Sebuah film terkadang memiliki beberapa alur cerita akhir atau ending yang berbeda alias mereka memiliki alternatif ending. Hal ini bisa terjadi karena berbagai faktor atau alasan, misalnya cerita akhir tersebut kurang memuaskan, kurang diterima oleh para penonton, tidak sesuai dengan alur cerita, dan sebagainya. Alternatif ending di sebuah film tersebut menghadirkan sebuah cerita akhir yang berbeda.

Dalam sebuah proyek film biasanya orang-orang di balik layar berusaha untuk menghadirkan sebuah cerita yang menarik. Dan hal ini pun tentunya termasuk menghadirkan sebuah akhir cerita yang bisa memberikan kenangan yang manis bagi para penonton. Namun, tidak jarang film tersebut juga menghadirkan alternatif ending seperti beberapa judul berikut ini.

3Army of Darkness

Army of Darkness merupakan film ketiga dari trilogi Evil Dead karya Sam Raimi. Filmnya mengisahkan tentang seorang kasih bernama Ash yang tidak sengaja terlempar ke abad pertengahan. Dia dipaksa harus mendapatkan Book of the Dead atau Necronomicon dan ikut pertempuran menghadapi para pasukan mayat hidup agar bisa kembali ke masanya. Dalam versi filmnya, Ash diperlihatkan kembali ke masanya dengan menggunakan kitab atau buku tersebut.

Namun, dalam versi alternatif ending sosk Ash diperlihatkan gagal dalam mengucapkan mantra yang dia ucapkan. Hal tersebut membuat Ash akhirnya tidak bisa kembali ke masanya dan justru terlempar ke masa yang lain. Banyak yang beranggapan bahwa ending alternatif ini lebih menarik dari versi theatricalnya, sehingga sangat disayangkan alternatif ending ini tidak munculdi filmnya.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.