Meskipun era Thanos sebagai big bad villain Marvel Cinematic Universe telah berlalu, tetapi bukan berarti para penggemar telah melupakannya. Faktanya sampai hari ini baik di jagat sinema live action maupun komik, sang Mad Titan masih diakui sebagai salah satu villain yang berada di puncak popularitas Marvel. Walaupun begitu hal tersebut ternyata tidak menghentikan pencipta karakter Thanos, Jim Starlin, yang baru-baru ini menyampaikan kritik pribadinya kepada Marvel Studios terkait penyusunan kredit film-film MCU.

Jim Starlin adalah penulis sekaligus ilustrator yang sangat populer di kalangan penggemar Marvel Comics. Starlin sendiri berkarier di perusahaan penerbit Marvel sejak tahun 1970-an, di mana dia tercatat telah menciptakan banyak karakter menarik seperti Thanos, Drax the Destroyer, Gamora, dan Shang-Chi. Sebagai orang pertama yang menciptakan dan memperkenalkan Thanos di komik Iron Man #55 (1972), bisa dibilang Starlin secara tidak langsung punya andil yang cukup besar saat karakternya diboyong ke MCU. Sayangnya menurut dia MCU punya rekam jejak buruk terkait pencantuman kredit pencipta komiknya.

Pencipta Thanos Kritik MCU

Melalui akun Instagram pribadinya, Jim Starlin sebagai pencipta Thanos baru saja menyampaikan kritik kepada MCU karena perlakuannya terhadap para pembuat komik di kredit filmnya. Semuanya bermula saat Starlin melihat bagaimana film teranyar DC Universe berjudul The Flash mengakui pencipta karakter Barry Allen alias Flash lebih awal pada roll kreditnya. Hal inilah yang kemudian membuatnya sangat berharap Marvel Studios juga bisa menerapkan perlakuan yang sama di setiap tayangan MCU, bukan hanya untuk dirinya saja tetapi juga para pencipta komik Marvel secara keseluruhan.

“Saya benar-benar terkejut, ternyata saya sangat menyukai film Flash yang baru! Sebuah film yang luar biasa. Khususnya saya juga sangat senang ketika melihat pencipta Flash diakui lebih awal pada kreditnya, alih-alih [dicantumkan] setelah perusahaan katering dan banyak hal lainnya. Semoga ke depannya film-film Marvel bisa melakukan hal yang sama,” ungkap Starlin. Sebagai informasi tambahan, kritik membangun ini sebenarnya cukup sering diutarakan juga oleh sebagian penggemar Marvel di media sosial.

Sebagai pembanding, apa yang disampaikan Jim Starlin ini bisa kita lihat di kredit Avengers: Endgamedi mana nama para pencipta komik Marvel dicantumkan setelah security. Banyak orang yang berharap kritik dari pencipta Thanos ini pada akhirnya bisa lebih didengarkan dan diperhatikan oleh Marvel Studios yang memproduksi jagat sinema MCU. Semoga saja ke depannya kritik ini bisa membuat MCU lebih baik dalam segala aspeknya ya, Geeks.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.