The Flash menjadi salah satu film Warner Bros yang diantisipasi tahun ini. Bagaimana tidak? Filmnya sudah beberapa kali mengalami penundaan. Selain itu, filmnya juga mengalami sejumlah kontroversi yang menyangkut salah satu pemerannya, Ezra Miller. Film yang menceritakan perjalanan Barry Allen alias The Flash dalam menyelamatkan ibunya ini sayangnya tidak terlalu sukses di box office, dan justru membuat kerugian yang masif bagi Warner Bros.

The Flash berhasil mendapat pendapatan lebih dari $200 juta secara global pada akhir pekan keduanya di box office. Meskipun demikian, film DCU ini masih mengalami penurunan pendapatan sebesar 72% di box office Amerika Serikat dan berpotensi kehilangan jumlah tersebut.

Dengan biaya promosi yang dilaporkan mencapai $150 juta dan anggaran produksi sebesar $190 juta, seorang pengguna Twitter bernama Luis Fernando (via Thegeekster) menyebut bahwa The Flash menjadi “bencana finansial” terburuk bagi Warner Bros setelah Justice League pada tahun 2017. Fernando juga berpendapat bahwa Warner Bros mengalami kerugian hingga $200 juta akibat film ini. Tetapi disebutkan bahwa Warner Bros bisa kehilangan lebih sedikit uang jika langsung merilis The Flash di platform streaming Max, daripada merilisnya di bioskop.

Pada akhir pekan pertamanya, The Flash diperkirakan akan menghasilkan sekitar $60 hingga $70 juta di pasar domestik. Tetapi banyak orang yang terkejut ketika filmnya hanya berhasil meraup $55 juta. Sejak itu, para pelaku industri film mulai mencari penyebab pasti dari performa buruk The Flash.

Apakah sedikitnya jumlah penonton The Flash terjadi akibat masalah hukum dari Ezra Miller, yang terusĀ  menghantui The Flash sejak produksinya berlangsung. Meskipun para penggemar DC berspekulasi bahwa aktor tersebut bisa digantikan untuk menyelamatkan film, Warner Bros. Discovery tetap mendukung Miller dan secara terbuka menyatakan bahwa mereka akan mencari bantuan untuk masalah kesehatan mental yang dihadapi oleh aktor tersebut.

Produser Andy dan Barbara Muschietti juga menyatakan bahwa menggantikan Miller tidak pernah menjadi opsi bagi mereka. Meskipun terdapat kendala dan performa box office yang mengecewakan, The Flash masih terus diputar di bioskop dan akan menarik perhatian para penggemar untuk melihat bagaimana film ini berlanjut dalam beberapa pekan mendatang.

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/