Setelah Fast Furious beralih menjadi film aksi, kita kerap disuguhkan dengan adegan-adegan epik yang melibatkan banyak kendaraan. Sang pembuat film sudah tidak ragu lagi memasukkan hal-hal diluar akal sehat, termasuk membuat adegan di mana sebuah mobil terbang ke luar angkasa. Meski mayoritas adegan dibuat dengan CGI, tetapi ternyata ada juga adegan epik dalam Fast Furious yang dibuat tanpa CGI. Berarti saat melakukan syuting, mereka benar-benar menggunakan efek practical, sementara CGI hanya digunakan untuk mempermanis sisanya. Lantas apa saja adegan epik di Fast Furious yang dibuat tanpa CGI?

Mobil Terjun dari Pesawat

Dalam film Furious 7, Dominic Toretto dan kawan-kawan melakukan aksi berbahaya yaitu terjun dari pesawat menggunakan mobil-mobil yang mereka kendarai. Menariknya, untuk melakukan syuting adegan itu, para kru memang benar-benar melepaskan mobil-mobil tersebut keluar dari pesawat. Ketika syuting, mereka melakukan perencanaan selama berbulan-bulan, mencari lokasi penurunan yang tepat. Mereka juga melakukan beberapa tes, dan para kru berhasil melepaskan mobil dari ketinggian 12.000 kaki dengan pesawat C-130 selama enam kali pengambilan gambar. Meskipun mobilnya memiliki parasut (khusus militer) yang dirancang untuk mengembang di ketinggian 5.000 kaki, tetapi beberapa kendaran sering hancur di udara, dan bahkan melenceng keluar dari target pendaratan. Memang pada hasil finalnya, digunakan juga CGI untuk mempermanis visual yang ditampilkan.

Dom Membajak Truck

Film keempat dibuka dengan adegan intens yang memperlihatkan Dominic Toretto dan kawan-kawan melakukan aksi pencurian gas di lereng gunung. Menariknya mayoritas dari adegan tersebut dilakukan tanpa CGI, demi memangkas anggaran. Kita bisa melihat bagaimana Michelle Rodriguez yang benar-benar berpegangan pada truck tanker yang melaju pada kecepatan 25 mph dengan tali pengaman kecil agar dia tidak tidak terjatuh. Dan di sana, Vin Diesel menabrakkan mobil musclenya ke bagian belakang tanker, sehingga memungkinkan karakter Michelle Rodriguez naik ke atas truck tersebut untuk melepaskan muatannya. Dan sama seperti adegan pertama tadi, ada juga sedikit CGI yang digunakan untuk mempermanis visualnya.

Melawan Tank

Geeks masih ingat dengan Dominic Toretto yang harus berhadapan dengan Tank dalam film Fast & Furious 6? Yap beberapa adegan yang memperlihatkan tank berjalan di jalan raya yang padat ternyata tidak sepenuhnya dibuat menggunakan CGI. Pada kenyataannya ketika syuting, mereka benar-benar menggunakan tank sungguhan yang sengaja dikendarai untuk menghancurkan mobil-mobil, dan menggilas mereka seperti kotak tisu. Adegan itu diambil di Canary Island, di mana ketika mereka mengajukan proposal untuk syuting adegan itu, mereka disambut baik oleh pemerintah setempat. Tank tempur bernama Chieftain dimodifikasi sedemikian rupa agar bisa mencapai kecepatan 60mph, dan tentu saja di dalam tank tersebut ada pengemudi yang mengendalikannya.

Flip Car yang Nyata

Lagi-lagi, adegan ini muncul dalam film Fast & Furious 6. Masih ingat dengan sebuah mobil berbentuk pipih yang didesain sedemikian rupa agar bisa menerbangkan kendaraan-kendaraan disekitarnya? Orang-orang menyebutnya Flip Car. Yap ternyata adegan itu dibuat tanpa CGI. Kendaraan yang memiliki 500 HP tersebut dibuat khusus untuk menerbangkan mobil-mobil dari arah yang berlawanan. Idenya datang dari sutradaranya langsung yaitu Justin Lin. Ketika melakukan syuting, mobil-mobil yang terkena Flip Car tersebut memang benar-benar diterbangkan atau terhempas secara nyata. Jadi tidak ada CGI yang digunakan dalam prosesnya. Dan ketika proses syutingnya berlangsung, ada banyak mobil yang harus dikorbankan demi adegan itu.

Itulah dia Geeks beberapa adegan dalam Fast Furious yang dibuat tanpa CGI. Mungkin sebagian dari kalian tidak ada yang menyangka hal tersebut dan itu menjadi bagian yang menarik dari filmnya.

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/