Sebagai series pertama Marvel Cinematic Universe pada tahun 2023, Secret Invasion baru saja menayangkan episode perdananya di saluran streaming Disney+. Series yang dibintangi oleh Samuel L. Jackson sebagai Nick Fury ini bercerita tentang invasi rahasia bangsa Skrull yang ingin menjadikan Bumi sebagai planet baru mereka. Terlepas dari penayangan episode perdananya yang cukup lancar, ternyata ada sejumlah fans yang melayangkan cibiran keras karena intro Secret Invasion memanfaatkan teknologi AI.

Belakangan ini kemajuan teknologi artificial intelligence atau AI memang tengah marak digunakan untuk menghasilkan produk yang berkualitas, mulai dari karya tulisan, gambar, sampai video. Hal ini bahkan sampai memicu protes dan mogok kerja besar-besaran Writers Guild of America yang menuntut kepada pihak berwenang untuk membatasi dan mengatur regulasi pemanfaatan AI. Dan sekarang tim kreatif Secret Invasion terbilang cukup berani untuk memanfaatkan AI dalam pembuatan intro tayangan mereka yang menampilkan gambar abstrak Nick Fury, Skrulls, dan banyak lagi.

intro secret invasion AI

Informasi terkait penggunaan teknologi AI untuk intro Secret Invasion ini datang langsung dari sutradara Ali Selim yang mengonfirmasi kepada Polygon bahwa tim kreatifnya memang telah menyewa jasa perusahaan Method Studios yang bergerak di bidang AI. Menurutnya keputusan tersebut sangat menggambarkan ketidakpastian dari dunia Skrulls di seriesnya. “Ketika kami menghubungi vendor AI, itu datang dari ide tentang perubahan bentuk dan indentitas dunia skrull [yang penuh misteri],” ungkapnya.

Pengungkapan ini langsung membuat sejumlah penggemar geram, karena menurut mereka waralaba sebesar MCU seharusnya bisa lebih mengutamakan kreativitas manusia daripada AI. Seorang ilustrator gambar konsep bernama Jeff Simpson yang pernah bekerja dengan Marvel Studios, bahkan sampai melayangkan kritik melalui akun Twitter pribadinya. Dia mengaku sangat hancur setelah mengetahuinya, karena baginya AI “tidak etis, berbahaya, dan semata-mata dirancang untuk menghilangkan karier para seniman.”

Di sisi lain tidak sedikit juga penggemar yang merasa penggunaan AI untuk intro Secret Invasion ini sebenarnya tidak terlalu berpengaruh pada seriesnya. Di mana sebagian penggemar ini merasa seharusnya penonton lain bisa lebih fokus pada kualitas cerita dan akting brilian para aktornya yang masih menggunakan kemampuan manusia. Menurut kalian bagaimana, Geeks? Series Secret Invasion sendiri akan menayangkan episode keduanya pada tanggal 28 Juni nanti hanya di Disney+.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.