Mobil jadi salah satu elemen yang menarik dalam sebuah alur cerita film, bahkan terdapat beberapa mobil yang justru jadi ikonik di dunia film berkat kemunculannya dan digunakan oleh karakter utama. Dalam sebuah film biasanya para penonton lebih cenderung fokus terhadap cerita atau karakter yang muncul dalam ceritanya. Namun, yang menarik adalah terkadang ada juga yang justru “salah fokus” terhadap kendaraan yang muncul.

Salah satu contohnya adalah mobil yang dikendarai oleh para karakter. Di sepanjang sejarah industri perfilman Hollywood terdapat beberapa kendaraan, khususnya mobil, yang sudah dianggap sangat ikonik. Bahkan, saking ikoniknya, banyak orang-orang di dunia nyata berusaha untuk memiliki atau bahkan menirukan gaya dari mobil-mobil tersebut. Apa saja mobil-mobil tersebut?

Aston Martin DB5

Mobil Aston Martin DB5 yang dirilis diluncurkan pada 1964 memang sudah dikenal sebagai salah satu mobil klasik yang luar biasa. Hal ini karena desainnya yang menarik dan terkesan mewah. Namun, ketika kemudian mobil ini muncul dalam salah satu film James Bond, Goldfinger, dan jadi kendaraan andalan dari sang mata-mata membuat pamor dari mobilnya meningkat.

Bahkan, sampai saat ini, mobil ini sudah dianggap sebagai salah satu ikon dari franchise James Bond. Menurut informasinya, dua mobil Aston Martin DB5 sengaja digunakan dalam film ini. Satu mobil digunakan untuk berbagai adegan aksi karena penuh dengan perlatan dan senjata. Satu mobil lainnya digunakan untuk adegan berkendara. Yang menarik adalah mobil ini sempat kembali muncul di film No Time to Die yang dibintangi oleh Daniel Craig.

Chevrolet Camaro

Semenjak kemunculannya pada film Transformers di tahun 2007 lalu, banyak orang yang beranggapan atau mengasosiasikan jika mobil Chevrolet Camaro generasi kelima – terutama yang memiliki garis hitam di tengahnya – dengan karakter Bumblebee dari kelompok Autobot. Bumblebee sendiri merupakan salah satu karakter utama dari franchisenya, di mana dia berusaha untuk melindungi Sam Witwicky.

Dalam franchise tersebut, Bumblebee kemudian mengambil wujud mobil Chevrolet Camaro untuk mode penyamarannya selama di bumi. Sebuah fakta menarik muncul di mana sebenarnya Chevrolet baru secara resmi merilis Camaro generasi kelima ini pada 2010. Sedangkan, mobil Camaro yang kemudian identik dengan karakter Bumblebee adalah sebuah purwarupa alias prototype.

Ford Mustang Mach 1

Geeks yang merupakan penggemar franchise John Wick mungkin akan sadar dengan mobil ini. Dalam film John Wick pertama yang rilis pada 2014 diperlihatkan jika John memiliki sebuah mobil For Mustang Mach 1 tahun 1964. Namun, pada suatu momen dia kemudian bertemu dengan anak dari Viggo Tarasov yaitu Iosef Tarasov. Dia memaksa untuk membeli mobilnya, namun ditolak oleh John.

Pada akhirnya, dia melakukan pencurian mobil tersebut dan sempat diserahkan kepada Aurelio. Ini adalah salah satu alasan yang kemudian membuat John Wick akhirnya kembali ke dunia lamanya sampai sekarang. Ironisnya, di film kedua mobil ini diperlihatkan dalam keadaan rusak parah meskipun John akhirnya berhasil mendapatkannya kembali dari tangan Abram Tarasov. Aurelio sendiri menyebutkan bahwa mobil ini mungkin butuh waktu lama untuk menyelesaikannya.

Volkswagen Beetle

Sebenarnya, hampir seluruh orang sudah mengenal Volkswagen Beetle. Seperti halnya Aston Martin DB5, VW Beetle merupakan salah satu mobil ikonik dan populer. Desain klasik khas VW jadi salah satu poin mengapa kemudian mobil ini begitu dikenal. Namun, kepopulerannya kemudian semakin meningkat ketika muncul dalam film Herbie: Fully Loaded yang dibintangi oleh Lindsay Lohan.

Dalam film tersebut diceritakan jika Herbie memiliki jiwa yang mampu mengerti perasaan dan ambisi dari Maggie Peyton, yang ingin menjadi seorang pebalap Nascar. Meskipun Herbie jadi satu-satunya mobil VW yang ikut kompetisi, namun dia kemudian membuktikan bahwa kekuatan dan ambisi ditambah juga kemampuan dari Maggie bisa menjadikan mereka juara.

Mini Cooper

Mini sebenarnya merupakan merk mobil asal Inggris yang populer di kalangan pecinta mobil. Meskipun begitu, nama Mini sendiri mulai dikenal ketika produk mereka, Mini Cooper, kemudian muncul di sitkom paling populer yaitu Mr. Bean. Mobil ini bahkan kemudian erat kaitannya dengan karakter yang diperankan oleh Rowan Atkinson tersebut.

Mini kemudian mulai populer di industri Hollywood, ketika kemudian mobil ini muncul dalam film The Italian Job. Di film ini popularitas Mini kemudian melejit. Dalam film tersebut diperlihatkan bagaimana tiga mobil Mini Cooper digunakan untuk melakukan sebuah pencurian emas besar. Di film ini juga diperlihatkan bagaimana kelincahan dari mobil tersebut yang akhirnya populer hingga sekarang.

Dodge Charger R/T

Franchise Fast and Furious memang berhasil menghadirkan berbagai mobil-mobil eksotik dari berbagai produsen otomotif. Namun, salah satu mobil yang cukup banyak menyita perhatian para fans tentunya adalah Dodge Charger R/T tahun 1970 yang dimiliki oleh Dominic Toretto. Ini adalah mobil keluarga dari Dom, di mana dia membangunnya bersama sang ayah.

Terlepas dari banyaknya hal yang kurang nyata dari mobil tersebut serta bagaimana penggunannya, mobil ini tetap jadi salah satu mobil ikonik di dunia film. Mobil Dodge Charger ini pada akhirnya muncul dan digunakan oleh Dom di akhir film pertamanya, di mana dia balapan dengan Brian O’Connor. Namun, mobil tersebut pada akhirnya harus hancur lebur.

Toyota Supra MK IV

Selain Doge Charger R/T tahun 1970, mobil ikonik yang juga muncul dari franchise Fast and Furious adalah Toyota Supra MK IV tahun 1994. Mobil yang dibangun oleh Brian dan juga seluruh kru dari Dom ini memiliki warna jingga yang mencolok. Mesin populer 2JZ-GTE juga diperlihatkan mendapatkan peningkatan dari Brian dan Dom. Filmnya sendiri tidak memberikan detail peningkatan dari mobilnya.

Meskipun begitu, dalam film Fast & Furious diperlihatkan jika mobil ini memiliki torsi yang besar dengan berhasil mengalahkan Ferrari F355 Spider. Yang luar biasa adalah banyak kemudian orang-orang dan para pecinta mobil yang tahu mobil Supra ini. Bahkan, di kalangan komunitas pecinta mobil Toyota Supra MK IV ini selalu menjadi magnet tersendiri.

Cadillac Miller-Meteor

Penggemar series Ghostbuster pasti tidak asing dengan mobil operasional dari tim pemburu hantu tersebut yaitu Ecto 1. Dirilis pertama kali pada 1984, tim Ghostbuster memperkenalkan diri mereka sebagai kelompok yang mampu untuk membasmi berbagai aktivitas supranatural. Untuk menuju lokasi kejadian, mereka menggunakan Ectomobile atau Ecto 1.

Ini merupakan mobil klasik berjenis Cadillac Miller-Meteor tahun 1959 yang dimodifikasi sedemian rupa. Mulai dari dipasangi rotator berwarna biru, cat putih dengan garis merah, dan tidak lupa juga logo dari tim Ghostbusters. Mobil berjenis station wagon ini merupakan mobil yang multifungsi, di mana penggunanya bisa menjadikannya mobil untuk liburan bersama keluarga.

DeLorean DMC-12

Menurut catatan informasi yang ada, sebenarnya DeLorean DMC-12 merupakan salah satu mobil sports paling buruk yang pernah dibuat. Beberapa faktor yang dianggap membuat mobilnya buruk adalah posisi mesin, material mobilnya, berat beban mobil, dan bahkan konsep pintu yang berbentuk gunting juga dianggap sebagai salah satu hal yang membuat mobil ini dianggap buruk.

Ironisnya, dalam filmnya kita melihat bagaimana DeLorean berhasil mencapai kecepatan tinggi dalam waktu singkat. Namun, faktanya, hal tersebut tidak terjadi karena butuh waktu yang lebih lama untuk mencapai kecepatan tertentu. Perusahaannya sendiri kemudian bangkrut pada 1982. Meskipun begitu, film Back to the Future berhasil membalikan stigma negatif tersebut dengan menggunakan DeLoream DMC-12 tahun 1981. Bahkan, mobilnya jadi salah satu ikon budaya populer dari era 1980an seperti halnya Ecto 1.

Batmobile

Mungkin, bisa dibilang jika Batmobile adalah mobil paling ikonik dan bersejarah di dunia film sebelum merk-merk mobil di atas muncul. Dalam sepanjang sejarah budaya populer, Batmobile adalah mobil yang paling banyak dikenal oleh orang-orang. Pertama kali di komiknya pada tahun 1930, Batmobil kemudian muncul di layar kaca pada 1966 dalam series pertama Batman yang diperankan oleh Adam West.

Mobilnya sendiri saat itu adalah sebuah mobil konsep dari Lincoln Futura. Sejak kemunculan Batmobile versi Adam West ini, Batmobile pun mengalami banyak peningkatan dan perkembangan. Misalnya The Tumbler yang muncul pada film Batman Begins atau yang paling baru tentunya adalah dalam film The Batman karya Matt Reeves yang rilis pada 2021.

Mobil sudah jadi salah satu elemen menarik dari dunia film, seperti halnya para karakter yang muncul di ceritanya. Buktinya adalah sampai sekarang terdapat beberapa mobil yang ikonik dan bahkan dikenang oleh para fans dari dunia film. Mereka bahkan sering mengaitkan mobil tersebut dengan film atau karakter yang pernah menggunakan mobil tersebut di filmnya.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.