Sebuah film terkadang memiliki beberapa alur cerita akhir atau ending yang berbeda alias mereka memiliki alternatif ending. Hal ini bisa terjadi karena berbagai faktor atau alasan, misalnya cerita akhir tersebut kurang memuaskan, kurang diterima oleh para penonton, tidak sesuai dengan alur cerita, dan sebagainya. Alternatif ending di sebuah film tersebut menghadirkan sebuah cerita akhir yang berbeda.

Dalam sebuah proyek film biasanya orang-orang di balik layar berusaha untuk menghadirkan sebuah cerita yang menarik. Dan hal ini pun tentunya termasuk menghadirkan sebuah akhir cerita yang bisa memberikan kenangan yang manis bagi para penonton. Namun, tidak jarang film tersebut juga menghadirkan alternatif ending seperti beberapa judul berikut ini.

2I Am Legend

Salah satu film populer dan ikonik dari era awal 2000an. I Am Legend merupakan film yang dibintangi oleh Will Smith dan merupakan adaptasi dari novel karya Richard Matheson dengan judul yang sama. Ceritanya sendiri berfokus pada sosok Dr. Robert Neville yang merupakan manusia terakhir di bumi, setelah bumi diserang sebuah virus mematikan yang membuat mereka menjadi Darkseekers.

Di akhir filmnya, sang dokter tersebut mengorbankan diri ketika para Darkseekers menyerang tempat tinggalnya. Yang menarik adalah alternatif ending dari film ini, yang awalnya hendak jadi cerita akhir filmnya, memperlihatkan monster yang menyerang sang dokter sebenarnya berusaha untuk menyelamatkan spesiesnya dari sang dokter yang menjadikan mereka subyek uji coba. Monster tersebut tidak berusaha untuk menghabisi nyawa sang dokter. Namun, will Smith yang kemudian ingin karakternya menjadi seperti yang kita lihat di filmnya.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.