Series MCU ke-9 Secret Invasion baru saja menayangkan episode perdananya yang berjudul ‘Ressurection’. Di episode ini invasi rahasia bangsa Skrulls akhirnya dimulai, di mana mereka melakukan penyamaran dan penyusupan besar-besaran demi mengambil alih Bumi dari manusia. Pada menit-menit pertama seriesnya kita dikejutkan dengan fakta bahwa ternyata agen Everett Ross yang kita lihat adalah seorang skrull yang menyamar. Pertanyaannya adalah sejak kapan Everett Ross menjadi Skrull. Apakah sejak awal debutnya di MCU atau baru-baru ini? Mari langsung saja kita bahas, Geeks.

Eksistensi Everett Ross di MCU

Jauh sebelum Skrull memulai rencana besarnya untuk mengambil alih Bumi, karakter bernama lengkap Everett Kenneth Ross ini awalnya adalah seorang anggota Angkatan Udara Amerika Serikat yang pada akhirnya bergabung dengan CIA. Karakternya sendiri diperankan oleh aktor Martin Freeman sejak debutnya di film Captain America: Civil War (2016). Pada saat itu dia masih bertugas sebagai Tim Kontraterorisme yang berpihak pada pemerintah dan kubu Iron Man. Setelah itu dia kembali di film Black Panther (2018) dan sempat diceritakan membantu T’Challa dalam mengalahkan Killmonger di Wakanda.

Everett Ross Skrull

Sebelum terungkap sebagai Skrull di series Secret Invasion, karakter Everett Ross terakhir kali terlihat di film Black Panther: Wakanda Forever (2022). Di mana dia diam-diam membantu Shuri dan Okoye untuk menemukan Riri Williams. Hal ini membuat Everett terjebak dalam konflik politik antara Amerika Serikat dan Wakanda. Pada titik ini terungkap juga bahwa Everett sebenarnya adalah mantan suami pemimpin CIA Valentina Allegra de Fontaine. De Fontaine akhirnya menangkapnya karena Everett telah beraliansi dengan Wakanda, tetapi di credit scene Wakanda Forever Okoye berhasil membebaskannya.

Sejak Kapan Dia Menjadi Skrull?

Setidaknya sampai kemunculan terakhirnya di Wakanda Forever, tidak ada yang pernah menyangka bahwa Everett Ross adalah seorang Skrull. Karena pengungkapan ini baru terjadi di opening series Secret Invasion episode 1, ketika dia melakukan pertemuan rahasia dengan agen Prescod, mantan anggota S.H.I.E.L.D. yang pertama kali menyadari rencana besar Skrulls. Setelah Everett membunuh Prescod dan membawa kabur semua bukti terkait rencana Skrulls, dia lantas dikejar oleh orang misterius yang ternyata adalah Talos, Skrull yang bersahabat dengan Nick Fury dan berada di pihak manusia.

Everett Ross Skrull

Everett sendiri akhirnya tewas setelah dia melompat dan terjatuh dari ketinggian saat dikejar Talos. Saat Maria Hill hendak menjemputnya dan malah mengira Talos sebagai penjahatnya, dari sinilah mulai terungkap bahwa Everett yang kita lihat menghenmbuskan napas terakhirnya sebagai seorang Skrulls pemberontak. Namun apakah dia adalah Everett yang selama ini kita lihat di film-film MCU sebelumnya? Untuk saat ini masih belum ada penjelasan resmi yang bisa menjawabnya. Namun kemungkinan besar yang kita lihat di series Secret Invasion, murni seorang Skrull yang mengambil alih identitas Everett Ross.

Alasan mengapa Everett Ross di Secret Invasion diduga kuat sebagai Everett palsu adalah karena jika dia Skrull sejak awal maka hal tersebut akan mencederai pengembangan karakternya selama ini. Di mana dia merupakann salah satu sekutu penting bagi Wakanda dan mantan suami De Fontaine yang mungkin bisa dieksplorasi lebih jauh pada masa depan MCU. Bukan tidak mungkin Everett Ross yang asli justru telah diculik oleh Skrulls pada suatu titik antara film Black Panther: Wakanda Forever dan series Secret Invasion. Jika benar seperti itu, artinya saat ini dia tengah dalam keadaan yang sangat terancam.

Bagaimana Nasib Everett yang Asli?

Sekarang jika Everett yang mati di Secret Invasion adalah penyamaran Skrull, lantas bagaimana nasib Everett yang asli? Merujuk pada adegan di episode perdana seriesnya ada kemungkinan saat ini Everett tengah ditawan di markas Skrulls pemberontak yang berada di Rusia. Sebelum menyamar menjadi orang penting, para Skrull pemberontak biasanya akan menculik targetnya terlebih dahulu dan kemudian menempatkannya pada alat yang membuat mereka langsung tertidur. Pada titik inilah tubuh, suara, serta ingatan targetnya akan langsung ditiru seorang Skrull yang ditunjuk oleh tangan kanan Gravik yaitu Pagon.

Everett Ross Skrull

Berdasarkan hal tersebut artinya saat ini Everett tengah menunggu seseorang untuk menyelamatkannya, itupun jika dia masih bisa bertahan hidup dengan kondisinya yang sekarang. Jika bukan tim Nick Fury, mungkin anak Talos yang bernama G’iah bisa berbalik mengkhianati Gravik dan kemudian membebaskan Everett. Kabar buruknya jika teori ini benar, karena Everett ditawan di markas Skrull pemberontak yang mengandung radiasi tinggi, mungkin walaupun dia selamat umurnya tidak akan panjang karena berpotensi mengidap kanker seperti para manusia penyintas radiasi di dunia nyata.

Sekian pembahasan tentang sejak kapan Everett menjadi Skrull di MCU. Kesimpulannya, mengingat pengembangan karakternya yang sudah terjadi sejak Fase 3 MCU, sulit membayangkan bahwa Everett adalah seorang Skrull sejak awal. Apalagi jika dia harus berkhianat di series Secret Invasion. Kita lihat saja nanti seperti apa kebenarannya di series Secret Invasion episode selanjutnya, di mana episode keduanya akan tayang pada tanggal 28 Juni nanti, hanya di saluran streaming Disney+.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.