Dalam kehidupan manusia ciuman adalah momen romantis yang biasanya dimaksudkan untuk menggabarkan kasih sayang seseorang terhadap pasangannya. Di industri perfilman Hollywood sendiri adegan ciuman sering kali dijadikan sorotan utama untuk menyampaikan kepada penonton tentang suatu hubungan yang sangat dekat. Beberapa adegan tesrsebut bahkan telah memecahkan rekor dan menjadi hal yang cukup ikonis dalam sejarah perfilman. Dalam artikel ini, kita akan mengulas lima rekor ciuman dalam sejarah Hollywood yang sampai hari ini mungkin membekas dalam ingatan para penontonnya!

Ciuman Paling Pertama – The Kiss (1896)

Rekor ciuman hollywood

Pada era film bisu, The Kiss adalah salah satu film pendek yang cukup fenomenal dan berhasil menorehkan sejarah dalam industri perfilman Hollywood. Film dari sutradara William Heise yang dipersembahkan untuk penemu Thomas Edison ini hanya berdurasi sekitar 18 detik. Di mana selama durasi tersebut filmnya memperlihatkan adegan ciuman yang dilakukan oleh May Irwin dan John Rice sebagai bagian dari ending panggung musikal The Widow Jones. Dunia Hollywood mencatatnya sebagai rekor ciuman paling pertama yang ditampilkan di film layar lebar sekitar 127 tahun yang lalu.

Ciuman Antar Bangsa – Guess Who’s Coming to Dinner (1967)

Rekor ciuman hollywood

Tahukah kalian Geeks, bahwa zaman dahulu ternyata ada masanya di mana adegan ciuman antar bangsa dianggap sesuatu yang tabu untuk diperlihatkan di layar lebar. Stigma tersebut pada akhirnya dipatahkan oleh film berjudul Guess Who’s Coming to Dinner yang berhasil memecahkan rekor untuk adegan ciuman antar bangsa paling pertama dalam sejarah Hollywood. Film bergenre drama komedi ini bercerita tentang perjuangan wanita kulit putih Joanna Drayton (Katharine Houghton) dan dokter kulit hitam John Prentice (Sidney Poitier) dalam menepis rasisme yang dilayangkan orang-orang di sekitarnya.

Ciuman Antar Spesies – Planet of the Apes (1968)

Rekor ciuman hollywood

Setahun setelah ciuman antar bangsa disambut dengan baik oleh para penggemar Hollywood, film Planet of the Apes berhasil memecahkan rekor lain yang lebih mindblowing, di mana filmnya pertama kali memperlihatkan ciuman antar spesies. Terinspirasi dari novel berjudul sama yang rilis pada tahun 1963, film dari sutradara Franklin J. Schaffner ini berfokus kepada para astronaut yang pesawatnya jatuh di planet yang berisi primata cerdas. Dalam salah satu premisnya, seorang astronaut bernama George Taylor (Charlton Heston) diceritakan jatuh cinta kepada seorang primata bernama Dr Zira (Kim Hunter)

Ciuman Beda Usia Terjauh – Harold and Maude (1971)

Film selanjutnya yang berhasil memecahkan rekor adegan ciuman dalam sejarah Hollywood adalah Harold and Maude. Plot filmnya bercerita tentang hubungan tabu antara seorang remaja berusia 20-an yang kecewa dengan kehidupannya dengan seorang wanita 80-an yang suka bersenang-senang. Hubungan romantis yang dilakukan oleh kedua karakter utamanya melahirkan adegan ciuman dengan perbedaan usia terjauh, yaitu 60 tahun. Sampai sekarang belum ada film lain yang bisa melampaui rekornya, dan yang patut diacungi jempol adalah profesionalitas yang dijunjung tinggi oleh kedua aktornya.

Ciuman Terlama – Kids in America (2005)

Rekor ciuman hollywood

Terinspirasi dari peristiwa nyata, Kids In America adalah sebuah film bergenre komedi tentang sekelompok siswa SMA dari berbagai latar belakang yang bersatu untuk memperjuangkan hak serta martabat pribadi mereka. Nah salah satu premis di film garapan sutradara Josh Stolberg ini berfokus pada hubungan antara karakter Holden Donovan (Gregory Smith) dan Charlotte Pratt (Stephanie Sherrin). Di mana mereka ternyata berhasil memecahkan rekor ciuman terlama dalam sejarah Hollywood, yaitu 6 menit 44 detik. Sekarang setelah 18 tahun berlalu, masih belum ada adegan di film lain yang merebut rekornya.

Itulah lima rekor adegan ciuman dalam sejarah perfilman Hollywood yang sampai hari ini masih belum tergantikan. Rekor-rekor ini secara tidak langsung telah menciptakan banyak momen ikonis yang memicu perubahan dalam industri perfilman. Di mana pada akhirnya adegan-adegan tersebut dianggap telah berhasil menghadirkan romansa yang membuat film-film Hollywood menjadi tak terlupakan sampai hari ini.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.