Dalam industri komik, ternyata ada berbagai rahasia tersembunyi yang mungkin tidak banyak diketahui atau ditemukan para pembacanya. Rahasia tersembunyi itu hanya bisa ditemukan jika para pembacanya benar-benar memperhatikan detail yang ada dalam setiap panelnya. Tidak jarang rahasia tersembunyi itu baru akan disadari atau ditemukan dalam beberapa tahun yang akan datang.

Dunia komik memang sangat menarik karena hampir tidak ada batasan yang bisa ceritanya hadirkan. Mereka bisa membangkitkan orang yang sudah mati dan sebagainya. Namun, yang juga tidak kalah menarik adalah ternyata ada rahasia tersembunyi yang sengaja diselipkan oleh para penulis atau pengarang ceritanya. Meskipun terkadang rahasia tersebut biasanya berupa pesan yang biasa, tidak jarang rahasia di dunia komik tersebut memengaruhi keseluruhannya.

9Tulisan Carla

Sosok Jim Lee sepertinya memang adalah seorang pria yang cinta dengan keluarganya, terutama sang istri, Carla. Saking cintanya, Jim Lee menyelipkan kata dari nama sang istri dalam halaman sampul komik Superman Unchained dan di salah satu halaman dari komik Justice League #5. Tulisannya sendiri akan sangat sulit untuk ditemukan secara sekilas. Perlu momen yang cukup lama untuk menyadari bahwa itu adalah sebuah tulisan.

Dalam Justice League #5, terdapat adegan Batman yang melompat menuju sebuah mobil. Dalam panel tersebut terdapat retakan kaca mobil yang mana secara sekilas mungkin Geeks tidak akan melihat ada ahal aneh dari retakan tersebut. Namun, jika diperhatikan dengan lebih seksama retakan di kaca mobil tersebut bertuliskan “I love Carla.” Hal ini tentunya cara yang menarik untuk menyatakan perasaan kepada pasangan.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.