Pada tahun 1940 silam untuk pertama kalinya DC Comics memperkenalkan superhero dengan kecepatan luar biasa yang bernama Flash. Setelah lebih dari delapan dekade berlalu, sampai hari ini tercatat ada banyak sekali karakter menarik yang menggunakan identitas bahkan kostum Flash karena mereka semua mempunyai kemampuan untuk mengakses Speed Force. Dengan kecepatannya yang tak tertandingi, banyak di antara para Flash ini yang akhirnya menjadi karakter penting di komiknya. Pada artikel kali ini, kita akan menjelajahi delapan alter ego Flash paling favorit dalam sejarah DC Universe!

Avery Ho

Avery Ho adalah alter ego Flash dari Negara Tiongkok yang melakukan debutnya di komik The Flash Vol 5 #3 (2016). Secara garis besar origin dan kekuatan Avery kurang lebih sama seperti Flash pada umumnya, di mana dia terkena sambaran petir yang berasal dari Speed Force Storm di Central City. Awalnya Avery sempat kebingungan dengan getaran dalam tubuhnya, sampai akhirnya dia bertemu dengan Barry Allen alias Flash Amerika di Speed Force Academy yang kemudian mengajarinya cara untuk mengendalikan kekuatan Speed Force. Sejak saat itulah dia menjadi Flash dan bergabung dengan Justice League versi Tiongkok bersama para superhero Asia, seperti Super-Man, Dragonson, dan Bat-Man.

Barry Allen

Dalam sejarah DC Universe, Barry Allen adalah alter ego Flash paling populer yang telah berhasil memperkenalkan kekuatan Speed Force kepada para penggemar di seluruh dunia. Flash kedua setelah Jay Garrick ini melakukan debutya pada tahun 1950-an dan sampai sekarang masih terus berlari di semestanya bahkan di jagat sinema live action DC yang sebentar lagi akan menayangkan film solo The Flash. Dengan kecepatannya yang luar biasa, Barry adalah superhero pionir yang menemukan cara untuk melakukan perjalanan waktu dengan mengakses Speed Force. Di mana sejak saat itu banyak Flash lain yang mulai meniru caranya untuk menguak eksistensi dan keberagaman multiverse DC.

Bart Allen

Sebagai cucu Barry Allen yang berasal dari abad ke-31, Bart Allen pernah menggunakan banyak nama superhero, dari mulai Impulse yang dikenal periang, kemudian Kid Flash setelah bisa melakukan perjalanan waktu, dan akhirnya menjadi Flash di peristiwa Infinite Crisis. Meskipun kisahnya sebagai Flash tidak terlalu menonjol dan terbilang singkat, tetapi Bart adalah salah satu Flash pertama yang berhasil menguasai kemampuan Speed Learning, yang artinya dia bisa mempelajari ilmu pengetahuan dan sejarah dalam waktu yang sangat singkat. Setelah dia tewas sebagai Flash, era New 52 kembali membangkitkan karakternya sebagai alter ego Kid Flash terhitung sampai hari ini.

Eobard Thawne

Jika Barry Allen eksis di DC Universe, maka sudah menjadi suatu keharusan bagi Eobard Thawne untuk selalu menjadi musuh bebuyutannya yang dikenal sebagai Reverse-Flash. Berasal dari masa depan, Eobard Thawne adalah seorang pegawai dari Flash Museum yang sangat terobsesi dengan Barry. Setelah mendapatkan kekuatan ‘Negative Speed Force’, dia langsung menggunakan kecepatan supernya untuk berbuat onar dan bahkan melakukan perjalanan waktu atas nama Flash, membuat alter ego Barry buruk di mata sejumlah timeline. Ambisinya yang sangat jahat telah menjadikannya supervillain yang sangat berbahaya, dia bahkan tidak ragu pergi ke masa lalu untuk membunuh orang tua Barry.

Jay Garrick

Seperti yang disinggung di awal, Flash adalah karakter DC yang pertama kali diperkenalkan pada tahun 1940-an. Nah alter ego pertama yang menggunakan identitas dan mempunyai kekuatan Flash tersebut tidak lain adalah Jay Garrick. Berbeda dari Flash lain yang mengenakan topeng, Jay tidak ragu memperlihatkan wajahnya, di mana dia hanya mengenakan helm saat beraksi sebagai superhero. Sementara kebanyakan superhero Flash menjadi bagian dari Justice League, Jay Garrick justru terkenal sebagai salah satu pendiri Justice Society yang debut lebih awal pada Masa Keemasan komik. Sampai hari ini Jay masih sering muncul dalam beberapa kisah DC yang bertema multiverse.

John Fox

Satu lagi elater ego Flash yang berasal dari masa depan yang sangat jauh, yaitu Jonathan Fox. Berasal dari abad ke-27, John mendapatkan kecepatan supernya setelah diceritakan terkena radiasi tachyon di komik Flash Special #1 (1990) yang memungkinkannya untuk mengakses kekuatan Speed Force. John memang tidak seterkenal Flash lain, tetapi dia tetap seorang Flash yang terbilang cukup sering melakukan perjalanan waktu dari yang lainnya. Dengan kemampuannya dia bahkan pergi ke abad 853 dan bergabung dengan tim superhero Justice Legion A.

Wallace West

Saat pertama kali diperkenalkan di era New 52, mungkin tidak banyak penggemar Flash yang menyukai karakter Wallace West. Salah satu alasannya karena banyak yang mengira DC akan menggantikan Flash dengan alter ego yang berasal dari komunitas kulit hitam. Pada kenyataannya, Wallace adalah Flash versi multiverse yang dimaksudkan untuk menambah keberagaman di DC Universe. Secara kecepatan, Wallace memang lebih cepat dari sebagian besar superhero, tetapi jika dibandingkan dengan Flash lain mungkin di masih berada di urutan terakhir karena karaktenya terbilang jarang dieksplorasi.

Wally West

Alter ego terakhir yang pernah menjadi seorang Flash di DC Universe adalah Wally West. Sebagai Flash ketiga yang ditunjuk langsung oleh Barry Allen, perkembangan Wally terbilang lebih pesat dari Flash lainnya. Di mana dia bahkan pernah diceritakan mendapatkan kekuatan Maha Kuasa dari Doctor Manhattan. Yang lebih menariknya lagi, walaupun tanpa kekuatan Doctor Manhattan sebenarnya kecepatan berlarinya tercatat paling cepat dari yang lain, sampai-sampai saat Wally berlari dia mampu menembus benda padat yang ada di hadapannya. Starusnya sebagai Flash tercepat telah diakui oleh mentornya Barry dan DC Universe secara keseluruhan.

Itulah delapan alter ego Flash paling menarik yang pernah diceritakan di DC Universe. Sampai hari ini mereka semua bisa dibilang masih eksis di multiverse DC dengan kisah dan misinya masing-masing. Tidak jarang juga petualangan mereka saling bersinggungan, karena sejatinya para Flash ini berada di lorong yang sama, yaitu Speed Forcce, kecuali Eobard Thawne yang kekuatannya berasal dari Negatice Speed Force. Jika kita kesampingkan Wally West yang kecepatannya sudah berada di puncak, dari semua Flash ini mana kira-kira yang paling berpotensi menjadi juara satu jika ikut lomba lari, Geeks?

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.