James Rhodes alias War Machine adalah salah satu superhero penting Marvel Cinematic Universe yang melakukan debutnya di film pertama Infinity Saga, yaitu Iron Man (2008). Saat ini karakternya sendiri diperankan oleh aktor Don Cheadle, yang menggantikan Terrence Howard terhitung sejak film Iron Man 2 (2010). Meskipun hubungannya dengan Marvel Studios tampak baik-baik saja, pemeran War Machine ini ternyata baru saja melayangkan protes atau kritiknya terhadap kisah MCU secara keseluruhan.

Selain film Iron Man 2, Cheadle juga telah tampil sebagai Rhodey alias War machine setidaknya di enam film MCU lainnya, termasuk sebagai cameo di Captain Marvel (2019), serta penampilan penuh di Avengers: Infinity Wars (2018) dan Avengers: Endgame (2019). Anehnya dia sama sekali belum pernah muncul di film Black Panther, padahal dalam pertempuran klimaks di Infinity War, War Machine diceritakan memiliki peran penting untuk menghalau Thanos dan pasukannya di Wakanda. Hal inilah yang lantas membuat pemeran War Machine ini protes pada MCU.

pemeran war machine protes MCU

Dalam sesi wawancaranya dengan Entertainment Weekly, Don Cheadle mengungkapkan bahwa sebenarnya dia sangat ingin tampil di film Black Panther (2018) atau Black Panther: Wakanda Forever (2022) bersama Nick Fury dari Samuel L. Jackson. Namun sayangnya harapan Cheadle ini tidak pernah terwujud. “Sama seperti Sam (L. Jackson), saya sebenarnya punya kekecewaan besar di pundak saya, kami pikir kami seharusnya muncul bersama di Wakanda. Kalian benar-benar tidak akan membawa kami ke Wakanda? Padahal itu kesempatan sempurna,” protes Cheadle.

Sebelumnya Samuel L. Jackson juga pernah berbicara hal serupa kepada Rolling Stone tentang mengapa Nick Fury tidak pernah muncul di Wakanda padahal karakternya ini adalah mantan pemimpin SHIELD yang tahu segalanya. “Mereka (Marvel) tidak membiarkan saya pergi ke Wakanda, di mana hal ini membuat saya agak kesal. Bagaimana bisa seorang Nick Fury tidak mengetahui Wakanda? Mereka hanya bilang, ‘Sejujurnya kamu tahu, tetapi kamu tidak bisa pergi’,” ungkap Jackson.

Protes yang dilayangkan pemeran War Machine dan Nick Fury di MCU ini sebenarnya sudah cukup sering ditanyakan juga oleh penggemar. Namun tidak ada penjelasan pasti mengapa Cheadle dan Jackson tidak pernah muncul bersama di Wakanda melalui film-film Black Panther. Walaupun begitu, Cheadle merasa sangat bersyukur karena akhirnya bisa beradu akting juga dengan Jackson di Secret InvasionKita lihat saja nanti seperti apa dinamika hubungan mereka di series Secret Invasion yang saat ini tengah tayang di Disney+.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.