Bohemian Rhapsody, sebuah film besar yang rilis tahun 2018 ini sukses menuai pujian. Filmnya menyoroti tentang band rock legendaris bernama Queen, yang tentunya sudah kalian ketahui. Penonton akan diajak bernostalgia dengan menyaksikan sosok Freddie Mercury yang diperankan Rami Malek menyanyikan sejumlah lagu kenamaan Queen. Naskahnya sendiri digarap oleh Anthony McCarten. Dibalik film Bohemian Rhapsody ternyata tersimpan fakta menarik yang wajib kalian ketahui. Apa saja fakta-fakta tersebut? Simak berikut ini!

Libatkan Dua Pentolan Queen

Fakta pertama adalah tentang produksi film Bohemian Rhapsody. Proses produksi film Bohemian Rhapsody melibatkan para anggota Queen yang tersisa yaitu Brian May dan Roger Taylor. Buat Geeks yang belum tahu, May dahulu adalah gitaris utama Queen, sementara Taylor adalah salah satu pendiri Queen sekaligus drummernya. Dalam film ini, keduanya berkontribusi secara aktif dalam pengawasan kreatif dan memberikan masukan tentang sejarah dan detail musik Queen. Dengan bimbingan mereka, film ini berhasil menciptakan suasana yang autentik dan memperkaya pengalaman penonton. Meskipun filmnya sudah melibatkan pentolan asli dari Queen, tetapi masih ada saja beberapa kritik tentang akurasi filmnya.

Tak Hanya Sukses Finansial

Kesuksesan Bohemian Rhapsody tidak hanya sebatas pada raihan penjualan box office-nya saja. tetapi film ini juga mendapatkan pengakuan dari para kritikus dan meraih banyak penghargaan bergengsi, termasuk empat penghargaan Academy Awards. Selain itu, film ini memenangkan Golden Globe Award untuk kategori Film Drama Terbaik. Kehadiran film Bohemian Rhapsody juga justru memberikan semangat baru kepada para penggemar Queen. Dan lagu-lagu mereka semakin dikenal oleh para generasi muda, yang juga turut menyaksikan filmnya secara langsung di bioskop. Jadi ini bukan hanya tentang kesuksesan finansial semata.

Gunakan Suara Asli Freddie Mercury

Berbicara tentang Queen, maka nama Freedy Mercury melekat di ingatan kita. Dialah vokalis yang menyanyikan lagu-lagu ikonik Queen dan menjadi “wajah” dari Queen itu sendiri. Nah demi menghadirkan pengalaman yang otentik, film Bohemian Rhapsody juga menghadirkan rekaman suara asli dari Freddie Mercury. Dan lagu-lagu ikonik seperti We Will Rock You dan Don’t Stop Me Now diperdengarkan dalam filmnya, membuat semua penonton yang menyaksikannya akan merinding. Beruntung karena Rami Malek berhasil memerankan sang karakter utama, Fredy Mercury juga dengan sangat baik.

Banyak Lagu yang Ditampilkan

Sebagai film yang menostalgiakan para penggemar Queen, film ini tentunya menghadirkan deretan lagu-lagu ikonik Queen. Tetapi bukan hanya We Will Rock You dan Don’t Stop Me Now saja, tetapi filmnya juga menghadirkan total 22 judul lagu seperti Love of My Life, I Want To Break Free, Somebody to Love, Doing All Right, Keep Yourself Alive, dan masih banyak lagi. Tidak heran jika kalian akan mendengar lagu-lagu tersebut sepanjang filmnya yang berdurasi 2 jam 14 menit. Lagu-lagu yang direkam dari konser Live Aid yang sangat fenomenal di tahun 1985.

Kandidat Aktor Lain

Rami Malek berhasil memerankan Freddie Mercury dengan sangat baik, meski tinggi badannya tidak terlalu mirip. Nah sebelum Malek, sebenarnya adalagi aktor lain yang menjadi kandidat untuk memerankan Freddie. Aktor tersebut adalah Sasha Baron Cohen. Namun, Sasha Baron gagal bersaing dengan Malek sehingga Malek lah yang akhirnya terpilih. Sasha Baron Cohen sendiri terkenal sebagai aktor film komedi, dan baru-baru ini dia membintangi film Borat. Mungkin karena dianggap sebagai komedian, Cohen gagal terpilih sebagai pemeran Freddie.

Pembuatan Filmnya Terkendala

Ada banyak kendala dalam pembuatan film ini. Salah satunya adalah karena hengkangnya sang sutradara Bryan Singer. Bryan Singer hengkang karena dipecat oleh 20th Century Fox. Ternyata Singer dipecat pada tanggal 5 Desember 2017, ketika filmnya tengah memasuki tahap produksi. Kabarnya nih Geeks, Singer dipecat akibat berseteru dengan Rami Malek, yang akhirnya membuat pihak studio tidak senang. Singer dikabarkan melakukan kekerasan terhadap Malek, dan Malek melaporkannya kepada studio. Sehingga pada akhirnya, sutradara X-Men tersebut dipecat, dan digantikan dengan Dexter Fletch. Beruntung karena Fletch bisa menggantikan Singer dengan baik.

Membuat Replika Konser

Geeks masih ingat dengan konser Live Aid yang sangat fenomenal? Konser yang diadakan tanggal 13 Juli 1985 ini diselenggarakan di Stadion Wembley di London dan Stadion JFK di Philadelphia. Selain itu, konser-konser lainnya diadakan di kota besar seperti Sydney dan Moskow. Konser ini menampilkan deretan band dan penyanyi papan atas seperti David Bowie, Madonna, dan masih banyak lagi, termasuk Queen. Nah menariknya dalam film Bohemian Rhapsody, film tersebut menghadirkan replika panggung Live Aid secara detail, agar terlihat sama persis dengan aslinya. Dan hasil akhirnya benar-benar sangat bagus, terasa seperti konser sesungguhnya.

Itulah beberapa fakta dari film Bohemian Rhapsody yang rilis tahun 2018 lalu. Di antara fakta tersebut, mana yang sudah kalian ketahui?

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/