Terdapat beberapa kemungkinan alasan mengapa reputasi dari sosok Shanks jauh lebih populer dari Dracule Mihawk yang diketahui sebagai ahli pedang terbaik di dunia One Piece. Seperti yang Geeks ketahui, Shanks dan Mihawk merupakan salah satu rival abadi yang diperkenalkan dalam ceritanya. Mereka diketahui sudah saling bertarung satus sama lain dari sejak lama.

Whitebeard sendiri menyebutkan jika pertarungan antara Shanks dan Mihawk mampu menggetarkan seluruh Grand Line. Meskipun begitu, terdapat fakta menarik yang muncul di mana justru Shanks yang jauh lebih populer dibandingkan Mihawk. Padahal, Mihawk diketahui memiliki gelar atau titel sebagai ahli pedang terbaik di dunia. Ada beberapa kemungkinan alasan mengapa Shanks jauh lebih populer dari Mihawk. Apa saja?

Mantan Kru Roger

Salah satu kemungkinan alasan yang paling masuk akal mengapa Shanks jauh lebih populer dari Mihawk adalah karena Shanks merupakan mantan kru Roger. Sosok Gol D. Roger dikenal sebagai raja bajak laut di seluruh dunia One Piece, yang mana banyak orang begitu menyorotinya. Bukan hanya Roger, seluruh krunya pun menjadi perhatian. Contohnya adalah Rayleigh.

Bahkan, salah satu alasan dan pertimbangan mengapa kemudian Buggy memiliki jabatan besar adalah karena hal ini. Buggy dan Shanks merupakan dua kru Roger yang banyak dikenal. Popularitas sang mantan kapter berhasil juga mendongkrak popularitas keduanya. Padahal, seperti yang Geeks ketahui fakta bahwa Buggy bahkan tidak memiliki kekuatan apa pun. Karena itulah, wajar jika kemudian Shanks jauh lebih populer dari Mihawk karena hal ini.

Perkembangan Yang Pesat

Selain karena reputasi sang mantan kapten, perkembangan Shanks yang sangat pesat juga ikut membantu meningkatkan popularitasnya. Dalam cerita kilas balik yang dihadirkan diketahui pasca eksekusi mati Roger, Shanks memutuskan untuk membentuk kru bajak lautnya sendiri. Buggy bahkan pernah diajak bergabung dengan Shanks, namun dia menolaknya karena tidak mau berada di bawah kepemimpinan Shanks.

Yang menarik adalah tidak butuh waktu lama bagi Shanks untuk kemudian memiliki namanya sendiri di lautan pasca membentuk krunya sendiri. Sejauh ini diketahui bahwa Shanks tidak pernah menduduki posisi Shichibukai. Dia langsung menduduki posisi salah satu dari empat penguasa samudra alias Yonko. Shanks yang berusia 33 tahun bahkan adalah Yonko termuda diantara Kaido, Whitebeard, dan Big Mom.

Pengaruh Besar di Lautan

Kelompok bajak laut Rambut Merah adalah salah satu kelompok bajak laut yang sangat ditakuti di lautan. Padahal, jumlah kru mereka tidak banyak seperti kru Yonko lainnya. Yang menarik adalah dibandingkan dengan para kru bajak laut lain atau Yonko lainnya, Shanks justru diperlihatkan memiliki pengaruh besar di lautan. Bahkan, dia memiliki posisi politik yang cukup tinggi.

Contohnya, Kizaru begitu ketakutan setelah diancam oleh Benn Beckman, Sengoku setuju dengan permintaan Shanks, dan juga yang paling epik dan masih jadi misteri adalah bagaimana Gorosei menganggap Shanks seolah setara. Atau mereka seolah mengenal Shanks sejak lama. Ini membuktikan bahwa pengaruh Shanks memang jauh lebih besar di lautan, yang bahkan “diakui” oleh Gorosei.

Sering Menghadapi Lawan Kuat

Untuk saat ini, alasan mengapa kemudian pengaruh Shanks bisa sangat besar di lautan memang masih jadi misteri. Namun, salah satunya ada kaitannya dengan poin ini di mana Shanks sering menghadapi lawan kuat. Di sepanjang sejarah kemunculannya dalam cerita One Piece, Oda Sensei memang sangat jarang sekali menghadirkan momen pertarungan dari Shanks. Bahkan, hingga sekarang.

Meskipun begitu, terdapat beberapa momen yang memperlihatkan Shanks bertarung menghadapi lawan-lawan kuat. Misalnya, jelas Dracule Mihawk yang merupakan ahli pedang terbaik di dunia. Kemudian, Shanks juga pernah bertarung menghadapi Whitebeard. Yang paling fenomenal adalah ketika Shanks diketahui bertarung menghadapi Kaido dan muncul tanpa luka sedikit pun di Marineford. Yang paling baru adalah ketika dia memotong lengan Kid saat timeskip terjadi.

Miliki Kemampuan Haki Dahsyat

Shanks dikenal sebagai pengguna Haki paling kuat di dunia One Piece saat ini. Sejak kemunculan pertamanya di cerita One Piece, Shanks sudah memperlihatkan tanda-tanda bahwa dia bukanlah orang yang biasa. Dia berhasil mengusir seekor Sea King di lautan saat menyelamatkan Luffy. Shanks kemudian menggunakan Conqueror Haki untuk mengusir Sea King tersebut.

Selain saat menyelamatkan Luffy, kekuatan Haki Shanks juga sempat muncul dalam beberapa cerita seperti saat Shanks mengunjungi Moby Dick. Oda bahkan menyebutkan jika kekuatan Haki Shanks mampu melumpuhkan 100.000 orang sekaligus. Yang paling baru adalah di arc Wano dia berhasil membuat takut seorang admiral hanya dengan menggunakan Haki miliknya.

Titel Yonko

Kemungkinan terakhir mengapa Shanks jauh lebih populer dari Mihawk adalah karena titel Yonko yang dia miliki. Dalam dunia One Piece, Yonko adalah deretan bajak laut terkuat di dunia yang diketahui posisinya hanya satu langkah di belakang raja bajak laut. Para Yonko dianggap sebagai bajak laut yang paling dekat dengan harta karun One Piece. Karena itulah, wajar jika siapa pun yang meduduki posisi Yonko akan jadi sorotan seluruh dunia.

Para Yonko begitu ditakuti sehingga siapa pun tidak ada yang berani menantang mereka, kecuali bajak laut yang hendak pergi menuju Laugh Tale seperti para Worst Generation. Ini bisa jadi adalah salah satu alasan besar mengapa Shanks begitu dikenal seperti halnya Whitebeard, Kaido, dan bahkan Big Mom. Jika Shanks bukan bagian dari Yonko, mungkin popularitasnya tidak akan sebesar dan semasif saat ini.

Shanks dan Dracule Mihawk merupakan dua nama yang ikonik di cerita One Piece. Keduanya sama-sama populer di mata fans, meskipun kemudian dalam ceritanya diketahui jika Shanks jauh lebih populer dari Mihawk. Beberapa alasan di atas mungkin bisa menjadi jawaban dari rasa penasaran tersebut

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.