Geeks tentunya tahu bahwa film-film Disney biasanya ramah untuk keluarga. Mereka selalu membuat film-film yang bisa disaksikan oleh semua umur dan kalangan, sehingga film buatan mereka jarang menampilkan adegan kekerasan yang ekstrem dan adegan-adegan yang dianggap tidak cocok untuk anak-anak. Tetapi sebenarnya, ada juga beberapa film mereka dari MCU yang ternyata dilarang tayang di bioskop karena menampilkan hal-hal yang dianggap kurang baik. Apa saja film MCU yang sempat dilarang tayang? Simak berikut ini!

Thor: Love and Thunder

Thor: Love and Thunder menjadi film solo keempat Thor di MCU. Film ini memang mendapat review beragam, tidak seperti film pendahulunya, Thor: Ragnarok. Dalam film ini, kita disuguhkan cerita tentang bagaimana Thor dan kawan-kawan saat menghadapi Gorr the God Butcher, yang berniat untuk menghabisi seluruh dewa yang eksis di Marvel Universe. Memang film ini cukup fun, dan tidak ada yang menyangka bahwa film ini akan dilarang tayang di negeri jiran, Malaysia. Yap, film ini dilarang tayang di negara tersebut karena mengandung unsur cinta kesesama jenis.

Doctor Strange in the Multiverse of Madness

Dalam Doctor Strange in the Multiverse of Madness, kita disuguhkan cerita saat Stephen Strange menghadapi ancaman baru dari Multiverse, di mana dia harus bekerja sama dengan karakter lainnya untuk menghentikan Scarlet Witch yang mengamuk. Strange juga harus melindungi realitas dan mengungkap rahasia gelap yang mengancam kehidupan mereka. Film yang disutradarai oleh Sam Raimi ini sayangnya harus ditolak tayang dibeberapa negara. Negara yang menolaknya mayoritasnya berada di Timur Tengah, yang tidak setuju dengan adegan cinta sesama jenis, yang membuat filmnya gagal lolos.

Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings

Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings menceritakan tentang seorang pria bernama Shang-Chi harus menghadapi masa lalunya yang gelap ketika dia terlibat dalam konflik dengan organisasi rahasia bernama Ten Rings. Dalam perjalanan yang penuh aksi dan petualangan, Shang-Chi harus menguasai keterampilan bela dirinya dan mengungkap rahasia di balik kekuatan mistis Sepuluh Cincin. Ini menjadi film MCU pertama yang berhasil menampilkan superhero dari Asia sebagai karakter utama. Menariknya, meski menampilkan karakter yang berasal dari China, tetapi filmnya justru dilarang tayang di China. Pasalnya filmnya dianggap tidak mencerminkan budaya asli di negaranya.

Eternals

Dalam film Eternals, sekelompok makhluk abadi yang dikenal sebagai Eternals kembali beraksi di Bumi. Mereka bergabung kembali untuk melindungi umat manusia dari ancaman yang tak terbayangkan dari Deviants. Dalam pertempuran yang menguji batas kekuatan dan loyalitas mereka, Eternals harus menghadapi pertanyaan mendasar tentang tujuan hidup mereka dan menjawab mengapa mereka dipilih untuk menjadi pelindung manusia. Sayangnya, tidak semua negara bisa menyaksikan film ini. Pasalnya filmnya menampilkan adegan cinta sesama jenis, sehingga dilarang penayangannya di Timur Tengah. Negara seperti Arab Saudi, Qatar, Kuiwat melarang keras film ini.

Captain Marvel

Film yang rilis tahun 2019 ini menceritakan tentang seorang pahlawan super dengan kekuatan luar biasa, menemukan dirinya terjebak dalam konflik perang antara dua ras alien yang saling berseteru. Dalam upayanya untuk memahami asal-usulnya dan menguasai kekuatannya, Carol harus berjuang melawan kekuatan jahat yang mengancam kehidupan di Bumi. Film ini dilarang penayangannya di Pakistan. Tetapi bukan karena adanya adegan yang dirasa kurang pantas, tetapi karena Pakistan belum mengantongi izin siar, sehingga Disney cabang India terpaksa melarangnya.

Deadpool

Film Deadpool berkisah tentang Wade Wilson, seorang mantan tentara bayaran yang mengalami percobaan yang gagal, sehingga mendapatkan kekuatan penyembuhan yang tak terbatas tetapi juga mengubah penampilannya secara drastis. Dalam upayanya untuk membalas dendam pada orang-orang yang mencelakainya, Deadpool menghadapi musuh-musuhnya. Film yang dibintangi oleh Ryan Reynolds ini memang mengandung banyak kekerasan di dalamnya sehingga ada beberapa negara yang melarang perilisannya di bioskop. Meski sukses di Asia, film ini dilarang tayang di China karena terlalu kejam dan vulgar. Yang harus dicatat bahwa film Deadpool dirilis sebelum dia melebur ke MCU. Tetapi sekarang film ini resmi menjadi bagian MCU.

Itulah dia Geeks film MCU yang sempat dilarang penayangannya di beberapa negara. Beruntung karena semua film MCU berhasil dimasukkan ke Indonesia, sehingga kita dapat menyaksikannya di bioskop.

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/