Geeks tentu tahu dengan film Titanic yang sangat ikonik. Film garapan James Cameron itu menjadi salah satu film paling sukses sepanjang masa. Dan meski sudah berusia lebih dari 25 tahun, tetapi film tersebut masih sering diputar di televisi. Bahkan beberapa waktu lalu, film Titanic sempat dirilis kembali di bioskop untuk merayakan 25 tahun dibuatnya film itu. Di Hollywood sendiri, selain Titanic, adalagi film yang menampilkan tenggelamnya sebuah kapal. Lantas apa saja film yang menampilkan kapal tenggelam? Simak berikut ini!

The Poseidon Adventure

The Poseidon Adventure adalah film yang rilis tahun 1972 yang disutradarai oleh Ronald Neame. Film berdurasi 1 jam 57 menit ini mengisahkan tentang kehidupan sekelompok penumpang yang terperangkap di dalam kapal pesiar Poseidon setelah terkena badai besar yang membuat kapal terbalik. Para penumpang harus berjuang melawan waktu dan rintangan berbahaya untuk mencari jalan keluar dan menyelamatkan diri mereka sendiri. Dalam perjalanan mereka, mereka menghadapi berbagai tantangan, seperti air yang mulai memasuki kapal, kebakaran, dan bahaya lainnya. Menariknya, film ini mendapat penghargaan Oscar kategori Best Visual Effects.

Triangle of Sadness

Film ini memang menampilkan komedi satir yang menyinggung tentang kehidupan masyarakat kelas atas. Filmnya mengambil latar di sebuah kapal pesiar mewah, dan menceritakan beberapa karakter yang terdiri dari penumpang kapal dan kru, yang masing-masing dari mereka memiliki masalahnya masing-masing. Perjalanan yang awalnya berjalan lancar berakhir dengan musibah, di mana badai menghantam kapal, dan membuat mereka tenggelam. Menariknya, para penumpang yang kaya raya harus berjuang sendiri untuk pertama kalinya, tanpa bantuan yang lain. Yang harus dicatat bahwa film ini bukanlah film “serius” yang membawa sisi emosional kalian.

All is Lost

All is Lost adalah film drama bertema survival yang mengikuti perjuangan seorang pria yang terdampar sendirian di tengah samudra setelah kapalnya mengalami kecelakaan. Tanpa adanya alat komunikasi dan persediaan yang cukup, pria tersebut harus menghadapi tantangan besar untuk bertahan hidup di tengah lautan yang tak bisa diprediksi. Dia berjuang melawan badai dahsyat, kelaparan, dehidrasi, dan kelelahan fisik yang mengancam nyawanya. Dalam kesendirian dan keputusasaan, pria itu harus mencari kekuatan dalam dirinya sendiri untuk bertahan hidup dan menemukan jalan kembali ke daratan. Film yang dibintangi oleh Robert Redford ini minim dialog, dan hanya karakter Redford saja yang muncul.

The Perfect Storm

Diangkat dari kisah nyata, The Perfect Storm menceritakan tentang sekelompok nelayan yang terjebak di tengah lautan Atlantik Utara ketika badai yang dahsyat melanda dan membolak-balikan kapal yang dinaiki. Mereka pun harus menghadapi gelombang raksasa, angin kencang, dan hantaman hujan deras sambil berjuang untuk bertahan hidup. Sementara itu, keluarga dan orang-orang yang mereka cintai di daratan harus dihantui dengan rasa cemas. Film ini digarap oleh sutradara Wolfgang Petersen dan dibintangi oleh aktor berbakat Hollywood seperti George Clooney, Mark Wahlberg, dan Diane Lane.

Dead Calm

Selain menghadirkan cerita tentang kapal tenggelam, Dead Calm juga menceritakan tentang teror yang dilakukan oleh penumpang di sebuah kapal. Yap awalnya, pasangan suami istri yang diperankan Sam Neill dan Nicole Kidman tengah berlibur di sebuah kapal pesiar untuk menemukan kedamaian. Tetapi di tengah perjalanan mereka menemukan seorang pria (Billy Zane) yang terdampar dan mereka mencoba menyelamatkannya. Tetapi ternyata, orang tersebut bukanlah orang biasa, dan membuat teror di kapal tersebut. Film ini digarap oleh Phillip Noyce dengan naskah garapan Terry Hayes.

Triangle

Sama seperti Dead Calm, Triangle juga bukan film tentang kapal tenggelam biasa. Film ini juga bergenre thriller dan juga mind-blowing. Filmnya menceritakan tentang Jess (Melissa George) yang melakukan perjalanan liburan menggunakan kapal pesiar. Namun setelah kapalnya tenggelam karena diterjang ombak, dia dan teman-temannya yang lain diselamatkan oleh sebuah kapal besar. Namun itu bukanlah kapal biasa karena kapal tersebut mengungkap masa lalu dari masing-masing karakter, dan ada sosok bertopeng yang meneror mereka. Penonton yang menyaksikan film ini akan dibuat penasaran hingga filmnya berakhir.

The Finest Hour

Sama seperti The Perfect Storm, film ini juga diangkat dari kisah nyata. Filmnya dibintangi oleh deretan aktor papan atas Hollywood seperti Chris Pine, Casey Affleck, Ben Foster, dan Eric Bana, dan menceritakan tentang sebuah kapal tanker yang rusak parah akibat badai di lepas pantai New England pada tahun 1952. Dalam kondisi yang ekstrem dan terjebak di tengah badai yang mengamuk, sekelompok pria berani mempertaruhkan nyawa mereka untuk menyelamatkan para awak kapal yang terjebak. Di antara mereka adalah seorang penjaga pantai yang bertekad, Bernie Webber, yang memimpin tim penyelamatan melalui gelombang besar untuk mencapai kapal yang terus tenggelam.

Itulah dia Geeks beberapa film yang menceritakan tentang kapal tenggelam. Di antara film tersebut, mana yang pernah kalian saksikan?

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/