Jika biasanya sebuah proyek film memiliki pengumuman jadwal tentang proses produksinya, namun beberapa film dibuat justru secara rahasia. Sebelum sebuah film ditayangkan atau bisa disaksikan oleh para penonton, tentu ada berbagai proses yang terjadi di belakang layar. Salah satunya adalah proses produksi. Jika proses produksi tidak berjalan, maka proyek film tersebut tidak akan pernah selesai.

Biasanya, sebuah proyek film memiliki perkiraan jadwal produksi meskipun tidak diumumkan di mana dan kapan detail proses tersebut dilakukan. Dan juga, ketika ada fans atau orang yang mengetahui sebuah proses produksi dilakukan mereka akan membagikannya di media sosial. Tetapi, beberapa film ini justru dibuat secara diam-diam alias rahasia. Apa saja filmnya?

The Cove

The Cover memang bukan sebuah film layar lebar atau film pada umumnya. Ini merupakan sebuah film dokumenter tentang bagaimana para ikan lumba-lumba diperlakukan di Jepang. Film ini juga memperlihatkan bagaimana para nelayan lokal di wilayah Taji menghabisi para lumba-lumba tersebut. Karena ini bersifat sensitif, tidak ada cara lain untuk merekam aktivitas tersebut selain secara rahasia.

Menurut laporan dari Wired, sang pembuat film perlu bertindak kreatif untuk bisa mengambil gambar. Contohnya adalah ketika menaruh atau meletakan kamera tersembunyi di beberapa tempat atau lokasi di mana para lumba-lumba tersebut dihabisi. Kamera tersebut disembunyikan sedemikian rupa agar bisa berbentuk seperti batu. Bahkan, butuh usaha ekstra untuk bisa mengambil kembali kamera tersebut.

Under The Skin

Film bergenre fiksi ilmiah mengerikan ini bercerita tentang seorang alien yang menyamar menjadi wanita. Alien tersebut kemudian menggoda banyak laki-laki dan mengajak mereka ke mobil van miliknya. Namun, tanpa mereka sadari para laki-laki tersebut kemudian dikirim ke dimensi yang lain. Proses pengambilan gambar film ini dilakukan di wilayah Glasgow, Skolandia.

Beberapa lokasi yang jadi pengambilan gambar film ini adalah klub malam, mall, dan transportasi publik. Menariknya, proses shooting film ini sangat rahasia bahkan para cast atau bintang yang berperan pun tidak tahu di mana mereka sebenarnya. Banyak “bintang” di film ini yang sebenarnya bukan merupakan aktor asli, melainkan orang biasa. Kru film berhasil menangkap momen dari reaksi asli mereka yang diambil dari sebuah kamera tersembunyi.

A Ghost Story’s

Film ini tidak seperti judulnya. A Ghost Story’s sebenarnya adalah sebuah film drama romansa meskipun kemudian ada kejutan besar di akhir ceritanya. Menurut sang sutradara, David Lowery, dirinya sengaja melakukan proses produksi film ini secara rahasia. Karena, dia takut jika film ini justru gagal di pasaran dan tidak meraih untung. Di sisi lain, Lowery juga menyebutkan jika dia ingin membuat film yang sederhana dan menarik.

Before Midnight

Before Midnight adalah film drama romansa yang dirilis pada tahun 2013. Ini adalah film ketika dari trilogi Before, yaitu Before Sunset dan Before Sunrise. Banyak fans yang sebelumnya berspekulasi jika film ketiganya akan dibuat. Kedua bintang filmnya, Ethan Hawke dan Julie Deply, bahkan menyanggah mengenai adanya proyek film tersebut. Sampai kemudian proses produksinya selesai.

Diketahui jika proses shooting dari film Before Midnight memang sengaja dilakukan secara rahasia. Pengumuman resmi filmnya baru dilakukan setelah proses produksi selesai. Pasca penayangan film ketiga ini, para fans kembali berspekulasi jika film keempatnya akan segera dibuat. Sang sutradara, Richard Linklater, mengatakan bahwa sudah terlambat untuk membuat film keempat. Namun, banyak yang beranggapan jika film keempat akan memiliki nasib yang sama seperti fllm ketiga.

R.I.P.D. 2

Salah satu kejutan di tahun 2022 dari industru film adalah munculnya pengumuman film R.I.P.D. 2. Mengapa kemudian ini jadi kejutan, karena bisa dibilang tidak ada yang menyangka jika film R.I.P.D. akan dibuat sekuelnya. Juga, banyak dari para fans yang tidak berharap jika film tersebut dibuat sekuelnya.

Film R.I.P.D. sendiri dirilis pada 2013 dibintangi oleh Ryan Reynolds dan Jeff Bridges. Ceritanya sendiri menghadirkan dua sosok polisi yang bertugas di kesatuan yang khusus menangani kasus supranatural. Di situs rating film Rotten Tomatoes, R.I.P.D. memiliki rating 12%. Bahkan, para bintangnya sendiri kurang senang dengan film ini. Langkah Universal untuk menghadirkan film sekuelnya bisa dibilang adalah langkah berani. Pasalnya, film R.I.P.D. sendiri hanya mendapatkan setengah dari biaya produksi yaitu 150 juta Dollar Amerika.

Escape From Tomorrow

Escape From Tomorrow adalah film yang memang kurang banyak disorot, sehingga wajar jika banyak orang yang kurang mengenal filmnya. Konyolnya adalah adalah cerita di balik layar pembuatan filmnya dianggap jauh lebih menarik daripada cerita filmnya itu sendiri. Escape From Tomorrow menghadirkan konsep film hitam putih yang gelap dan penuh depresi. Namun, tema dari filmnya berbanding terbalik dengan lokasi pengambilan gambarnya.

Film ini melakukan proses shooting di Disney World. Ironisnya adalah semua proses shooting film ini dilakukan tanpa meminta izin kepada pihak Disney terlebih dahulu. Disney memang dikenal sangat ketat dalam melindungi hak cipta dan properti milik mereka. Bahkan, ada banyak keamanan yang disebar di taman bermain tersebut. Proses shooting filmnya bisa dilakukan karena para aktor di film tersebut hanya memiliki salinan digital dari naskah skrip yang mereka simpan di gawai mereka. Pengambilan gambarnya pun hanya dilakukan dengan menggunakan kamera digital sehingga membaur dengan para pengunjung lain.

10 Cloverfield Lane

Bisa dibilang film 10 Cloverfield Lane adalah Cloverfield 2. Para fans menantikan sekuel resmi dari film Cloverfield, yang mana kemudian film 10 Cloverfield Lane yang dirilis pada 2016 akhirnya mengungkap adanya koneksi dengan film pertamanya. Proses produksi dari film ini benar-benar dibuat secara rahasia karena nama dari proyek film saat diproduksi diganti menjadi ‘Valencia.’

Bahkan, dalam laporan Collider disebutkan tidak ada satu pun orang yang tahu atau sadar jika mereka sedang membuat film sekuel dari Cloverfield. Para kru pun tidak tahu jika mereka membuat sekuel filmnya. Yang menarik adalah bahkan para bintangnya pun tidak tahu jika film itu adalah sekuel dari Cloverfield sampai beberapa hari sebelum perilisan sekuelnya.

El Camino

Proyek film El Camino memang diketahui diproduksi secara diam-diam berkat berbagai petuinjuk yang ada. Banyak para fans yang tidak sadar jika film El Camino: A Breaking Bad Movie sebenarnya sedang diproduksi saat itu. Film ini berfokus pada Jesse Pinkman pasca dia berhasil kabur dari markas Jack. Karena, film ini menghadirkan banyak cameo akhirnya proses produksinya sendiri dilakukan secara rahasia.

Banyak hal yang dilakukan oleh para kru dan cast agar proses produksinya tidak diketahui publik. Misalnya ketika Aaron Paul harus berbohong ketika dia ditanya tentang proyek film tersebut. Paul diberikan saran untuk menjawab jika dia sedang mengerjakan sebuah film indie. Para aktor diantar dari dan menuju set pengambilan gambar. Pemandangan lokasi shooting pun ditutupi oleh deretan truk. Sebenarnya, saat proses produksi filmnya surat kabar Alburquerque sempat membuat berita tentang kemungkinan adanya proyek lain dari Breaking Bad. Bahkan, sempat ada juga pengumuman untuk pencarian cameo.

Unsane

Unsane memang bukan film pertama yang diambil menggunakan smartphone, namun film ini tetap dianggap sangat luar biasa. Film ini disutradarai oleh Steven Sodenbergh. Yang menarik kemudian adalah film ini diproduksi secara rahasia dan banyak orang yang terkejut dengan adanya film ini ketika trailernya dirilis secara online. Karena, Sodenbergh sendiri merupakan salah satu sutradara terkenal.

Beberapa film populer yang dibuat oleh Sodenbergh diantaranya adalah film-film Ocean’s, Contagion, dan masih banyak lainnya. Karena itulah, tidak ada yang menyangka jika Sodenbergh akan membuat sebuah film dengan hanya bermodalkan sebuah smartphone. Yang tidak kalah menarik adalah di situs Reddit, Sodenbergh sempat memberikan “petunjuk” terkait hal ini.

Borat: Subsequent Movie Film

Mengingat reputasi sosok Sascha Baron Cohen dan juga film Borat, rasanya memang tidak mengherankan jika film sekuelnya yaitu Borat: Subsequent Movie Film diproduksi secara rahasia. Beberapa orang memang sempat melihat Sascha Baron Cohen sedang menggunakan kostum Borat. Namun, mereka meduga jika tidak ada hal spesial dari hal tersebut meskipun ada juga yang penasaran.

Situs Collider yang kemudian pertama kali mengabarkan mengenai Sascha Baron Cohen melakukan produksi filmnya secara diam-diam dan melakukan editing setelah cukup lama filmnya selesai diproduksi. Proses produksinya sendiri diketahui dilakukan saat pandemi terjadi. Beberapa nama memang muncul dalam filmnya dan mereka bahkan tidak membocorkan proyek tersebut.

Melakukan proses produksi atau shooting secara rahasia memang jarang dilakukan oleh para pembuat film. Mereka lebih cenderung memberikan pengumuman kapan mereka akan melakukan proses tersebut. Namun, sebagian pembuat film justru memutuskan untuk merahasiakan prosesnya meskipun karena berbagai alasan.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.