Baru saja tayang di seluruh dunia sekitar seminggu lalu, film The Flash diharapkan bisa berhasil oleh banyak pihak baik secara finansial maupun respons dari para penonton. Film garapan sutradara Andy Muschietti ini sebenarnya punya respons yang cukup baik terkait dengan konsep ceritanya yang membawakan multiverse DC. Hal inilah yang sempat membuat sejumlah proyek lain menggantungkan nasibnya kepada film The Flash, salah satunya film Batman Beyond yang akan dibintangi oleh Michael Keaton.

Sebelumnya sempat dilaporkan bahwa DC Studios merasa cukup terbuka dengan potensi kembalinya Ezra Miller sebagai Flash pada masa depan DC Universe, asalkan film The Flash bisa berhasil. Hal ini sudah cukup membuktikan bahwa banyak yang menaruh harapan pada filmnya, bahkan mungkin sekuel The Flash yang dianggap cukup mustahil oleh para penggemar karena kontroversi Miller sebelumnya. Sekarang kembali terungkap bahwa diam-diam ternyata proyek Batman Beyond juga sangat bergantung pada keberhasilan The Flash yang memang melibatkan Michael Keaton sebagai pemeran salah satu Batman-nya.

batman beyond michael keaton

Kabar kejutan ini baru saja disampaikan oleh sutradara Kevin Smith dalam acara podcast Fatman Beyond, yang mengaku telah mendapatkan informasinya langsung dari anak produser Michael Uslan saat menghadiri premiere The Flash. Bagi yang belum tahun, Uslan sendiri adalah seorang produser Hollywood dari banyak film Batman sejak tahun 1989. Menurut Smith, anaknya berkata kepada dia bahwa Uslan akan segera menggarap film Batman Beyond di mana Michael Keaton berperan sebagai Bruce Wayne tua yang mengajari Terry McGinnis untuk menjadi Batman versi masa depan.

“Saya melihat anak Michael Uslan di premierenya dan saya bertanya ‘Di mana ayahmu?’ Dia menjawab, ‘Ayahku sedang di rumah mengawasi pendapatan kotor. Karena jika film ini berhasil sebaik The Batman (1989) dan The Batman baru dari sutradara Matt Reeves yang mendapatkan 130 juta dolar saat pembukaan, maka film Batman selanjutnya yang akan mereka buat adalah Batman Beyond dengan Michael Keaton,” kata Smith menjelaskan percakapannya dengan anak Michael Uslan.

Sayangnya, dengan kondisi sekarang di mana penayangan film The Flash dianggap loyo, tampaknya proyek Batman Beyond dengan Michael Keaton mungkin akan dibatalkan. Apalagi DC Studios berniat merombak keseluruhan jagat sinema DC Universe dengan proyek yang sudah mereka rencanakan sendiri. Untuk saat ini sulit membayangkan bagaimana Warner Bros selaku perusahaan induk film DC memberikan lampu hijau kepada proyeknya. Namun kita lihat saja nanti seperti apa perkembangan kabarnya ya, Geeks.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.