Sebelum hengkang dari mega proyek DC Extended Universe, Zack Snyder adalah sutradara sekaligus pionir yang bertanggung jawab dalam menggarap kisah Superman sampai Justice League. Film DCEU pertamanya yang berjudul Man of Steel telah berhasil memperkenalkan versi live action baru dari Superman yang diperankan Henry Cavill. Nah berbicara tentang Man of Steel, ternyata tadinya Zack Snyder sempat disarankan oleh James Cameron untuk menggarap film solo pertama Superman ini dengan format 3D seperti Avatar.

Sebagai penggemar setia tayangan Hollywood mungkin kalian pernah melihat film Avatar dari sutradara James Cameron yang dirilis pada tahun 2009 silam. Sebagai film bergenre sci-fi epik, Avatar dianggap sebagai salah satu film terunik sekaligus tercanggih pada masanya yang dikerjakan dengan teknik motion capture baru, di mana penampilan para aktornya berhasil dipadukan dengan sinematik 3D yang ciamik. Kesuksesan filmnya yang meraup hampir tiga miliar dolar Amerika, akhirnya menelurkan sebuah sekuel yang lebih ‘indah dan megah’ berjudul Avatar: The Way of Water pada akhir tahun lalu.

Belum lama ini dalam acara Snyder Con 2023, Zack Snyder kembali mengenang diskusinya dengan James Cameron yang mencoba meyakinkannya untuk menggarap seperti Avatar. “Kami pernah mengadakan pertemuan dengan James Cameron sebelum menggarap Superman. Dia menginginkan kami untuk merekam filmnya dalam format 3D. Namun [penggarapan] filmnya justru malah bermasalah, karena kami membutuhkan dua kamera setiap saat,” ungkapnya.

Meskipun tidak menceritakan secara detail apa yang dilakukannya setelah itu, tetapi cukup jelas bahwa Snyder akhirnya menolak ide tersebut dan memilih kembali merekam film Man od Steel seperti biasa. Mungkin karena alasan waktu dan anggaran yang berpotensi lebih besar, akhirnya keputusan untuk menggarap filmnya dengan cara tradisional dianggap lebih efisien. Walaupun begitu pada akhirnya versi 3D Man of Steel tetap dicapai melalui metode konversi digital saat pascaproduksi, agar filmnya bisa ditayangkan di bioskop 3D.

Terlepas dari penggarapannya yang batal menggunakan ide James Cameron, sutradara Zack Snyder mengklaim bahwa dia sebenarnya telah menggarap film Superman dengan sungguh-sungguh. Hal senada sebelumnya pernah disampaikan juga oleh para aktor Man of Steel, seperti pemeran General Zod’ Michael Shannon, yang merasa senang bisa terlibat dalam film penting DC. Bagi yang belum menontonya, saat ini film Man of Steel sendiri bisa langsung kalian saksikan di saluran streaming HBO Max.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.