Hanya tinggal menghitung hari sampai film kelima dari waralaba Indiana Jones yang berjudul Indiana Jones and the Dial of Destiny tayang di bioskop seluruh dunia. Digarap oleh sutradara Logan’ James Mangold, filmnya sendiri akan kembali berfokus pada Indy (Harrison Ford) yang terjebak dalam Perlombaan Luar Angkasa untuk mencapai Bulan antara Amerika dan Uni Soviet. Nah walaupun filmnya belum dirilis, kabarnya saat ini sudah ada sebuah spin-off Indiana Jones yang tengah dikembangkan. Begini faktanya.

Mengingat usia Harrison Ford yang sudah tidak lagi muda, tidak aneh jika saat ini Lucasfilm selaku perusahaan film yang menaungi waralabanya sejak tahun 1980-an, tengah memutar otak untuk mencari penggantinya. Dan karena film Indiana Jones and the Dial of Destiny sudah dipastikan akan memperkenalkan karakter baru bernama Helena Shaw dari aktris Phoebe Waller-Bridge, tidak sedikit penggemar yang berpikir bahwa Helena akan melanjutkan warisan Indiana Jones dari Harrison Ford pada masa mendatang.

spin-off Indiana jones

Dalam sesi wawancaranya dengan Entertainment Weekly, Presiden Lucasfilm’ Kathleen Kennedy baru saja mengonfirmasi bahwa Indiana Jones and the Dial of Destiny adalah film terakhir Harrison Ford. Walaupun begitu jika studio ingin melanjutkan waralabanya, mungkin mereka akan merilis kisah spin-off Indiana Jones dalam bentuk series. “Jika saat ini kami hendak melakukan sesuatu, itu mungkin akan hadir dalam format series. Namun yang jelas kami tidak akan menggantikan posisi Indiana Jones. Hanya itu yang kami inginkan,” ungkapnya.

Di sisi lain sutradara Indiana Jones and the Dial of Destiny James Mangold justru merasa tidak tertarik dengan ide spin-off. “Saya tidak tertarik. Saya menolaknya karena tidak bisa melakukannya. Saat ini jumlah mitologi, easter egg, serta fan service [dalam film] sudah mulai terasa bertentangan dengan dasar-dasar perfilman pada titik tertentu. Ini sudah bukan lagi menceritakan sesuatu. Melainkan iklan berskala besar,” ungkap Mangold kepada Variety saat membahas spin-off tentang karakter Helena.

Berdasarkan semua pernyataannya ini bisa kita simpulkan bahwa untuk sekarang memang tidak ada spin-off Indiana Jones yang tengah dikembangkan. Namun Lucasfilm masih membuka kemungkinan jika suatu hari nanti waralabanya akan dilanjutkan, mungkin mereka akan menghadirkan karakter selain Indiana Jones dalam sebuah tayangan series. Kita lihat saja nanti seperti apa perkembangannya. Yang jelas dalam waktu dekat ini film Indiana Jones and the Dial of Destiny akan tayang di bioskop pada tanggal 30 Juni 2023.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.