Marvel Cinematic Universe alias MCU sering menghadirkan berbagai konsep menarik untuk filmnya, tetapi ada juga beberapa ide yang akhirnya gagal tayang. Sedari awal, MCU berada dalam posisi yang unik di industri perfilman Hollywood. Jagat sinematik yang dibangun oleh Marvel Studios ini sudah menghadirkan 30 judul film dan delapan judul TV series.

Muncul pertama kali pada 2008, MCU sudah berjalan selama lebih dari satu dekade. Mereka menghadirkan banyak ide-ide menarik yang direalisasikan dalam berbagai film-film tersebut. Namun, dengan sekian banyak ide yang muncul untuk MCU tidak semuanya bisa diaplikasikan. Ada juga beberapa konsep yang akhirnya tidak digunakan dan gagal tayang karena berbagai alasan. Berikut adalah berbagai konsep MCU yang gagal tayang.

10Robot Arnim Zola

Arnim Zola bisa dianggap sebagai salah satu villain yang underrated di MCU. Karakternya sendiri diperankan oleh Toby Jones. Arnim terlibat dalam berbagai peristiwa penting di MCU, mulai dari membentuk kembali HYDRA sampai merubah Bucky Barnes menjadi Winter Soldier. Arnim Zola muncul terakhir kali di film Captain America: The Winter Soldier.

Yang menarik adalah dalam sebuah concept art yang dibagikan oleh Josh Nizzi, karakter Arnim Zola sebenarnya hampir saja muncul di film Ant-Man. Dia juga muncul dengan menggunakan penampilan yang baru yaitu dengan tubuh robot. Namun, sayangnya, pada akhirnya konsep ini batal tayang di film MCU tersebut.

Kembali
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.