Val adalah salah satu karakter yang namanya mungkin jarang terdengar oleh para penggemar. Alasannya karena dia memang sering bergerak secara diam-diam di Marvel Universe, tetapi mempunyai dampak yang cukup besar bagi sekitarnya. Saking berpengaruhnya, karakter yang mempunyai nama asli Valentina Allegra de Fontaine sudah melakukan debutnya juga di MCU, melalui serial The Falcon and the Winter Soldier, dan kembali muncul di berbagai tayangan lainnya. Sebelum melihat kejutan lain dari Val, alangkah baiknya kita bahas terlebih dahulu berbagai fakta menariknya di semesta Marvel!

Keturunan Mata-Mata

Val adalah karakter yang memulai debutnya di komik Strange Tales #159 (1967) sebagai mata-mata andalan SHIELD yang direkrut oleh Dum Dum Dugan. Tanpa Dugan sadari, ada satu fakta yang terlewatkan dari kehidupan Val, dia dan orang tuanya ternyata adalah mata-mata andal dari organisasi Leviathan bentukan Uni Soviet. Dari DNA orang tuanya inilah Val mampu berkembang sebagai wanita tangguh sekaligus cerdas yang akhirnya menarik perhatian Dugan, yang kemudia tanpa pikir panjang langsung merekomendasikan Val kepada pemimpin SHIELD, siapa lagi kalau bukan Nick Fury.

Agen SHIELD Multitalenta

Dengan DNA mata-mata yang mengalir di dalam tubuhnya, ditambah dengan pelatihan SHIELD yang cukup intens, Val akhirnya menjadi agen tangguh yang dengan cepat menaiki tangga kariernya sebagai mata-mata. Nick Fury bahkan sampai pernah menjadikan Val sebagai wakilnya di SHIELD, begitu juga sebagai perwakilan organisasinya di kelompok intelijen Inggris yang khusus menangani kejadian paranornal, yaitu MI-13. Hal tersebut bukan tanpa sebab, karena memang pada dasarnya, Val sangat ahli dalam berbagai bidang, termasuk diplomasi, strategi, penggunaan berbagai macam senjata, dan bela diri.

Love Interest Nick Fury

Selain tertarik dengan dedikasinya sebagai agen SHIELD, Nick juga sebenarnya mempunyai ketertarikan lain terhadap Val. Karena sering melakukan misi lapangan bersama, seiring berjalannya waktu Nick mulai mengembangkan perasaannya kepada Val. Hal tersebut bahkan mendapatkan sambutan dari Val sendiri, di mana mereka cukup sering berhubungan, baik saat tengah melakukan pekerjaan maupun tidak. Menariknya, di sisi lain, ada fakta yang mengungkap bahwa Val juga sebenarnya sengaja mendekati Nick untuk mencapai ambisinya, yaitu menguasai SHIELD demi keuntungan pribadinya.

Bagian dari Tim Perempuan Tangguh

Salah satu tujuan Val bergabung dengan SHIELD adalah karena dia ingin para mata-mata wanita mendapatkan tempat khusus di sebuah organisasi rahasia. Dia ingin membuktikan bahwa agen wanita tidak kalah dengan agen pria mana pun. Tujuan tersebut benar-benar terwujud setelah Presiden Nixon memberi wewenang kepada SHIELD untuk mendirikan tim mata-mata wanita tangguh Femme Force di komik Captain America #144 (1971). Agen wanita lainnya yang menjadi bagian dari Femme Force adalah Sharon Carter yang menggunakan codename Agent 13, sedangkan Val menjadi Agent 14.

Bersekutu Dengan Banyak Hero

Fakta berikutnya, Val ternyata cukup sering bersekutu dengan para superhero di Marvel Universe. Selain sering bekerja sama dengan agen tangguh SHIELD seperti Nick dan Dugan, Val juga pernah bekerja sama dengan Captain America dan sangat dekat dengannya. Kedekatannya dengan Cap bahkan cukup sering membuat Nick merasa cemburu. Selain itu, seperti yang sudah disinggung sebelumnya, Val juga sempat menjadi bagian dari intelijen Inggris MI-13. Di mana dia bekerja sama dengan banyak superhero dunia, termasuk Sabra, Pete Wisdom, dan Union Jack.

Sempat Tergantikan oleh Skrull

Di kisah Secret Invasion Val pernah tergantikan oleh bangsa alien yang dapat berubah bentuk, yaitu Skrull, setidaknya dua kali. Yang pertama saat awal invasi Skrull ke Bumi, di mana seorang Skrull menyamar sebagai Val untuk mendekati Dum Dum Dugan kemudian menusuknya dari belakang dan menggantikannya. Skrull yang kedua lagi-lagi menyamar sebagai Val untuk mendekati Nick demi menggali berbagai informasi rahasia Bumi. Untungnya, Nick lebih dahulu menyadari bahwa Val yang ada di dekatnya palsu, sehingga dia langsung membunuhnya, sebelum Skrull tersebut mengungkap wajah aslinya.

Pernah Jadi Madame Hydra

Setelah sukses mendapatkan kepercayaan dari Nick dan SHIELD secara keseluruhan, diam-diam dia juga bergabung dengan musuh SHIELD, Hydra. Menariknya, di Hydra sendiri dia bukanlah sekadar agen biasa, melainkan salah satu dari lima pemimpin besarnya. Jabatan tinggi tersebut dia dapatkan setelah berhasil mengalahkan pemimpin Hydra sebelumnya yang bernama Viper. Dengan kehebatannya tersebut sudah cukup jelas bahwa Val bukanlah orang sembarangan. Keterlibatannya dengan Hydra sendiri bisa dibilang tidak berlangsung lama, karena Val ternyata punya rencana lain juga untuk memanfaatkan Hydra.

Seorang Triple Agent

Seperti yang disinggung pada fakta sebelumnya, Val sebenarnya mempunyai rencana lain dengan Hydra. Karena sejatinya dia adalah bagian dari Leviathan, ternyata selama ini tujuan terbesarnya adalah dengan mengadu domba organisasi rahasia dunia, seperti SHIELD dan Hydra. Dengan begitu Leviathan bisa bergerak lebih leluasa dan menjadi organisasi rahasia nomor satu di dunia. Setelah recananya berhasil, Val menyerahkan dirinya kepada Interpol karena merasa tuganys telah selesai. Dia lantas dipenjara untuk waktu yang lama, sambil menikmati kekalahan SHIELD dan Hydra di balik jeruji besi.

Pendiri Thunderbolt di MCU

Fakta terakhir Val yang harus kita tahu, di MCU sendiri ternyata dia mempunyai rencana besar yang dapat berpengaruh pada masa depan semestanya. Di mana karakter dari aktris ‎Julia Louis-Dreyfus ini mulai merekrut para manusia tangguh untuk membentuk tim super Thunderbolts, termasuk U.S. Agent (Wyatt Russell) dan Yelena Belova (Florence Pugh). Film Thunderbolts sendiri rencananya akan tayang pada 26 Juli 2024, dan anggota lainnya yang sudah terkonfirmasi adalah Winter Soldier (Sebastian Stan), Taskmaster (Olga Kurylenko), Red Guardian (David Harbour), serta Ghost (Hannah John-Kamen).

Itulah berbagai fakta menarik dari karakter Val alias Valentina Allegra de Fontaine di semesta Marvel, baik di Marvel Comics maupun MCU. Berdasarkan semua fakta menariknya ini cukup jelas bahwa kehadiran Val mempunyai pengaruh yang besar bagi semesta Marvel. Ke depannya mungkin akan ada kejutan lain dari Val yang memang terkenal di kalangan penggemar sebagai karakter yang misterius dan penuh intrik. Kita nantikan saja kemunculan Val selanjutnya ya, Geeks.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.