Dalam industri komik, ternyata ada berbagai rahasia tersembunyi yang mungkin tidak banyak diketahui atau ditemukan para pembacanya. Rahasia tersembunyi itu hanya bisa ditemukan jika para pembacanya benar-benar memperhatikan detail yang ada dalam setiap panelnya. Tidak jarang rahasia tersembunyi itu baru akan disadari atau ditemukan dalam beberapa tahun yang akan datang.

Dunia komik memang sangat menarik karena hampir tidak ada batasan yang bisa ceritanya hadirkan. Mereka bisa membangkitkan orang yang sudah mati dan sebagainya. Namun, yang juga tidak kalah menarik adalah ternyata ada rahasia tersembunyi yang sengaja diselipkan oleh para penulis atau pengarang ceritanya. Meskipun terkadang rahasia tersebut biasanya berupa pesan yang biasa, tidak jarang rahasia di dunia komik tersebut memengaruhi keseluruhannya.

10DC Ejek Marvel

Sudah tidak asing lagi jika cerita tentang persaingan antara Marvel dan DC terjadi sejak puluhan tahun lalu, bahkan hingga sekarang. Tidak jarang memang mereka juga melakukan sebuah kolaborasi. Namun, yang paling sering terjadi adalah bagaimana keduanya saling bersaing. Salah satu bukti persaingan ini adalah bagaimana ketika DC berusaha untuk mengejek Marvel Comics.

Dalam cerita di komik the League of Extraordinary Gentlemen #5, terdapat sebuah panel yang memperlihatkan iklan sebuah alat untuk wanita di mana ada kata “Marvel” dalam iklan tersebut. Kemudian, dalam cerita di komik Top 10 muncul sebuah headline koran dalam salah satu panel yang menuliskan “Miracle Douche Recall.” Tulisan tersebut merujuk pada iklan alat wanita dibuat oleh perusahaan Marvel. Hal ini membuat petinggi DC Comics memutuskan untuk menghancurkan komik yang sudah beredar dan mencetak ulang dengan mengganti kata “Marvel” menjadi “Amaze.” Diketahui ternyata Alan Moore, sang pengarang Top 10 dan TLOEG memiliki perselisihan dengan pihak Marvel Comics.

Kembali
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.