Dracule Mihawk dianggap berhasil kalahkan Shanks sebagai bajak laut terkuat, karena dia bisa melakukan semuanya sendirian tanpa kru. Dracule Mihawk atau biasa juga disebut sebagai Mihawk si mata elang adalah ahli pedang terkuat di dunia One Piece. Mihawk juga merupakan sosok legendaris yang sangat penting dalam ceritanya. Mihawk sempat jadi bagian dari Shichibukai atau tujuh bajak laut penguasa laut.

Namun, dengan sistem Shichibukai yang telah dibubarkan sekarang dia tidak lagi menjadi bagian dari kelompok tersebut. Mihawk sendiri sekarang jadi bagian dari kelompok Cross Guild yang menjadi ancaman besar bagi pihak angkatan laut. Sosok Dracule Mihawk sering dikaitkan sebagai rival dari Shanks si Rambut Merah. Meskipun begitu, Mihawk dianggap berhasil kalahkan Shanks sebagai bajak laut terkuat.

Rivalitas Shanks dan Mihawk

Dracule Mihawk muncul pertama kali di awal cerita One Piece. Hal ini merupakan sesuatu yang unik karena jarang sosok karakter sekuat Mihawk muncul di awal cerita. Mihawk diketahui muncul pertama dalam arc Baratie. Mihawk sendiri adalah sosok yang sangat ingin dikalahkan oleh Roronoa Zoro. Hal ini demi memenuhi janjinya kepada Kuina, di mana dia akan menjadi ahli pedang terbaik di dunia.

Namun, mengalahkan Mihawk tentunya bukanlah tugas yang mudah. Zoro yang kemudian kalah dari Mihawk dengan mudah. Informasi tentang Mihawk kemudian muncul lagi di mana dia ternyata merupakan rival abadi dari Shansk si Rambut Merah. Shanks diketahui selalu menerima tantangan bertarung dari Mihawk. Pertarungan mereka diakui oleh Whitebeard sanggup menggetarkan seluruh Grand Line.

Sayangnya, sampai sejauh ini, tidak diketahui apa yang kemudian membuat Mihawk selalu menantang Shanks untuk bertarung. Namun, kemungkinan Mihawk mengakui level kekuatan Shanks yang luar biasa dalam kemampuan berpedangnya. Dan yang menarik juga adalah sepanjang mereka bertarung satu sama lain diketahui tidak pernah ada yang kalah atau pun menang.

Ini artinya kemampuan berpedang dari Shanks dan Mihawk berada di level yang sama alias setara. Namun, sudah sangat lama mereka berdua diketahui tidak saling bertarung. Sejak Shanks kehilangan tangannya sekitar 12 tahun yang lalu akibat pertaruhannya terhadap Luffy, Mihawk sudah tidak lagi mencari sosok Shanks untuk diajak bertarung. Masih belum diketahui secara pasti apa yang kemudian menjadi alasan Mihawk tidak lagi mencari Shanks untuk bertarung.

Di sisi lain Shanks sendiri tumbuh menjadi sosok bajak laut kuat dan menjadi salah satu Yonko. Itu artinya sudah satu dekade lebih mereka tidak saling bertarung. Ada teori mengatakan bahwa Mihawk sudah tidak berminat lagi bertarung melawan Shanks yang kehilangan lengannya. Dan sekarang Mihawk sendiri sedang menantikan ahli pedang lain yang sanggup menyamai kekuatannya atau melebihi kekuatan Shanks.

Mihawk Tidak Memiliki Kru

Jika berbicara mengenai kekuatan atau kemampuan berpedang, mungkin bisa disimpulkan jika Shanks dan Mihawk berada di level yang sama. Namun, jika kita berbicara hal lain justru Mihawk yang diketahui memiliki keunggulan dibanding Shanks. Bahkan, bisa dibilang, Mihawk berhasil kalahkan Shanks sebagai bajak laut terbaik. Apa maksudnya? Apa artinya Shanks lebih lemah dari Mihawk?

Nama Dracule Mihawk bukanlah nama yang begitu saja muncul di dunia bajak laut. Kepopulerannya sudah sejak lama diketahui oleh semua pihak, bahkan oleh World Government dan angkatan laut. Mihawk diketahui sudah terkenal di seluruh dunia jauh sebelum era Great Pirate, yang mana hal ini sangat mengesankan. Mihawk diyakini sudah menantang semua ahli pedang paling kuat dan mengalahkan mereka semua sampai dia kemudian mendapatkan titel ahli pedang terbaik.

Sudah mendapatkan gelar Shichibukai di awal serinya, menjadi bukti lainnya bahwa kedahsyatan dari Mihawk sudah terkenal sejak lama. Satu hal yang menarik dari Mihawk adalah bagaimana kemudian dia berhasil mendapatkan semua titel dan kekuatan serta kepopulerannya sendiri. Dalam hal ini, Mihawk berhasil menjadi seorang bajak laut tanpa bantuan siapa pun termasuk para kru.

Jika Geeks perhatikan, Mihawk selalu bergerak sendiri tanpa ada bantuan atau kawalan dari siapa pun. Dracule Mihawk tidak diragukan lagi adalah seorang bajak laut. Tapi, yang membedakan Mihawk dari bajak laut lain adalah dia tidak memiliki kru. Mihawk memang diketahui lebih senang menyendiri dibandingkan bersama orang lain. Selain kru, kapal yang dia gunakan untuk berlayar pun berbeda dengan kapal bajak laut yang berukuran besar.

Kapal milik Mihawk sangatlah kecil, mirip seperti kapal yang digunakan untuk menyebrang antar pulau. Dan yang unik adalah kapalnya mirip seperti peti mati. Masih belum diketahui apa yang menjadi penyebab Mihawk tidak memiliki kru atau memilih untuk menjadi seorang bajak laut penyendiri. Bisa jadi, sebenarnya Mihawk pernah memiliki kru bajak lautnya sendiri. Namun, sesuatu terjadi kepada mereka. Mungkin para kru tersebut tewas seperti kelompok Rumbar atau bisa jadi juga kelompok Mihawk bubar.

Mihawk Kalahkan Shanks

Dalam hal kekuatan, Mihawk tentu tidak perlu diragukan lagi. Dalam arc Marineford, kita bisa melihat bagaimana dahsyatnya kemampuan dari Mihawk. Perlu diingat juga bahwa Mihawk adalah rival dari Shanks, yang mana saat ini menjadi salah satu penguasa samudra alias Yonko. Artinya kekuatan Mihawk bisa diartikan setara dengan Shanks. Inilah yang kemudian membuat Mihawk tidak bisa menjadi Yonko.

Secara nilai buruan dan kekuatan Mihawk bisa saja menjadi salah satu Yonko, namun dia dianggap tidak memiliki berbagai persyaratan untuk menjadi Yonko. Salah satunya adalah memiliki armada atau kru yang besar. Mihawk selalu melakukan semuanya sendiri, termasuk meraih reputasinya saat ini. Hal ini dianggap berbeda dengan Shanks yang memiliki kru Rambut Merah.

Shanks diketahui memiliki Benn Beckman, Lucky Roux, dan masih banyak lagi. Angkatan laut pun bahkan mengakui level kekuatan mereka yang dianggap seimbang dengan Shanks, yang mana kelompok bajak laut Rambut Merah jadi kelompok bajak laut yang paling seimbang. Meskipun begitu, dalam hal menjadi bajak laut bisa dibilang jika Mihawk berhasil kalahkan Shanks. Karena, seperti yang disebutkan di atas, Mihawk melakukannya sendirian.

Ini tentunya menjadi sesuatu yang luar biasa yang dimiliki oleh Mihawk. Bahkan, jika membandingkan dengan bajak laut lain, seperti Gol D Roger atau Whitebeard, Mihawk mungkin juga unggul karena hal ini. Tetapi, Mihawk justru lebih senang dan tenang untuk tidak melakukan keributan di laut dan tetap berada di bawah radar pihak angkatan laut dan World Government.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.