Di dunia Harry Potter, Quidditch dikenal sebagai olahraga paling ikonis sekaligus unik yang sangat digemari oleh para siswa Sekolah Sihir Hogwarts. Menurut Hagrid, oleh raga ini kurang lebih sama seperti sepak bola yang dimainkan oleh para muggle alias manusia biasa. Bedanya para penyihir akan memainkannya dengan menggunakan sapu terbang alias broomstick, serta tambahan Golden Snitch yang membuatnya terasa lebih meriah. Pada artikel kali ini kita akan membahas lima fakta menarik dari olahraga sihir Quidditch yang mungkin belum pernah kalian dengar sebelumnya. Apa saja? Simak di bawah ini.

Lahir di Manchester

Seperti yang kita tahu J.K. Rowling yang menciptakan kisah Harry Potter sejatinya adalah seorang novelis populer yang berasal dari Inggris. Alasan ini jugalah yang kemudian mendorongnya untuk membuat olahraga Quidditch dalam cerita Harry Potter yang mirip seperti sepak bola. Menurut Rowling sendiri Quidditch adalah ide olahraga fiktif yang lahir saat dia menulis buku pertama Harry Potter and the Philosopher’s Stone di Kota Manchester, rumah bagi klub sepak bola besar Manchester City dan Manchester United. Harapannya Quidditch dapat mempersatukan para penyihir di dunianya dan memang terbukti berhasil.

Golden Snitch Pertama

Tahukah kalian Geeks walaupun olahraga Quidditch sudah dimainkan di dunia Harry Potter sejak abad ke-13, ternyata bola emas terbang Golden Snitch baru pertama kali ditemukan oleh pandai besi bernama Bowman Wright dan dipakai langsung dalam pertandingan pada abad ke-19. Sebelumnya para penyelanggara Quidditch menggunakan seekor burung Golden Snidget untuk dipakai dalam pertandingan. Namun karena dianggap sebagai penyiksaan terhadap hewan yang hampir punah, Dewan Penyihir akhirnya melarang keras penggunaan burung Golden Snidget untuk alasan apa pun.

Pertandingan Terlama

Sebagai penggemar cerita Harry Potter, kita semua mungkin sudah paham bagaimana sebuah pertandingan Quidditch berjalan sampai akhirnya berakhir. Ketika salah satu Seeker dari dua tim ada yang berhasil menangkap Golden Snitch maka pertandingan Quidditch dinyatakan selesai. Nah menurut seorang mantan kiper sekaligus kapten Quidditch Gryffindor, Oliver Wood, pertandingan Quidditch terlama pernah berlangsung selama tiga bulan. Kedua tim sampai harus melibatkan banyak pemain pengganti agar sisanya bisa tidur, makan, dan pergi ke toilet, sampai akhirnya salah satu Seeker berhasil mendapatkan Golden Snitch.

Ginny Adalah Atlet Qidditch

Ginny Weasley adalah adik Ron Weasley yang akhirnya menikah dengan Harry Potter di akhir cerita. Ternyata setelah menekuni olahraga Quidditch di Hogwarts, setelah lulus dia mulai bermain sebagai pemain profesional dari tim wanita Holyhead Harpies sebagai Chaser. Menurut J.K. Rowling, saking populer dan berpengalamannya Ginny sebagai atlet Quidditch, walaupun telah pensiun dia tetap menjadi ahli olahraga Quidditch di majalah The Daily Prophet. Ketika Harry disibukkan dengan tugasnya sebagai penyelidik kriminal di British Auror Office, pada saat yang bersamaan Ginny juga ikut mengulas banyak pertandingan di Quidditch World Cup 2014.

Quidditch World Cup 2014

Quidditch World Cup 2014 adalah puncak perhelatan olahraga Quidditch di dunia Harry Potter. Jarang orang yang tahu bahwa World Cup ke-427 ini diadakan di Gurun Patagonia, Argentina. Di mana Bulgaria menang dari Brazil pada pertandingan final. Saking meriahnya Quidditch World Cup 2014, Harry, Ginny, dan tiga anaknya, bersama keluarga Ron, Hermione, Neville Longbottom, serta Luna Lovegood, sampai melihat langsung pertandingan finalnya. Pada titik ini para penyihir di Wizarding World juga menyaksikan Viktor Krum yang berusia 38 tahun berhasil membuktikan bahwa usia bukanlah penghalang bagi seorang atlet Quidditch.

Itulah lima fakta Quidditch yang jarang diketahui di semesta Harry Potter. Semua fakta ini secara tidak langsung telah menegaskan walaupun kisah utama Harry Potter telah berakhir, tetapi Quidditch tetap menjadi olahraga yang paling populer di Wizarding World. Di mana Quidditch World Cup terus diselenggarakan, dan pada saat yang bersamaan Hogwarts terus mencetak sejumlah pemain profesional yang namanya makin populer sebagai seorang atlet Quidditch. Bahkan di dunia nyata sendiri olahraga Quidditch masih tetap diselenggarakan dengan penyesuaian yang memungkinkan para muggle untuk memainkannya.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.