Tidak terasa bahwa MCU sudah berjalan lebih dari satu dekade. Cerita yang dibangun dari tahun 2008 masih terus berlanjut hingga saat ini. Selain cerita yang terus berkembang, para karakter di dalamnya juga mengalami hal serupa. Contohnya para villain yang dihadirkan. Ada beberapa villain yang sekarang justru berbalik menjadi baik, di mana mereka membantu para pahlawan melawan musuh yang lebih kuat lagi. Tentu saja transformasi para villain tersebut yang menjadi baik menjadi hal yang menarik untuk kita simak. Lantas siapa saja villain yang mulai menjadi baik? Simak berikut ini!

Skruge

Mungkin kalian lupa dengan karakter satu ini, karena dia tidak tampil terlalu banyak. Dalam film Thor: Ragnarok, Skruge adalah Asgardian yang memihak kepada Hela agar dia terhindar dari kematian. Tetapi setelah membawa Hela ke sebuah tempat di mana dia membangkitkan pasukannya, Skruge kemudian mulai berubah pikiran tentang pengkhianatannya kepada Asgardian. Pada akhirnya, Skruge yang tadinya berkhianat mulai membantu para Asgardian ketika pasukan Hela hendak menghabisi mereka. Meskipun Skruge dihabisi dengan sangat cepat oleh Hela, tetapi Skruge berhasil menebus kematiannya dengan berjuang demi Asgard.

Yondu

Yondu menjadi villain sampingan ketika dia pertama kali muncul dalam film Guardians of the Galaxy (2014). Dia jugalah yang berencana merebut Power Orb dari tangan para Guardians. Dalam awal film kedua, Yondu memang masih diceritakan sebagai villain. Tetapi semuanya berubah menjelang ending film tersebut, di mana Yondu berubah menjadi pahlawan ketika dia memilih untuk pergi melawan Ego. Dan pada akhirnya, Yondu mengorbankan hidupnya agar Star-Lord dan kawan-kawan tetap hidup. Menariknya, Yondu sebenarnya menggangap bahwa Star-Lord adalah putra angkatnya.

Ghost

Dalam film Ant-Man and the Wasp, Ghost diceritakan menjadi jahat karena dia membutuhkan terowongan Quantum, di mana benda tersebut juga diincar oleh Ant-Man dan teman-temannya. Ghost memang membutuhkan terowongan Quantum untuk menyelamatkan nyawanya. Bahkan apa yang dia lakukan hampir membunuh Janet van Dyne. Ghost akhirnya menjadi sekutu Ant-man, seperti yang diungkapkan oleh Scott di akhir film. Dan kebaikan Ghost akan terus berlanjut di mana ia akan bergabung dalam tim Thunderbolt yang sudah dikonfirmasi Marvel.

Nebula

Geeks mungkin masih ingat ketika Nebula masih berada dalam pihak Thanos sebelum akhirnya bergabung dengan Ronan untuk melawan para Guardians. Nebula sepertinya sudah memantapkan diri untuk menjadi villain sepanjang MCU berjalan. Tetapi kemudian dia memilih untuk meninggalkan Ronan dan menyediri. Dalam film Guardians kedua, Nebula memang masih menjadi penjahat sampai dia meluapkan dendamnya kepada Gamora. Dalam film Avengers: Endgame, kita bisa melihat transformasi Nebula menjadi pahlawan. Dia sering bergabung dengan Avengers untuk membantu mengalahkan Thanos, yang awalnya dia anggap sebagai “Ayah”. Dan terakhir, Nebula justru bergabung dengan Guardians of the Galaxy.

Thanos

Tidak ada yang menyangka sebelumnya jika Thanos bisa muncul dalam daftar ini. Namun yang harus dicatat bahwa Thanos di sini bukan berasal dari semesta utama, melainkan dari realitas alternatif yang bisa kita lihat dari series What If…? Tidak seperti versi live action, Thanos di What If…? tidak lagi berencana untuk melakukan genosida setelah Star Lord versi T’Challa mampu meyakinkan Thanos. Padahal jika kita melihat ke versi semesta utama, Thanos adalah panglima perang yang siap menghabisi setengah populasi di seluruh universe. Dalam realitas alternatif, bahkan Thanos berdamai dengan putrinya, Nebula.

Loki

Nama satu ini memang layak masuk dalam daftar. Yap Loki memang sering berganti peran. Kadang ia adalah pahlawan, tetapi tiba-tiba dia bisa menjadi villain yang mengerikan. Dalam Phase 1 MCU, Loki memang digambarkan sebagai villain sejati yang berencana untuk merebut Asgard dari Odin dan Thor. Dalam phase-phase berikutnya, Loki bertransformasi menjadi anti-hero, di mana terkadang dia menjadi pahlawan dan villain. Tetapi dalam phase MCU akhir-akhir ini, terutama dalam series Loki, Loki mulai “melembek” dengan menjadi baik. Dia bahkan sempat mencegah hal buruk terjadi di TVA.

Itulah dia Geeks beberapa villain yang sudah memantapkan diri untuk menjadi pahlawan di MCU. Hanya Skruge yang sepertinya bernasib tragis karena dia tidak akan kembali.

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/