Apa yang kemudian jadi alasan Dracule Mihawk memiliki salah satu julukan yaitu “Navy Hunter” atau “Pemburu Angkatan Laut”? Nama Dracule Mihawk tentunya sudah tidak asing di telinga Geeks semua. Dia pertama kali muncul dalam arc East Blue, di mana Mihawk muncul dan langsung mendapatkan perhatian para fans dengan menghancurkan kapal milik Don Krieg.

Dia juga pernah bertarung menghadapi Zoro dan menang dengan mudah. Mihawk sendiri memang hanya muncul beberapa kali dalam cerita One Piece. Dan saat ini, dia menjadi salah satu pemimpin dari kelompok Cross Guild. Yang menarik adalah kelompok tersebut memiliki tujuan untuk memburu para angkatan laut. Dan Mihawk sendiri diketahui memiliki julukan “Navy Hunter” atau “Pemburu Angkatan Laut.”

Mihawk Sang Pemburu Angkatan Laut

Fakta mengenai julukan Mihawk tersebut diketahui dalam kilas balik terbentuknya Cross Guild dalam chapter 1058. Dalam ceritanya diperlihatkan bagaimana Crocodile menawarkan Mihawk untuk bergabung dengan kelompok yang dia bangun tersebut. Pada saat itu, Mihawk sendiri dalam posisi hendak pergi meninggalkan pulau Kuraigana karena pulau tersebut sudah dikepung angkatan laut.

Crocodile sendiri menyebutkan bahwa dia membuat sebuah organisasi atau kelompok – yaitu Cross Guild – yang mana kelompok tersebut akan sangat diperhitungkan oleh pihak angkatan laut. Mengapa kemudian Crocodile memilih Dracule Mihawk untuk menjadi orang pertama yang bergabung dengan Cross Guild? Di chapter 1058 diperlihatkan jika Crocodile mengenali reputasi Mihawk.

Pertama, Crocodile tahu seberapa dahsyat level kekuatan Mihawk yang mana kemudian dia sendiri mengatakan jika gabungan kekuatan mereka berdua akan sangat diperhitungkan oleh pihak angkatan laut. Kedua, Crocodile mengetahui salah satu julukan lain dari Mihawk yaitu “Navy Hunter” atau “Pemburu Angkatan Laut.” Dengan apa yang dilakukan oleh kelompok Cross Guild saat ini, rasanya memang pas jika kemudian Mihawk jadi bagian dari kelompoknya.

Alasan Mihawk Dijuluki Navy Hunter

Pertanyaan besarnya kemudian adalah apa yang jadi alasan Dracule Mihawk dijuluki “Navy Hunter” atau “Pemburu Angkatan Laut”? Sayangnya, untuk saat ini memang Oda Sensei masih belum memberikan informasi pasti mengenai hal tersebut. Dalam chapter 1058 pun tidak ada informasi mengenai apa yang jadi alasan Crocodile bisa tahu masa lalu Mihawk dan mengapa dia mendapatkan julukan tersebut.

Meskipun begitu, banyak spekulasi atau teori yang berkembang di kalangan fans terkait hal ini. Kemungkinan pertama adalah titel atau julukan itu Mihawk dapatkan sebelum menjadi Shichibukai. Dari apa yang dihadirkan sejauh ini dalam cerita One Piece sosok Dracule Mihawk adalah salah satu bajak laut yang paling bebas. Dia tidak memiliki kru bajak laut atau pun armada dalam jumlah besar.

Dia selalu sendirian ke mana pun dan di mana pun. Apakah dia juga kemudian mengincar harta karun One Piece dan alasan dia menjadi bajak laut masih menjadi misteri. Karena Mihawk adalah sosok yang bebas inilah yang kemudian membuatnya kemudian bisa melakukan apa pun yang dia suka, termasuk menghabisi dan memburu para angkatan laut.

Kemungkinan kedua adalah Mihawk memang sengaja memburu para angkatan laut tersebut sebagai bukti kedahsyatan level kekuatannya. Dalam cerita One Piece diketahui jika reputasi Dracule Mihawk memang sudah luar biasa sejak lama. Dia diketahui sebagai sosok ahli pedang terkuat di dunia. Titel ini tentunya mendapatkan perhatian lebih dari pihak World Government dan angkatan laut.

Dengan titel tersebut kemungkinan Mihawk sudah menantang semua ahli pedang paling kuat di angkatan laut dan mengalahkan mereka. Dengan reputasi ini juga yang pada akhirnya membuat pihak World Government kemungkinan memutuskan untuk bekerja sama dengan Mihawk dengan memberikannya posisi Shichibukai.

Upaya Balas Dendam

Bagaimana Mihawk memutuskan untuk memburu para angkatan laut tentunya tidak serta merta muncul begitu saja. Pasti ada alasan khusus mengapa dia melakukan hal tersebut. Pasalnya, memburu angkatan laut bukanlah sesuatu yang biasanya dilakukan oleh para bajak laut. Justru, para bajak laut yang jadi incaran bagi angkatan laut. Selain itu, meskipun mereka adalah musuh angkatan laut, memburu angkatan laut bukanlah sesuatu yang umum atau biasa terjadi di dunia bajak laut.

Hal ini karena memburu angkatan laut adalah sesuatu yang hampir mustahil dilakukan. Mengapa? Angkatan laut memiliki armada yang sangat besar jumlahnya. Belum lagi jumlah logistik dan persenjataan mereka yang sangat luar biasa tentunya membuat siapa pun bajak laut yang tidak memiliki kekuatan besar akan dipastikan kalah atau ditangkap bahkan tewas. Sudah tidak terhitung berapa banyak bajak laut yang berhasil mereka tangkap atau eksekusi mati.

Mihawk sendiri adalah salah satu dari sedikit dari karakter yang mampu berhadapan dengan pihak angkatan laut. Lalu, mengapa Mihawk mendapatkan julukan tersebut? Selain dua kemungkinan di atas, ada juga kemungkinan lainnya mengapa Mihawk memiliki julukan sebagai “Navy Hunter” atau “Pemburu Angkatan Laut.” Salah satunya adalah Mihawk dendam terhadap pihak angkatan laut.

Bisa jadi, angkatan laut pernah melakukan hal mengerikan yang membuat Mihawk pada akhirnya memutuskan untuk memburu mereka. Hal ini mirip seperti yang terjadi kepada pulau Ohara yang kemudian jadi pemicu Monkey D. Dragon memutuskan untuk membentuk Pasukan Revolusi. Dan satu kemungkinan alasan lainnya, yang peluangnya cukup besar, adalah Mihawk memburu angkatan laut karena bosan seperti yang dia lakukan dengan menghancurkan kapal Don Krieg. Kita nantikan saja ya Geeks fakta sebenarnya mengapa kemudian Mihawk memiliki julukan “Navy Hunter” atau “Pemburu Angkatan Laut.”

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.