran. Pergantian pemeran di MCU ini awalnya memang cukup mengejutkan, tetapi di sisi lain hal tersebut justru memberikan kesempatan bagi para aktor lain untuk membawa pendekatan baru dalam menghidupkan karakternya dengan cara yang unik. Akhirnya, yang terpenting adalah kualitas penampilan karakter yang terus dijaga agar tetap sesuai dengan MCU secara keseluruhan.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.