Sosok Koby kemungkinan adalah karakter dari penerus Monkey D Garp dalam alur cerita One Piece yang akan datang. Nama Koby adalah salah satu karakter yang ikonik dan unik dalam series ini. Koby merupakan karakter yang muncul di awal cerita di mana dia sempat menjadi tawanan dari kelompok bajak laut Alvida.

Beruntung, Luffy kemudian muncul secara tidak sengaja di kapal tersebut dan menyelamatkan Koby dari tawanan Alvida. Pasca arc tersebut sosok Koby tidak lagi muncul sampai di arc Water Seven di mana dia muncul sebagai salah satu angkatan laut dan bawahan dari Garp. Dalam arc Egghead sendiri, sosok Koby kini kembali menjadi sorotan yang membuat para fans berpendapat jika dia adalah penerus dari Garp.

Perkembangan Karakter Koby

Bisa dikatakan jika Koby adalah salah satu karakter sampingan yang perkembangan karakternya cukup pesat dalam cerita One Piece ini. Pada awalnya, Koby merupakan sosok anak kecil yang penakut dan cengeng. Pertemuannya dengan Luffy membuat hidup dari Koby berubah di mana sang kapten dari kru Topi Jerami memberikan inspirasi bagi Koby untuk menjadi kuat.

Bagaimana kemudian Koby berada di bawah pengawasan dari Garp ketika dia menjadi angkatan laut juga memberikan pengaruh besar terhadap perkembangan karakternya. Yang paling terasa tentunya adalah rasa percaya diri, kekuatan, dan hal lainnya. Meskipun dia sudah jauh bertambah kuat dan berani, namun dia tetap menjadi sosok yang sopan dan penuh perhatian.

Perubahan besar yang juga Koby alami, selain dalam bentuk fisik, adalah rasa keadilannya (sense of justice). Karena berada dalam pengawasan dari sosok Garp, hal ini pun memberikan pengaruh besar terhadap cara berpikir dan sifat dari Koby. Berbeda dengan para angkatan laut lainnya, Koby menganut keadilan moral yang selama ini dianut oleh Garp dan sedikit angkatan laut lainnya.

Hal ini bisa kita lihat bagaimana Koby berusaha untuk menjadi sosok angkatan laut yang baik, dengan tidak melakukan tindakan kekerasan atau melakukan eksploitasi terhadap para penduduk. Koby juga tidak pernah melakukan tindakan yang sembrono, di mana justru dia berusaha untuk menetralkan situasi. Contohnya ketika dia berusaha menghentikan pertempuran di Marineford.

Koby Penerus Garp

Monkey D Garp tidak perlu diragukan lagi adalah salah satu karakter penting dan populer dalam universe One Piece. Dia begitu disanjung dan dihormati oleh pihak angkatan laut dan bahkan memiliki julukan sebagai pahlawan angkatan laut. Dari segi kekuatan, Garp juga merupakan salah satu karakter yang memiliki kekuatan dahsyat terlepas dia tidak memiliki kekuatan buah iblis.

Bukti kedahsyatan dari Garp bahkan juga diakui oleh Gol D Roger, sang raja bajak laut, di mana kekuatan Garp dianggap sama dengan Roger. Bahkan, Garp adalah salah satu dari dua angkatan laut yang dianggap mumpuni kekuatannya selain juga Sengoku. Di sepanjang hidupnya, Garp sudah banyak bertarung menghadapi berbagai hal termasuk hal yang tidak bisa dia selamatkan.

Contohnya adalah bagaimana Garp harus mengalami pergulatan batin dalam dirinya ketika dia melihat Ace harus melaksanakan hukuman mati. Garp nampak tidak mampu berbuat banyak karena dia adalah seorang angkatan laut dan juga wakil admiral. Dengan berbagai pengalaman yang sudah dia jalankan, Garp rasanya memang pantas menjadi salah satu sosok penting dalam ceritanya.

koby penerus garp

Koby memang saat ini sudah mengalami perkembangan karakter yang luar biasa, namun untuk bisa jadi sosok pengganti dari Garp dan menjadi sosok penting di angkatan laut dia masih butuh banyak waktu dan pengalaman. Koby masih butuh banyak latihan untuk meningkatan ketahanan fisiknya dan juga meningkatan level kekuatan yang dia miliki. Karena, menjadi sosok “pahlawan angkatan laut” bukan hal yang mudah.

Apa yang terjadi saat ini, di mana dia harus jadi korban penculikan kelompok bajak laut Blackbeard, bisa jadi titik balik dari Koby. Dia bisa menyadari bahwa tidak mungkin selamanya teman-temannya bisa datang dan membantu menyelamatkan dia dalam kondisi berbahaya. Dia harus belajar menjadi cerdas, lebih bijak, lebih tenang, dan lebih kuat. Dengan begitu dia akan menjadi pengganti yang pantas dari Garp.

Peranan Koby

Seperti yang disebutkan di atas jika waktu dari Koby masih panjang seperti halnya usia dari Luffy. Koby masih memiliki banyak waktu untuk terlibat dalam berbagai peristiwa penting, demi meningkatan pengalaman bertarung dan juga pengalaman dalam hidupnya. Hal ini juga yang kemungkinan akan terjadi kepada Koby di cerita One Piece yang akan datang di mana dia akan memiliki peranan penting.

koby penerus garp

Oda tentunya akan menghadirkan cerita di mana Koby akan mewujudkan mimpinya untuk menjadi sosok pengganti Garp di angkatan laut. Selain itu, dia juga akan berusaha untuk mewujudkan janjinya kepada Luffy bahwa dia akan jadi seorang admiral pada masa yang akan datang. Dan peristiwa besar yang mungkin akan terjadi pada masa depan yang bisa melibatkan Koby adalah pertempuran puncak menghadapi World Government.

Mengingat Koby adalah salah satu anggota SWORD dan kelompok ini kemungkinan akan bergabung dengan aliansi Luffy, bukan hal mustahil jika Koby juga akan terlibat dalam pertempuran tersebut dan membantu Luffy serta yang lain dalam upaya untuk menghancurkan Im dan pihak World Government. Kita nantikan saja ya Geeks kelanjutan ceritanya pada masa yang akan datang.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.