Belakangan ini industri perfilman Hollywood tengah diterpa sejumlah masalah produksi karena protes dan mogok kerja Writers Guild of America. Aksi solidaritas sejumlah penulis membuat banyak produksi series dan film ditunda sampai tuntutan mereka terkait kontrak kerja yang lebih baik bisa terpenuhi. Sekarang hal yang sama juga mulai dilakukan oleh Screen Actor Guild, di mana protes dari para aktor Hollywood ini berpotensi menunda produksi proyek besar lainnya termasuk film crossover Avengers 5: The Kang Dynasty.

Avengers The Kang Dynasty, atau yang sering disebut juga Avengers 5, merupakan salah satu proyek mendatang Marvel Cinematic Universe yang digadang-gadang akan menjadi kisah penentu Multiverse Saga. Dengan Kang the Conqueror sebagai big bad villain yang harus dihadapi oleh para anggota baru Avengers, termasuk Captain America Sam Wilson yang diperankan oleh Anthony Mackie. Nah baru-baru ini Mackie mengungkapkan bahwa tuntutan dari Screen Actor Guild mau tidak mau harus dipenuhi jika Marvel Studios ingin produksi Avengers 5 berjalan sesuai rencana.

produksi Avengers Kang Dynasty

Saat tengah melakukan promosi series terbarunya yang berjudul Twisted Metal dengan Inverse, Anthony Mackie menjelaskan kemungkinan yang bisa terjadi jika Marvel Studios dan para aktor tidak berhasil mencapai kesepakatan. Menurutnya studio mungkin harus mengganti para aktor MCU dengan YouTuber. “Ini merupakan sesuatu yang buruk jika kami melakukan pemogokan [kerja]. Studio harus memenuhi [permintaan kami]. Kecuali jika mereka mau memakai para YouTubers untuk membuat Avengers 5!” ungkapnya.

Aktor yang baru saja merampungkan syuting film Captain America: Brave New World ini melanjutkan komentarnya dengan mengkritik cara kerja sejumlah studio film di Hollywood. “Ketika studio-studio dibeli oleh perusahaan besar, kami (para aktor) merasa dirugikan. Ini sudah bukan lagi seni. Sudah tidak menarik, dan bukan pekerjaan yang menyenangkan. Ini hanya tentang pembagian keuntungan dari para pemegang saham. Secara tidak langsung mereka telah menjarah industri. Ini seperti kanibalisme,” tambah Mackie.

Mendengar pernyataan tegas dari Anthony Mackie ini sepertinya dia berusaha mewakili para koleganya di industri Hollywood. Dan yang terburuk dari semuanya, setelah para penulis melakukan aksi solidaritas dengan mogok kerja, sekarang cepat atau lambat para aktor juga mungkin akan melakukan hal yang sama. Dampaknya banyak produksi film lainnya yang berpotensi ditunda, termasuk Avengers 5 yang sangat penggema antisipasi. Apakah filmnya akan tetap tayang tahun 2026? Hanya waktu yang bisa menjawabnya.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.