Penggemar superhero pasti tahu bahwa DC Comics memiliki sejumlah karakter ikonis yang sering muncul di layar lebar. Misalnya Superman, Batman, Booster Gold, dan Swamp Thing yang ke depannya akan mendapatkan tayangan baru di jagat sinema DC Universe. Namun tahukah kalian, selain mereka ternyata ada juga beberapa superhero dan supervillain dari komik yang tidak bisa dihadirkan di film ataupun series. Hal tersebut bisa terjadi karena hak siar dari para karakternya sudah tidak lagi dimiliki lagi oleh DC. Nah dalam artikel ini kami akan membahas tujuh karakter komik yang dilarang tampil di DC Universe!

Elvira

Pertama kali diperkenalkan di komik DC berjudul The House of Mystery, karakter Elvira digambarkan sebagai seorang penjaga markas Justice League Dark yang disebut House of Mystery. Meskipun hanya seorang manusia, tetapi Elvira sering terlihat dengan dandanan horor mirip seperti istri Frankenstein. Hal tersebut bahkan didukung dengan kemampuan sihir serta menceritakan kisah-kisah menakutkan. Sayangnya Elvira hanya sempat muncul setahun, sebelum akhirnya DC ‘membuang’ hak siarnya. Itulah mengapa sekarang dia termasuk karakter komik yang dilarang tampil di tayangan DC Universe dalam bentuk apa pun.

Liandra

karakter DC dilarang

Liandra adalah superheroin dari komik Fallen Angel yang pertama kali diterbitkan DC Comics melalui anak perusahaannya yang disebut Vertigo. Nah dari sekian banyak karakter Vertigo, Liandra sebenarnya bisa dibilang cukup beruntung karena diberikan kesempatan untuk mengambil inspirasi dari cerita-cerita DC utama. Walaupun tidak dijelaskan secara gamblang, tetapi penulis Peter David dan ilustrator David Lopez berhasil membuat penggemar percaya bahwa Liandra merupakan versi alternatif Supergirl. Sayangnya karena DC membatalkan komiknya dan sekarang Fallen Angel telah resmi pindah ke IDW Publishing, itu artinya karakter Liandra dilarang untuk muncul di film maupun series DC.

Captain Action

karakter DC dilarang

Karakter selanjutnya yang dilarang beraksi di film DC Universe karena hak siar adalah Captain Action. Pada tahun 1960-an, Captain Action adalah karakter komik yang menjadi bagian dari waralaba G.I. Joe, di mana dia dikenal sebagai superhero berpenampilan militer yang pada bagian dadanya terdapat lambang bertuliskan ‘CA’. DC sendiri pernah meminjam hak siarnya pada tahun 1968 dan kemudian menghadirkan beberapa karakter ikonis ke dalam komiknya, seperti Superman. Setelah merilis beberapa komik Captain Action yang kurang begitu populer, sepertinya pada akhirnya DC memutuskan untuk mengembalikannya lagi ke pemilik sebelumnya.

Doc Savage

karakter DC dilarang

Doc Savage adalah karakter pop culture yang pernah berusaha dimiliki oleh banyak penerbit di Amerika, salah satunya Marvel yang pernah membeli hak siarnya untuk memunculkan karakternya di Marvel Universe. Kemudian setelah lepas dari Marvel, DC juga pernah mengambil alih hak siarnya pada tahun 2000-an dan merilis komik dengan karakter Doc Savage yang berjudul First Wave. Dalam salah satu kisah DC-nya Doc Savage bahkan pernah secara tidak sengaja berhadapan dengan Batman. Sama seperti Marvel, pada akhirnya DC juga tidak memperpanjang hak siar Doc Savage, sehingga bisa dibilang saat ini dia dilarang untuk dimunculkan dalam cerita DC Universe.

Shadow

karakter DC dilarang

Sama seperti Doc Savage, Shadow juga merupakan karakter yang pernah berkolaborasi dengan Batman, tetapi sekarang dilarang untuk tampil dalam cerita DC mana pun termasuk film. Alasannya karena sekarang DC tidak berhak atas karakternya setelah tidak memperpanjang hak siarnya pada tahun 2010-an. Padahal dalam sejarahnya, DC terbilang cukup sering menghadirkan karakternya dalam cerita populer yang rilis pada pertengahan 1970-an dan akhir 1980-an. Shadow sendiri adalah seorang detektif yang kemampuan deduksi dan bertarungnya digadang-gadang dapat menandingi sang Dark Knight DC.

Shield

karakter DC dilarang

Shield adalah superhero populer yang pertama kali diciptakan Archie Comics pada tahun 1940. Di mana dia dapat dengan mudah dikenal dari kostum dan jiwa patriotnya yang sangat mencerminkan Amerika. Meskipun banyak yang menyebutnya mirip seperti Captain America dari Marvel, faktanya Shield debut lebih dahulu sebagai pahlawan pada era Perang Dunia II. Pada tahun 2010-an, Archie pernah meminjamkan hak siarnya pada DC yang kemudian melahirkan komik DC berjudul The Shield dengan supervillain Mangog sebagai salah satu karakternya. Namun karena sekarang hak siarnya telah kadaluarsa, jadi DC dilarang memunculkan karakter Shield di film atau series DC Universe mendatang.

Thunderbolt

Sebelum sebesar sekarang, pada tahun 1980-an DC pernah mengalami kompetisi yang cukup panas dengan penerbit Charlton Comics. Nah penerbit inilah yang pertama kali menciptakan karakter populer seperti Blue Beetle, Captain Atom, dan Peter Cannon alias Thunderbolt. Untuk meredakan persaingan, DC lantas membeli perusahaan Charlton dan mengambil alih semua karakternya. Sayangnya hal tersebut tidak terjadi kepada superhero Thunderbolt yang memiliki kekuatan dan kecerdasan super, karena hak siarnya kembali pada penulisnya Peter A. Morisi. Itulah mengapa walaupun DC Universe bisa menghadirkan karakter Charlton seperti Blue Beetle, tetapi mereka dilarang menampilkan Thunderbolt.

Demikianlah tujuh karakter komik yang sulit untuk ditampilkan dalam film atau series DC. Terlepas dari hak siar yang tampaknya sudah tidak dimiliki oleh DC, sebenarnya banyak pengemar yang berharap para karakter unik ini bisa muncul dalam film-film mendatang. Apalagi di tangan DC Studios, jagat sinema baru DC sudah dipastikan akan menghadirkan para karakter menarik yang kurang populer, seperti The Authority, Creature Commandos, dan lain sebagainya. Semuanya hanya bisa terwujud jika DC mau membeli kembali hak siarnya, di mana hal tersebut sangat kecil kemungkinannya.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.