Dalam semesta Dune terdapat tiga kekuatan besar yang berusaha untuk mengendalikan semua hal yang ada di galaksi, namun siapa mereka sebenarnya? Dune merupakan sebuah series karya Frank Herbert di mana alur ceritanya berhasil membangun sebuah semesta yang sangat kompleks. Ada banyak hal yang terjadi dalam cerita utamanya, namun tidak banyak yang disadari jika ada hal lain yang juga memberikan dampak besar dalam ceritanya.

Dune bukan cerita yang berfokus pada penguasaan sebuah wilayah. Ini merupakan sebuah cerita yang berkaitan dengan semua orang dan pihak yang terlibat dalam sebuah struktur besar. Diketahui ada tiga kekuatan besar yang muncul di semesta Dune yang mampu memberikan dampak besar pada ceritanya, yaitu Phadishan Emperor, Spacing Guild, dan Great House. Siapa mereka dan apa pengaruhnya?

Spacing Guild

Kekuatan besar pertama di semesta Dune bukan berkaitan dengan politik, melainkan murni perdagangan. Spacing Guild adalah sebuah organisasi perdagangan yang mengatur dan mengendalikan semua aktivitas perdagangan di galaksi. Selain masalah transportasi, mereka juga biasanya mengatur tentang spice atau rempah yang jadi komoditi utama di seluruh galaksi semesta Dune.

Sayangnya, tidak diketahui banyak tentang siapa pemimpin dari Spacing Guild. Yang pasti fungsi dan tujuan mereka jelas. Para navigator dari Spacing Guild memiliki kemampuan untuk bisa melihat ke masa depan. Bepergian antar galaksi tanpa memanfaatkan seorang navigator dari Spacing Guild akan berakibat perjalanan menjadi sangat panjang dan lama. Bahkan, mereka juga bisa saja tewas di tengah perjalanan.

Spacing Guild mendapatkan banyak keuntungan dari salah satu sumber pemasukan mereka yaitu menyediakan jasa navigator. Namun, organisasi ini tidak ikut campur dalam urusan politik yang terjadi di galaksi. Mereka juga tidak memiliki pengaruh apa pun dalam politik di galaksi Dune. Mereka memiliki sumber daya yang tidak dimiliki oleh yang lain, dan semua pihak di semesta Dune tidak akan mampu bertahan tanpa bantuan dari Spacing Guild.

Great House Landsraad

Great House of Landsraad adalah salah satu kekuatan besar di semesta Dune di mana kelompok atau organisasi ini terbentuk dari banyak keluarga kerajaan yang tersebar di seluruh galaksi. Biasanya, para House tersebut menjadi penguasa sebuah wilayah atau planet. Tidak jarang mereka juga sering bertempur satu sama lain demi memperebutkan sebuah wilayah.

Great House Landsraad dipimpin oleh High Council, yang merupakan pemimpin dari masing-masing House atau klan. Mereka biasanya menjadi penengah dari berbagai konflik yang terjadi antar klan atau House. Namun, tidak jarang juga para High Council tersebut terlibat dalam pertempuran yang ada. Dua House yang populer dan jadi bintang utama dalam ceritanya adalah House Harkonnen dan House Atreides.

House Atreides adalah House yang jadi asal-usul sang protagonis utama, Paul Atreides. Sedangkan, House Harkonnen jadi House bagi salah satu villain utama dalam ceritanya yaitu Baron Vladimir Harkonnen dan juga Glossu Rabban. Di sisi lain, dengan banyaknya kekuatan House di organisasi ini membuat Great House Landsraad memiliki kekuatan militer yang luar biasa. Sayangnya, sering kali mereka bergerak lambat untuk menangangi konflik yang ada. Para High Council juga sering memperhitungkan profit atau keuntungan bagi mereka.

Padishah Emperor

Padishah Emperorr atau Emperor adalah pemimpin utama dari seluruh galaksi di semesta Dune. Inilah kekuatan terbesar yang muncul dalam ceritanya. Padishah Emperor sendiri sudah berdiri selama lebih dari 10.000 tahun di mana kekuasaan kerajaan ini diwariskan melalui keluarga Corrino. Pemimpin Padishah Emperor pertama berhasil mendapatkan kekuasaan ini ketika memenangkan sebuah pertempuran melawan mesin yang mampu berpikir.

Setelah menghabisi seluruh robot dan mesin yang ada di Battle of Corrin, seorang pria bernama Faykan Butler kemudian membuang nama terakhirnya dan mulai dengan nama Emperor Faykan I dari House Carrino. Selama puluhan ribu tahun Padishah Emperor berhasil mempertahankan kekuasaan mereka dengan memanfaatkan Sardukar, sebuah kekuatan militer paling kejam, brutal, dan mengerikan di semesta Dune.

Nama pemimpin dari Emperor saat ini – di filmnya – adalah Shaddam IV dan merupakan perwakilan/keturunan ke 81 dari House Corrino. Shaddam IV diketahui adalah karakter yang jahat. Salah satun contohnya adalah memberikan kekuasaan planet Arakkis kepada Duke Leto Atreides. Meskipun pada awalnya hal ini nampak jadi keuntungan bagi sang pemimpin Atreides, sebenarnya ini cara dari pihak Emperor untuk menyingkirkannya.

Beruntung, Leto Atreides berhasil bertahan hidup di planet berpasir tersebut berkat kemampuan adaptasinya dan bantuan dari suku Fremen. Shaddam dan keluarganya tidak ragu untuk mengerahkan dan memanfaatkan kekuatan besar miliknya untuk menghabisi semua orang demi bisa menjaga kekuasaanya.

Dune merupakan sebuah cerita yang dipenuhi oleh berbagai konglomerat, intrik politik, dan juga perdagangan. Banyak masalah yang dihadirkan dari ketiga kelompok atau tiga kekuatan ini, di mana korupsi dan keserakahan jadi hal yang lumrah diperlihatkan. Namun, dalam ceritanya jadi tugas dari Paul Atreides untuk kemudian menghancurkan dan membawa perubahan besar bagi tiga kekuatan ini.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.