Di cerita One Piece, Devil Fruit alias Buah Iblis sangat memainkan peran penting dalam memberikan kekuatan unik kepada para karakternya, baik protagonis seperti Monkey D. Luffy maupun antagonis sekelas Blackbeard. Namun, tidak semua Buah Iblis yang muncul dalam media One Piece secara keseluruhan, dianggap canon dengan cerita utama yang ditulis langsung oleh penciptanya Eiichiro Oda. Itu artinya ada sejumlah Buah Iblis yang tidak diakui sebagai bagian dari manga dan anime resminya. Berikut ini enam Buah Iblis yang bukan canon karena hanya ada di video game dan penampilan panggung One Piece!

Pasa Pasa no Mi

Saat Simon the Divine muncul sebagai antagonis utama di video game One Piece: Great Hidden Treasure of the Nanatsu IslandsĀ (2002), banyak penggemar yang merasa kekuatan dari kapten bajak laut Simon ini sangat unik. Di mana Simon mampu mengurai tubuhnya menjadi lembaran kertas yang bisa dikontrol untuk melukai lawannya. Faktanya kekuatan Simon ini berasal dari Buah Iblis tipe Logia, Pasa Pasa no Mi atau Paper-Paper Fruit, yang bukan merupakan canon karena tidak dianggap sebagai bagian dari cerita utama Oda sensei. Jika kalian belum pernah melihat kemampuan Simon, cukup bayangkan kekuatan Konan dalam cerita Naruto yang sama-sama mampu mengubah tubuhnya menjadi kertas.

Mini Mini no Mi

Mini Mini no Mi adalah Buah Iblis Paramecia yang memungkinkan pemakannya untuk memanipulasi struktur tubuhnya. Dengan kata lain siapa pun yang memakan Buah Iblis unik ini dapat dengan mudah memperbesar atau memperkecil ukurannya. Seperti Blyue yang hanya muncul di video game One Piece: Round the Land (2004). Sebagai salah satu antagonis raksasa dari Pulau Elbaf, kemampuan Mini Mini no Mi memungkinkan Blyue untuk mengecil hingga seukuran manusia sehingga dia bisa berkomuniasi secara efektif dengan kru bajak laut Topi Jerami. Meskipun Buah Iblis ini sempat kembali disinggung di Z’s Ambition Arc, tetapi statusnya masih bukan canon di cerita utama One Piece.

Inu Inu no Mi, Model: Bake-Danuki

Sesuai dengan namanya Inu Inu no Mi atau Dog-Dog Fruit model Bake-Danuki, adalah Buah Iblis tipe Mythical Zoan yang memungkinkan pemakannya untuk berubah menjadi hewan anjing rakun legendaris yang disebut tanuki. Buah Iblis ini dimakan oleh sebuah ‘pulpen’ bernama Pato yang muncul secara eksklusif di video game One Piece: Unlimited World RedĀ (2013). Buah Iblis ini memungkinkan Pato untuk mengeluarkan daun-daun yang bisa berubah menjadi orang lain atau serangan pengguna Buah Iblis lain, misalnya petir Enel atau hujan es Kuzan. Meskipun Pato didesain langsung oleh Oda sensei, tetapi Buah Iblis miliknya bukan merupakan canon dalam cerita utama One Piece.

Batto Batto no Mi, Model: Vampire

Satu lagi Buah Iblis yang hanya muncul di One Piece: Unlimited World Red (2013), yaitu Batto Batto no Mi alias Bat-Bat Fruit model Vampire yang dimakan oleh antagonis utama video gamenya yang bernama Patrick Redfield. Sama seperti peliharaannya Pato, Redfield yang dijuluki Red the Aloof ini didesain langsung oleh Oda sensei. Walaupun begitu, dia dan Buah Iblis miliknya tetap bukan canon dari cerita manga atau anime One Piece. Batto Batto no Mi model Vampire ini merupakan Buah Iblis tipe Mythical Zoan yang memungkinkan Redfield untuk berubah menjadi vampir kuat yang bisa terbang serta menyerap energi kehidupan, baik dengan menggigitnya atau menancapkan kukunya pada musuh.

Zuma Zuma no Mi

Dari video game sekarang kita beralih ke penampilan panggung One Piece Premier Show 2014 yang juga punya Buah Iblis eksklusif, walaupun bukan canon dari cerita utama One Piece. Buah Iblis yang dimaksud adalah Zuma Zuma no Mi atau Plasma-Plasma Fruit yang dimakan oleh Smash, seorang mantan Marine sekaligus antagonis dalam penampilan panggungnya. Meskipun tipenya masih menjadi misteri, tetapi Buah Iblis ini membuat Smash bisa mengubah tubuhnya menjadi plasma dan mengeluarkan bola listrik raksasa yang terbuat dari zat plasma. Setelah kalah dari Luffy, Smash sendiri diceritakan menjadi salah satu narapidana Impel Down di One Piece Premier Show 2019.

Meta Meta no Mi

Penampilan panggung lainnya yang bukan canon tetapi mempunyai Buah Iblis khusus adalah One Piece Dramatic Stage THE METAL. Pada penampilan panggung yang menggunakan teknologi hologram 3D ini para penggemar One Piece untuk pertama kalinya diperkenalkan pada Buah Iblis Meta Meta no Mi yang memungkinkan Vice Admiral Graydle untuk mengontrol logam cair. Graydle sendiri dapat menggunakan kekuatannya ini untuk membuat logam cair ‘hidup’ yang menyerupai orang lain, seperti Zoro, Sanji, Chopper, dan Nami. Dia juga bisa memadatkan logam cair di tangannya menjadi sebuah pedang besar yang sangat mematikan.

Itulah enam Buah Iblis dengan kekuatan luar biasa yang bukan merupakan bagian dari canon One Piece. Meskipun hanya muncul di video game atau penampilan panggung One Piece, tetapi keenam Buah Iblis ini mempunyai tempat khusus di hati penggemarnya karena mempunyai kekuatan yang hebat dan dampak yang besar terhadap ceritanya masing-masing. Jika saja deretan Buah Iblis ini diakui sebagai canon bukan tidak mungkin pemilik kekuatannya akan langsung menjadi karakter populer di manga atau anime One Piece. Dari semua Buah Iblis langka ini mana kira-kira yang jadi favorit kalian, Geeks?

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.